5 Makanan Khas Melayu yang Anti-Mainstream, Wajib Coba!

nasi kerabu
Sumber :
  • Encik Tekateki/wikimedia

VIVA Kuliner – Makanan khas Melayu merupakan hidangan dari etnis Melayu yang sering ditemukan di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Selain di Indonesia, makanan khas Melayu juga bisa dijumpai di negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, Brunei, Thailand Selatan, dan Filipina bagian Selatan. 

Ternyata 11 Jenis Makanan Ini Tidak Boleh Disimpan di Kulkas! Simak Alasannya di Sini

Ciri utama dari makanan khas Melayu yaitu menggunakan rempah-rempah yang cukup banyak serta dimasak dengan santan.

Beberapa makanan khas Melayu yang terkenal yakni nasi lemak, gulai ikan patin, kue talam, roti canai, dan lain-lain. Namun masih ada segudang makanan khas Melayu yang namanya masih jarang terdengar dan patut dicicipi. Apa saja itu? Berikut 5 makanan khas Melayu yang harus dicoba seperti yang dihimpun VIVA dari berbagai sumber. 

60 Nama Toko Anti-Mainstream, Pilih yang Keren untuk Bisnismu!

Burgo

Burgo.

Photo :
  • http://benyondtheskye.wordpress.com
Mengenal USDEK, Prosesi Makanan dalam Tradisi Pernikahan Adat Jawa yang Sarat Makna

Burgo merupakan makanan khas Palembang, Sumatra Selatan yang sejenis dengan kue dadar. Untuk membuat burgo diperlukan campuran dari tepung beras, sagu atau tapioka, air kemudian digoreng di atas wajan datar, dilipat, dan digulung. Makanan kecil ini disajikan bersama kuah berwarna putih yang terbuat dari santan dan daging ikan. 

Ambuyat

ambuyat

Photo :
  • e_chaya/wikimedia

Sekilas ambuyat mengingatkan kepada makanan khas Maluku dan Papua, papeda. Hal tersebut karena ambuyat sama-sama terbuat dari pohon sagu. Ternyata ambuyat hidangan nasional di Brunei. Biasanya ambuyat dimakan dengan garpu bambu yang disebut candas dengan menggulirkan pati sekitar garpu lalu mencelupkannya ke dalam saus. 

Nasi kerabu

nasi kerabu

Photo :
  • amrufm/wikimedia

Makanan ini mencuri perhatian karena warna nasinya yang unik – biru muda. Warna biru tersebut dihasilkan dari kelopak kembang telang. Kerabu sendiri memiliki arti sebagai campuran daun-daunan mentah. Pada umumnya nasi kerabu disajikan dengan lauk seperti ikan asin goreng, kelapa parut, ayam percik, dan tauge. Kamu bisa menyantap nasi kerabu di daerah selatan Thailand dan negara bagian pantai timur Semenanjung Malaysia.

Pekasam/pakasam

Pakasam.

Photo :
  • http://www.terlakas.com

Kalau suka makanan asam, pekasam bisa kamu jajal. Makanan yang berasal dari Kalimantan Selatan dan Sumatra Selatan ini adalah hasil fermentasi ikan air tawar (seringnya ikat sepat rawa). Lazimnya pekasam dibumbui lagi dengan cabai dan gula sebelum disajikan sebagai lauk. Nama lain dari pekasam adalah iwak samu.

Pai ti

pai ti

Photo :
  • Alpha/wikimedia

Bagi pecinta cemilan, barangkali akan menyukai pai ti. Makanan ini merupakan kue kering renyah yang berisi sayuran dan udang yang diiris tipis. Populer di masakan Melayu-Peranakan, kulit pai ti terbuat dari tepung yang diisi oleh parutan lobak dan wortel. Pai ti sering dijual di kios jajanan. 

Ilustrasi kursi majelis hakim

Eks Pegawai dapat Uang Rp 1 Juta usai Selundupkan Ponsel ke dalam Rutan KPK

Mantan Pegawai Rutan KPK, Firdaus mengaku kerap mendapatkan uang imbalan Rp 1 juta ketika berhasil menyelundupkan ponsel genggam ke dalam Rutan KPK. Hal itu diungkapnya k

img_title
VIVA.co.id
15 Oktober 2024