15 Makanan Khas Padang yang Lezat, Gurih, dan Gugah Selera

Orak Arik Steak Rendang
Sumber :
  • VIVA/ Lutfi Dwi Pujiastuti

VIVA – Makanan khas Padang memiliki cita rasa yang menggugah selera. Memang makanan khas Padang yang paling terkenal adalah rendang. Namun tak hanya itu saja, ada sederet makanan khas Padang yang lezat dan populer selain rendang. Melansir dari berbagai sumber, berikut sederet makanan khas Padang yang populer dan wajib kamu coba: 

Ada Tempat Ikonik dan Intimate Buat Setiap Perayaanmu!

1. Rendang 

Rendang

Photo :
  • U-Report
Malam Muda-mudi Jakarta Fair 2024 Semarakkan HUT DKI ke-497, Seru Abis!

Makanan khas Padang yang satu ini sangat populer dan terkenal hingga ke mancanegara. Dikabarkan jika Rendang termasuk dalam 50 makanan paling enak di dunia yang dirilis oleh guiness book record. Bumbu rendang yang begitu meresap hingga bagian dalam potongan daging sapi, terasa nikmat saat dicicipi.

2. Sate Padang

Pecinta Kuliner dan Keju, Yuk Merapat!

Sate Padang.

Photo :
  • U-Report

Makanan khas Padang selanjutnya yaitu sate Padang. Ini menjadi salah satu kuliner tradisional ranah minang yang tak kalah populer. Terbuat dari daging sapi dan terkadang dikombinasikan dengan usus, paru, lidah, dan lainnya, makanan khas Padang ini disajikan dengan siraman saus kuah sate padang kekuningan gurih yang kaya akan rempah.

3. Dendeng Balado

Dendeng Balado

Photo :
  • U-Report

Dendeng balado juga merupakan makanan khas Padang. Dendeng merupakan daging sapi yang dikeringkan sebagai metode pengawetan. Oleh masyarakat Minang, dendeng ini diolah dengan bumbu balado pedas. Dendeng balado sangat cocok buat kamu yang suka makanan cita rasa pedas.

4. Dendeng Batotok

Dendeng Batotok

Photo :
  • Twitter @sean_dhe

Makanan khas Padang lainnya ada dendeng batotok. Olahan ini menyerupai dendeng, namun tampilan dendeng batotok lebih kering dibandingkan dengan rendang. Kuliner tradisional Padang ini diolah dengan cara dipukul yang dalam bahasa setempat disebut batokok. Tujuan daging yang dipukul-pukul ini agar tekstur dalam daging serta bumbu rempah lebih mudah meresap ke dalam daging. Makanan ini sangat nikmat disantap dengan nasi kapau atau nasi sala.

5. Soto Padang

Soto Padang.

Photo :
  • Cookpad/Bundo Gafi

Jika Jawa Timur memiliki soto Lamongan, Padang juga memiliki Soto Padang. Soto Padang terkenal di wilayah Sumatera. Soto Padang memiliki ciri khas yaitu menggunakan daging goreng atau dendeng pada topingnya.

Selain itu soto Padang menggunakan bihun dan kentang sebagai pengganti nasinya. Kuah soto yang umumnya berwarna hijau kekuningan akan berbeda dengan soto Padang karena hanya menggunakan kaldu sapi untuk kuahnya sehingga terlihat lebih bening dan segar.

6. Kalio Dagiang

Kalio Dagiang

Photo :
  • Twitter @AviatourTwit

Makanan khas Padang selanjutnya ada Kalio dagiang. Makanan ini memiliki tekstur yang hampir mirip dengan rendang. Hanya saja warnanya lebih cerah dan bumbunya lebih encer dibandingkan dengan bumbu rendang. Proses pembuatan kalio dagiang juga mirip dengan proses pembuatan rendang yaitu dimasak dalam beberapa jam sampai bumbu benar-benar meresap.

Kalio dagiang tidak terpaku pada potongan daging saja seperti rendang, akan tetapi semua anggota tubuh sapi yang bisa dimasak. Salah satu bagian yang paling banyak dimasukkan pada masakan kalio dagiang yaitu usus dan kikil.

Kedua bahan ini memiliki tekstur yang lembut sehingga memerlukan waktu yang tepat untuk memasukkannya pada bumbu sehingga tidak kehilangan tekstur lunak dan lembutnya. Ketepatan waktu masak sangat penting untuk membuat masakan dengan rasa khas kota Padang.

7. Gulai Tauco

Ikan Gulai Tauco

Photo :
  • VIVA/ Andri Mardiansyah/ Padang

Gulai tauco juga termasuk masakan khas Padang. Makanan ini merupakan perpaduan antara makanan seafood dengan kuah khas Padang. Gulai tauco terdiri dari sayuran buncis, udang, ikan kecil, dan tahu sebagai bahan dasarnya. Bahan-bahan ini diolah dan dimasak menggunakan bumbu gulai yang kaya akan rempah.

8. Sate Lokan

Sate Lokan

Photo :
  • Twitter @PakBondan

Sate lokan memang terdengar asing karena tak banyak yang tahu jenis makanan Padang ini. Lokan adalah sejenis kerang yang bisa ditangkap di pesisir laut. Kerang ini memiliki tekstur yang unik karena ada rasa lembut di dalamnya, namun gurih pada bagian luarnya. Lokan sangat terkenal di Padang dan menjadi makanan favorit masyarakat. 

Bumbu sate lokan memang tidak jauh berbeda dengan sate Padang, akan tetapi penggunaan jeruk nipis atau nanas pada saat membakar sate membuat rasanya lebih nikmat tanpa ada bau amis seperti kerang laut lainnya. 

9. Ayam Goreng Laos

ayam goreng laos

Photo :
  • Twitter @mrsdinaa

Ayam goreng laos juga merupakan makanan khas Padang. Selain rasanya yang nikmat dan bumbunya terasa sampai dalam, ciri khasnya yaitu bumbu tersebut tidak dibuang melainkan digoreng lagi bersama dengan ayamnya sehingga menciptakan remahan bumbu goreng yang menempel pada ayamnya. Hal itulah yang membuat rasa ayam goreng Padang lebih enak dan lgurih. Rasa asin dipadu dengan krispi akan cocok dengan bumbu masakan gulai Padang.

10. Galamai

Galamai khas Payakumbuh.

Photo :
  • U-Report

Galamai biasa dikenal dengan dodolnya Padang karena memiliki citarasa dan proses pembuatan yang hampir mirip dengan dodol. Makanan ini terbuat dari tepung beras ketan, gula aren, dan santan sebagai bahan dasarnya.
Hanya saja yang membedakan Galamai ini karena adanya kacang tanah yang dimasukkan ke adonannya. Kacang tanah ini diberikan untuk membuat tekstur sedikit kasar sehingga terasa lebih gurih. Inilah yang membedakan gulamai dengan dodol.

11. Nasi Kapau

Nasi Kapau Kedai Mintuo

Photo :
  • Viva.co.id/Sumiyati

Nasi ini hampir mirip dengan gudeg makanan khas Jogjakarta. Nasi kapau juga menggunakan nangka muda sebagai olahan utamanya. Bedanya, jika gudeg menggunakan gula merah dan jinten dalam masakannya, sementara kapau mendominasikan kunyit untuk memberinya warna kuning mencolok. Nasi kapau sering dipadukan dengan ikan lainnya seperti dendeng, balado daging sapi, ikan asin, telor, dan lain-lain.

12. Nasi Sala

Nasi sala

Photo :
  • Twitter @amenggg99

Makanan khas Padang selanjutnya ada nasi sala. Nasi sala berasal dari daerah Pariaman yang dekat dengan wilayah pantai sehingga mempunyai hasil laut yang melimpah. Nasi sala bisa dibilang sebagai nasi yang paling sederhana.

Nasi sala terdiri dari nasi yang dihidangkan dengan daun pisang ditambah dengan sayuran kukus tanpa bumbu dan sambal balado yang pedas. Keunikan dari nasi sala ini adalah adanya ikan goreng yang selalu mendampinginya. Ikan yang paling sering dimakan dengan nasi sala yaitu ikan gembulo atau ikan gembung.

13. Sala Lauak

Sala Lauak.

Photo :
  • http://virginmojito.wordpress.com

Makanan khas Padang ini berbentuk bola kecil berwarna kecoklatan terbuat dari adonan tepung terigu yang dicampur dengan ikan laut. Makanan ini selalu hadir dalam setiap acara adat yang diselenggarakan di kota Padang khususnya di wilayah pesisirnya. Terdapat dua jenis sala lauak yaitu lunak dan keras. Perbedaannya ada pada jenis ikan yang digunakan. Jika sala lauak lunak dibuat dari ikan stuhuak, sementara sala lauak keras dibuat dari bahan ikan asin. 

14. Gulai Paku

Lontong gulai paku

Photo :
  • Twitter @kkmanti

Makanan khas Padang ini sangat berbeda dari yang lain. Gulai paku adalah gulainya kota Padang yang memiliki rasa yang pekat penuh rempah-rempah. Gulai paku tidak seganas namanya akan tetapi lebih condong ke rasanya yang nikmat. Gulai paku ini terbuat dari bahan tumbuhan paku sayur atau biasa disebut dengan pakis. Umumnya gulai paku ditambahkan dengan beberapa bahan tambahan lainnya seperti ikan teri, udang kecil, atau isa juga dengan tempe tahu.

15. Palai Rinuak

Palai Rinuak

Photo :
  • Twitter @minangkabauku

Makanan khas Padang ini biasa kita kenal dengan pepes ikan. Dari segi bentuk memang tampak tak ada bedanya dengan pepes ikan lainnya hanya saja ikan yang digunakan merupakan ikan yang berukuran sangat kecil atau sebesar pentol korek api.

Ikan ini dianggap memiliki citarasa lebih gurih daripada menggunakan ikan berukuran besar. Juga dicampur dengan parutan kelapa yang telah diberi rempah kemudian diurap sampai menyatu semuanya lantas dibungkus menggunakan daun pisang. Palai rinuak sangat nikmat disajikan saat masih panas dan juga nasi putih yang hangat. 

Demikian ulasan tentang makanan khas Padang yang nikmat dan sangat populer. Kamu wajib mencoba salah satu makanan khas Padang ini.

Brent Draper, MasterChef Australia 2023.

Ke Jakarta, Brent Draper MasterChef Australia 2023 Sajikan Hidangan Khas Negeri Kanguru yang Lezat

Memperingati hubungan diplomatik 75 tahun antara Indonesia - Australia, Kedutaan Besar Australia berkolaborasi dengan MasterChef Australia mengadakan Taste of Australia.

img_title
VIVA.co.id
27 Juni 2024