Hati-hati, Restoran Berlabel 'No Pork No Lard' Ternyata Belum Tentu Halal

Ilustrasi restoran.
Sumber :
  • Pexels

Jakarta – Sebagai negara yang mayoritasnya beragama Muslim, makanan atau masakan halal menjadi salah satu yang diperhatikan oleh masyarakat. Sehingga selain memilih makanan yang berlabel halal, kita juga harus memperhatikan bahan makanan yang digunakan haram atau tidak. 

Lestarikan Warisan Budaya Nusantara, BRI Dukung Event Jelajah Kuliner Indonesia 2024

Untuk membantu masyarakat mencari masakan yang halal, PT Aplikasi Masak Mendunia meluncurkan sebuah aplikasi kuliner yang berisi berbagai resep hidangan dan produk halal yang diberi nama Momasa.

Peluncuran

Photo :
  • 1486539
7 Aplikasi Keuangan untuk Bantu Bayar Cicilan Pinjol

“Kita perlu memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya, salah satunya dengan menciptakan aplikasi kuliner halal sehingga perlahan-lahan bisa membentuk ekosistem industri halal yang kuat. Dengan begitu, kita turut berkontribusi memajukan perekonomian nasional,” ujar Presiden Komisaris Momasa Digital App Dewa Eka Prayoga dalam peresmian Aplikasi Momasa pada Selasa 6 Juni 2023 di Almond Zucchini, Jakarta Selatan.

Aplikasi Momasa ini berisikan resep-resep masakan yang seluruh bahannya dijamin halal, baik itu masakan lokal maupun mancanegara. Bisa dijamin halal karena aplikasi ini memfilter bahan makanan yang tidak halal.  

Icip Hidangan Comfort Food Chickenette-Milk Cake, Perpaduan Gurih Manis yang Manjakan Lidah

Dian

Photo :
  • 1486540

Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui lebih dalam tentang halal dan kurangnya edukasi sehingga hanya mengira bahwa sebutan ‘no pork no lard’ itu sudah pasti halal, padahal belum tentu. Misalnya seperti makanan yang dimasak dengan angciu atau arak masak yang sudah pasti menjadi haram.

“Memang udah dibilang haram sama MUI gitu bukan kita ngada-ngada tapi dari MUI-nya aja udah bilang kalo itu (angciu) haram gitu. Tapi banyak yang gak tahu jadinya suka dimasukin menu-menu (makanan) kayak gitu,” kata Dian Widayanti, Brand Ambassador Momasa sekaligus Halal Lifestyle Enthusiast. 

Fitur Momasa

Terdapat juga fitur cooking class premium di aplikasi ini yang digunakan para pengguna untuk bebas mengakses kelas khusus memasak dengan harga yang terjangkau. Selain itu, para UMKM kuliner juga bisa menggunakan fitur yang menjelaskan cara terbaik untuk berjualan dengan resep yang sudah ada. 

Ada juga fitur unggulan yang akan terus dikembangkan yaitu Info Halal. Fitur ini untuk memudahkan para penggunanya mengakses informasi kuliner yang halal, baik bahan masakan hingga tempat makan. 

Aplikasi Momasa tersedia di Google Play Store dan sudah dapat digunakan sebagai kemudahan memasak di rumah dan berbisnis kuliner halal. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya