Cara Membuat Kimchi dengan Rasa Autentik, Ada 1 Langkah Penting

Cara membuat kimchi dengan benar.
Sumber :
  • VIVA/Adinda Permatasari

VIVA – Cara membuat kimchi ternyata punya pakem tersendiri yang membuat rasanya autentik. Selama ini, kimchi dikenal sebagai makanan khas Korea yang mendunia.

Tampil di Acara Fan Meeting, Byeon Woo Seok Menangis

Bagi masyarakat Korea, kimchi dianggap sebagai soul food yang selalu ada di setiap hidangan apapun. Seiring dengan meluasnya pengaruh budaya Korea, kimchi juga semakin dikenal ke seluruh dunia. Karena itu, banyak yang ingin mengetahui bagaimana cara membuat kimchi secara autentik.

Korean Cultural Center Indonesia pun memperkenalkan bagaimana cara membuat kimchi dengan langkah-langkah yang sesuai dengan tradisi aslinya. Demonstrasi pembuatan kimchi dipandu langsung oleh Chef Na Dae-hoon, chef sekaligus influencer asal Korea.

Ke Jakarta Minggu Depan, Ahn Bo Hyun: Malem Mingguan Yuk Neng Sama Abang!

Chef Na mengatakan, kimchi memiliki rasa perpaduan antara asam, pahit dan gurih. Ini dikarenakan kimchi merupakan makanan fermentasi.

Dia juga menambahkan bahwa membuat kimchi pun bisa menggunakan bahan-bahan lokal di Indonesia. Seperti sawi, beras ketan, bubuk cabai, hingga kecap ikan.

Dikira Oplas Gegara Digugat Cerai Ruben Onsu, Sarwendah: Kalian Berpikirnya Salah Banget Sih!

Chef Na Dae-hoon tunjukkan cara membuat kimchi autentik.

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari

Lalu, langkah pertama dalam membuat kimchi adalah dengan melumuri sawi dengan garam dan merendamnya dalam air garam selama minimal 6-12 jam.

"Dengan direndam, airnya akan keluar semua jadi gak busuk," kata Chef Na saat mempraktikkan membuat kimchi dalam acara Mari Ber-Kimchi di Hotel The Westin Jakarta beberapa waktu lalu.

Ada tiga proses dalam fermentasi kimchi. Saat kimchi belum terfermentasi rasanya akan pahit. Namun, setelah 2-3 hari rasa kimchi akan menjadi lebih manis.

"Bumbu sudah masuk dam mikroba mulai aktif. Kemudian rasanya akan asam seperti yogurt. Ketiga proses untuk matang," lanjutnya.

Dalam membuat bumbu atau saus kimchi, inilah langkah yang paling penting. Yaitu, membuat bubur ketan. Tapi sebelumnya, Chef Na menyarankan untuk membuat kaldu dari rebusan jamur dan teri.

Buat sekita 2-3 botol kaldu, di mana satu botol untuk membuat bubur ketan dan sisanya untuk mencampur bahan lainnya.

Cara membuat kimchi dengan benar.

Photo :
  • VIVA/Adinda Permatasari

Cara membuat bubur ketan pun mudah. Cukup campur tepung beras ketan dengan kaldu, lalu aduk di atas api kecil.

"Bikin bubur ini penting, kalau di-skip kimchi bisa terlalu cepat asam karena mikroba terlalu cepat aktif. Bubur ketan juga membuat kimchi lebih segar," katanya.

Kemudian, setelah bubur ketan siap, potong-potong kecil dan tipis lobak. Lobak juga bisa diganti dengan wortel sesuai selera. Lalu, potong kasar daun bawah dan kucai.

Tambahkan juga potongan bawang bombai. Kemudian, haluskan cabai merah, bawang putih dan bawang bombai menggunakan air kaldu. Setelah itu, tuang ke campuran potongan sayuran.

Lalu, tambahkan cabai bubuk dan tuang bubur ketan. Tambahkan kecap ikan, sirup plum dan gula pasir. Aduk hingga rata.

Bumbu tersebut kemudian dioleskan ke sawi yang sudah direndam dengan garam. Ketika memberikan bumbu, usahakan untuk mengoleskan ke setiap helai sawi dengan bumbu yang banyak.

Setelah itu, kimchi bisa ditaruh di wadah kedap udara dan simpan di dalam lemari es selama 2-3 hari hingga proses fermentasinya sempurna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya