Resep Cromboloni Viral, Renyah Kres-kres Mirip di Tiktok

Cromboloni.
Sumber :
  • Cookpad.

VIVA Kuliner – Media sosial belakangan ini diramaikan dengan makanan unik perpaduan croissant dan bomboloni yang disebut cromboloni. Pastry yang satu ini viral karena cita rasanya yang manis dengan tekstur pastry yang sangat renyah.

Viral Video Hoaks Pembunuhan, Karyawati Toko Diperiksa Polisi

Cromboloni biasanya ditemui di kafe-kafe atau toko pastry dengan harga jual yang cukup terjangkau. Namun seiring dengan viralnya makanan yang satu ini, banyak orang yang penasaran dengan resep dan cara membuatnya. Yuk, scroll untuk tahu resepnya.

Cromboloni adalah jenis donat bulat tanpa lubang. Di bagian dalamnya, bisa diisi dengan filling sesuai selera. Cromboloni memberikan nuansa makanan Eropa yang sangat khas dari croissant yang flaky dan kelembutan bomboloni. Berikut resep membuat cromboloni yang praktis dan dicoba di rumah, dikutip dari Cookpad.

Menawarkan Pengalaman Digital yang Menarik

Bahan-bahan:

Viral Youtuber Nikocado Avocado Berhasil Turunkan Berat Badan 113 kg dalam 7 Bulan
  • 250 gram terigu protein tinggi
  • 1 sdt ragi instan
  • 30 gram gula pasir
  • 1 kuning telur
  • 20 gram margarin
  • 1 sdt garam
  • 125 ml susu cair
  • 100 gram korsvet
  • slice filling dan topping: glaze cokelat, greentea, chocolate almond, almond, atau sesuai selera

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah besar, lalu masukkan terigu, fermipan, gula pasir, dan garam. Aduk rata.
  2. Buat lubang di bagian tengah adukan terigu tersebut, tambahkan kuning telur dan susu cair. Aduk rata bersama terigu, tambahkan margarin lalu uleni hingga kalis atau adonan tidak menempel lagi di baskom.
  3. Setelah adonan selesai, bulatkan adonan lalu diamkan di wadah yang ditutupi dengan serbet atau plastik wrap agar kedap udara selama 30-5 menit, atau hingga mengembang dua kali lipat.
  4. Setelah mengembang, kempiskan lagi adonan kemudian pindahkan ke meja giling yang sudah ditaburi terigu. Taburi juga permukaan adonan dengan terigu agar tidak lengket. Bentuk adonan menjadi persegi sambil ditekan secara perlahan dengan rolling pin hingga membentuk persegi panjang.
  5. Beri korsvet dengan cara diolesi rata ke semua permukaan adonan. Kemudian, lakukan lipatan single pertama, gilas memanjang lagi sambil tetap ditaburi terigu agar tidak lengket.

Cromboloni.

Photo :
  • Cookpad.
  1. Lakukan hingga 2-4 kali lipatan, setelah lipatan yang terakhir, bungkus adonan dengan plastik wrap dan istirahatkan dalam kulkas selama 15 menit.
  2. Setelah resting 15 menit, gilas memanjang lagi adonan dengan ketebalan kira-kira 0,5 cm. Kemudian bagi adonan menjadi 4-6 bagian, potong bentuk pita panjang gunakan pisau dan penggaris supaya hasilnya rapi dan sama rata. Lalu roll adonan seperti bentuk obat nyamuk, letakkan di atas loyang yang telah diolesi tipis margarin, beri cetakan atau ring cutter bulat. Tutup lagi atasnya dengan loyang, diamkan selama 30-45 menit atau hingga mengembang 2 kali lipat. Panaskan oven suhu 200°C panggang selama 12-15 menit api atas bawah hingga matang.
  3. Setelah keluar dari oven, cromboloni yang sudah didinginkan diberi lubang untuk memasukkan filling. Kemudian beri topping di bagian atasnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya