Buah Nangka Isi Puding Ide Takjil Murah dan Sehat Ala Zaidul Akbar

Takjil dari buah Nangka
Sumber :
  • Zaidul Akbar

VIVA Kuliner – Bulan puasa semakin dekat, memikirkan ide buka puasa yang praktis pasti sudah ada di kepala banyak orang. Berbuka sangat identik dengan takjil berupa makanan-makanan manis karena mengikuti sunnah dari Rasulullah SAW. Akan tetapi, kandungan gula dalam makanan manis sering kali menjadi bumerang bagi kesehatan tubuh kita.

Terpopuler: Alasan Penis Bisa Patah, Pihak Lemonilo Buka Suara Soal Viral Ada Belatung Saat Dimasak

Oleh karena itu, takjil berbuka puasa diusahakan bukan cuma nikmat dan praktis melainkan punya kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Salah satu sumber makanan sehat adalah buah-buahan. Gula alami dalam buah minim resiko menyebabkan gangguan kesehatan. Takjil kreatif yang bisa dibuat dari buah salah satunya adalah nangka yang dipadukan dengan isian puding, fla, atau buah-buahan yang dihaluskan.

Apa Menu Sarapan Terbaik Biar Gak Sembelit dan Ngantuk? Begini Jawaban Zaidul Akbar

Ide kreatif ini datang dari dr. Zaidul Akbar. Melalui unggahan di Instagram, dr. Zaidul Akbar membagikan video singkat tentang bagaimana cara membuat takjil tersebut yang sangat mudah untuk diikuti.

Tips Minuman Herbal dari Bunga Telang Ala dr Zaidul Akbar yang Dipercaya Bisa Sembuhkan Diabetes

"Lagi mikir gini, dalam rangka mengenalkan makanan sehat bergizi dan makanan asli, bisa dibuat lomba masak sehat berbasis bahan-bahan alam. Jadi jika di masjid ada takjil, takjilnya bisa takjil sehat juga.. dan bisa murah sebenarnya tapi tetep sehat dan bergizi dan enak tentunya," tulis @zaidulakbar di akun Instagramnya.

Takjil dari buah Nangka

Photo :
  • Zaidul Akbar

Bagaimana Cara Membuatnya?

Pertama-tama siapkan buah nangka yang sudah dipisah satu-persatu kemudian potong sedikit di bagian atasnya untuk mengeluarkan biji. Sehingga, terdapat ruang kosong di dalamnya yang bisa diisi dengan puding atau fla.

Puding atau fla yang digunakan bisa dicampur dengan santan agar memberikan tekstur yang lebih kental dan rasa yang gurih. Sebagai pengganti isian, bisa juga diberi alpukat atau buah-buahan lain yang dihaluskan.

"Itu puding atau nanti fla bisa pake santan aja, ya dibuat sendiri atau bisa di masukan alpukat yang dihaluskan ke sana juga bisa, banyak idenya sih," kata dr. Zaidul.

Buah nangka.

Photo :
  • U-Report

Nangka yang sudah diisi dengan bahan tambahan itu kemudian bisa disimpan di kulkas agar dingin dan terasa lebih menyegarkan ketika disantap. Ide kreasi takjil sehat yang satu ini terbilang sangat murah karena satu buah nangka utuh bisa dibagi lagi menjadi banyak potongan.

Dikutip laman HealthifyMe, perlu diketahui, nangka mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, menjadikannya sebagai buah yang baik dikonsumsi untuk diet apa pun. Karena sangat serbaguna, nangka dapat menjadi bagian dari berbagai resep, mulai dari yang manis hingga yang gurih. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya