5 Tips dari Chef Professional, Agar Bisnis Kuliner Bisa Bersaing

Ilustrasi bisnis kuliner.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Kuliner - Bisnis kuliner sudah menjamur di mana-mana. Jika tidak memilki skill atau pandai membuat inovasi baru, bukan tidak mungkin lambat laun bisnis yang kita geluti bakal gulung tikar. 

Waralaba Tumbuh Subur di Indonesia, Bingxue Bisa Buka 200 Outlet kurang dari Setahun

Untuk itu, setelah memutuskan untuk menekuni bisnis kuliner, ada baiknya berpikir bagaimana caranya agar bisa meningkatkan daya saing, sehingga kita bisa survive bahkan mendulang cuan dalam bisnis yang kita tekuni ini. Tapi, bagaimana caranya? Yuk, scroll

Chef Kiki Herdadi, Professional Chef yang telah memiliki banyak pengalaman menjadi professional chef di kapal pesiar maupun di Amerika, dan saat ini bekerja di salah satu perusahaan catering terbesar di Indonesia, membagikan beberapa kiat dan strategi untuk para pelaku usaha UMKM, khususnya di bidang kuliner agar dapat meningkatkan daya saingnya.

Nikita Willy Punya Chef Pribadi di Rumahnya, Netizen: Pantesan Gak Pernah Tantrum

“Pertama, kita harus cari pangsa pasarnya terlebih dahulu, baru menentukan pemilihan produk makanan atau minuman apa yang akan dijual," ujarnya saat acara Kelas Komunitas 'Peningkatan Daya Saing Produk Pelaku UMKM Kuliner,' yang digelar virtual oleh Cosmos, belum lama ini. 

Ilustrasi bisnis kuliner.

Photo :
  • Pixabay
China Ikut Dorong UMKM Indonesia dapat Bersaing di Pasar Global

Kemudian tips kedua, yang menurut Chef Herdadi cukup krusial adalah pemilihan resep. Kenapa? 

"Dalam menentukan resep sebaiknya tidak buru-buru, karena idealnya setelah produk itu launch, resep tidak boleh berubah. Kalaupun berubah, harusnya menjadi menu yang baru agar konsumen tidak bingung dengan produk kita," jelasnya. 

Selain itu menurutnya, perlu juga dilakukan pelatihan karyawan, karena tidak hanya melulu soal makanannya enak atau tidak, tapi ada juga faktor lain yang menentukan yaitu pelayanan. 

"Produktivitas juga harus lebih efektif dan efisien. Agar lebih efektif harus dibantu oleh infrastruktur dan alat yang mendukung," tuturnya. 

Ilustrasi alat masak.

Photo :
  • Freepik/lifeforstock

Memilih peralatan yang baik kata Chef Herdadi merupakan salah satu peran penting dalam membantu para UMKM meningkatkan daya saingnya. Karena dapat mempermudah dan mempercepat proses kerja bagi para UMKM dalam menjalankan usahanya.

Product Specialist Cosmos, Anastasia Aurora, menambahkan, Cosmos memiliki berbagai rekomendasi produk yang sangat cocok untuk para pelaku UMKM.

"Cosmos memiliki produk Blender Beta, yang cocok untuk UMKM di bidang minuman seperti jus atau smoothies. Untuk UMKM yang menjual makanan dan memerlukan alat untuk menghaluskan daging serta bumbu masakan, kami juga memiliki Food Processor Cosmos Kuba," kata Anastasia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya