21 Makanan Khas Jogja, Manis Lezat Menggiurkan

Gudeg Yu Djum
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Makanan khas Jogja umumnya bercita rasa manis. Gudeg menjadi salah satu makanan khas Jogja yang familiar dan diketahui banyak orang. Tak sedikit pula yang senang dengan makanan berbahan dasar nangka tersebut. Makanan khas Jogja banyak disediakan di hampir tiap sudut kota dengan sebutan kota pelajar itu. Ya, Yogyakarta memang kaya akan wisata kuliner dan wisata alam. Oleh sebab itu, kini makin banyak aneka ragam makanan yang dijadikan favorit para wisatawan. Berikut makanan khas Jogja yang selalu dirindukan para pelancong:

Nikita Willy Ungkap Alasan Pakai Jasa Chef Pribadi untuk Memasak di Rumah

1. Gudeg

Makanan khas jogja yang satu ini bahkan sudah melekat sebagai identitas Jogja yaitu Kota Gudeg. Berbahan dasar nangka muda, di masak dengan berbagai bumbu dan santan hingga menghasilkan rasa yang legit dan gurih. Gudeg pun terbagi 2 ada gudeg kering dan ada gudeg basah. Yang membedakan hanya cara memasaknya yang membuat kuah habis atau masih menyisakan kuah.

Jelajahi Keunikan Masakan Peranakan, Perpaduan Rempah dan Budaya yang Kaya

Ada banyak gudeg yang terkenal di Jogja diantaranya yaitu gudeg Yu Jum, Gudeg Bu Tjitro, Gudeg Bu Tinah, Gudeg Pawon, dan masih banyak yang lainya. Sekarang Juga ada gudeg kemasan kaleng jadi bisa sebagai alternatif oleh-oleh khas Jogja.

Menu ini biasanya bersanding dengan gudeg. Masakan khas jogja yang satu ini bisa pedas atau tidak yang pasti tekstur chewy dan lembut dari kreceknya membuat makan kamu semakin terasa nikmat. Krecek adalah krupuk rambak yang di olah menjadi sayur, uniknya krupuk rambak ini tidak hancur saat masuk ke dalam air, akan tetapi teksturnya menjadi lembut dan chewy.

Resep Bakso Aci Kenyal yang Gurih dan Lezat, Mudah Dibuat di Rumah

2. Oseng mercon

Salah satu oseng mercon yang terkenal adalah oseng mercon bu narti, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung. kalau kamu pecinta pedas, Wajib coba dan buktikan sendiri pedasnya! Oseng mercon juga ada versi kalengnya juga, Jadi variasi oleh-oleh jogja kalian juga semakin beragam.

3. Nasi tiwul

Masakan khas jogja yang satu ini adalah khasnya gunungkidul. Olahan pengganti nasi ini terbuat dari singkong. Saat jaman penjajahan jepang harga beras yang tidak terbeli membuat masyarakat akhirnya menemukan tiwul sebagai pengganti nasi.

Namun saat ini, Tiwul justru menjadi primadona bahkan menjadi ciri khas masakan gunungkidul, wonogiri, pacitan, dan Blitar. Ada juga Tiwul dalam bentuk instan jadi bisa kamu bawa pulang dan bikin kapan saja kamu ingin menikmatinya.

4. Cenil

Jajanan tradisional yang terbuat dari beras ketan ini tak lekang oleh waktu. Cenil biasanya dimakan bersama teman-temannya yaitu lupis, gatot, dan lainya. bertabur parutan kelapa dan gula merah cair membuat jajanan khas ini mempunyai rasa yang unik. Perpaduan gurih dan manis serta tekstur yang kenyal dari cenil serta lembutnya lupis ini susah untuk terlupakan.

Di Jogja ada Cenil Lupis yang terkenal, namanya Cenil Lupis mbah satinem. Bahkan artis korea Lee seung Gi pernah datang mencoba makanan khas Jogja ini

5. Bakpia Pathok

Jajanan Jogja yang paling sering menjadi sasaran para wisatawan untuk oleh-olehnya adalah bakpia pathok. Nahkan salah satu lagu P-project juga berjudul nama jajanan ini.

Jajanan bulat pipih ini berisi kacang hijau. Akan tetapi sekarang sudah banyak varian isinya mulai dari keju, coklat, greentea, stroberi, dll. Kamu juga bisa menemukan dengan mudah di berbagai sudut kota Jogja.

6. Yangko

Adalah makanan khas Jogja yang yang terbuat dari tepung ketan. Berbentuk kotak dengan baluran tepung ketan, makanan khas Jogja ini memiliki tekstur kenyal dan rasa yang manis. Berisi campuran cincangan kacang , seperti kue moci asal Jepang. Hanya bedanya, moci lebih lembek dan lebih kenyal.

7. Sate klathak

Untuk kamu para pecinta olahan daging kambing, wajib coba masakan khas jogja yang satu ini. Sate klatak ini berbeda dengan sate pada umumnya.

Potongan-potongan daging kambing muda ditusukkan pada jeruji besi. Hal ini membuat panas yang lebih merata hingga ke dalam sehingga membuat daging lebih empuk. Bumbu sate ini juga berbeda dengan yang lainnya. Kalau biasanya menggunakan bumbu kacang dan kecap, sate klatak saat di bakar hanya di tabur garam saja dan memakanya disiram kuah gulai.

Ada beberapa sate klathak yang terkenal di jogja diantaranya sate klathak pak pong dan sate klathak pak bari.

8. Mangut lele

Olahan ikan lele dengan kuah santan berbumbu pedas jadi salah satu sajian khas di daerah sekitar Yogyakarta dan Jawa Tengah. Ada yang menggunakan lele goreng dan ada juga yang menggunakan lele asap.

Mangut Lele Mbah Marto adalah salah satu yang terkenal di Jogja. Belia sudah mendikasikan diri dalam usahanya ini selama 60 tahun lebih. Oleh karena itu, Jangan sampai terlewat untuk menikmati masakan khas Jogja yang satu ini.

9. Soto lenthok

Masakan Khas Jogja yang nikmat selain gudeg adalah Soto Lenthok. Soto ini mirip soto kudus yang berkuah bening, lengkap dengan suun, suwiran danging ayam dan taoge. Yang membedakan dengan soto lainya adalah keberadaan perkedel ketela yang disebut lenthok. Perpaduan gurihnya lenthok dan kuah soto yang hangat membuat cita rasanya menjadi sempurna.

10. Sate kelinci

Menyantap olahan kambing dan ayam sudah biasa. yang jarang adalah olahan kelinci. Sate Kelinci kini bisa kamu nikmati sebagai masakan khas Jogja. Ada Warung Mbah ganis yang menyediakan olahan kelinci, kamu juga bisa menikmati tongseng dan rica-rica kelinci juga.

11. Belalang goreng

Kalau kamu ingin mencoba kuliner yang jarang ada, kamu bisa mencoba Walang Goreng. Walang alias belalang ini sangat renyah jadi bisa menjadi cemilan atau bisa juga dinikmati bersama nasi hangat. Meskipun terdengar aneh, akan tetapi walang mengandung banyak nutrisi. Kamu juga bisa membawa walang goreng ini sebagai oleh-oleh saat kamu pulang berlibur dari Jogja.

12. Kicak

Adalah salah satu sajian menu kuliner tradisional khas Kota Yogyakarta. Biasanya, kuliner ini dijual pada Pasar Ramadhan yang sering bertebaran di jalan-jalan Kota Jogja menjelang berbuka puasa. Menu ini dibuat dengan bahan baku seperti nangka, jadah ketan, kelapa muda, gula pasir, pandan, dan vanili.

13. Sate Kere

Namanya unik, tidak nampak daging apa bahan dasarnya. Terbuat dari koyor sapi atau bagian lek sapi yang di olah dengan bumbu tertentu sehingga saat dibakar menghasilkan aroma yang menggugah selera. Tidak hanya aromanya saja, rasanya pun tiak kalah dengan daging lainya.

Jogja mempunyai beberapa titik yang terkenal dengan sate kerenya. Salah satunya bisa kamu coba nikmati di pasar beringharjo. Meskipun hanya di emperan pasar, akan tetapi sate kere selalu ditunggu-tunggu para pecintanya.

14. Gatot Gunungkidul

Yang ini bukan nama orang ya, akan tetapi makanan khas gunungkidul yang populer dengan sebutan produk wong cilik. Terbuat dari bahan sisa tiwul yang tidak bisa terproses, maka diolah menjadi gatot. Baik tiwul maupun gatot keuanya terbuat dari singkong yang notabene menjadi salah satu komoditas di daerah gersangnya gunungkidul.

Singkong yang dijemur di bawah panas matahari sehingga dinamakan gaplek. Gaplek ini kemudian di kukus dan disajikan dengan campuran gula jawa dan ditaburi parutan kelapa. Makanan ini tentunya akan sangat mengenyangkan dan bermanfaat bagi kamu yang mengalami masalah pencernaan.

15. Sego Abang Jirak

Lesehan Pari Gogo adalah nama warung makan yang menjual sego abang atau nasi merah ini. Sedangkan Jirak adalah nama sungai yang berada di samping rumah makan ini. Tempatnya yang strategis dan nikmatnya olahan makanannya membuat sultan hamengkubuwono X dan mantan presiden Megawati tertarik untuk datang juga.

Setelah memesan, berbagai macam masakan bernuansa tradisional pun akan hadir ke tempat lesehan kamu. Aneka masakan seperti sayur daun pepaya, sayur tempe, daging sapi bacem, jeroan bacem (usus sapi dan babat), dan wader goreng hadir. Dan tentunya satu cething nasi merah yang konon sangat kaya akan serat itu tentu wajib dihadirkan.

Kamu tertarik mencobanya? langsung saja datang ke lesehan Pari Gogo. Akses kesini cukup mudah, jika dari arah kota Wonosari (pasar) lurus saja ke arah Pracimantoro, Pacitan, dst. Ikuti saja jalan ke timur lurus. Perhatikan Speedometer kendaraan anda tepat 6 km dari lampu merah pasar Wonosari, pelankan laju kendaraan anda. Warung makan ini berada persis sebelum jembatanan Jirak, Semanu.

16. Sayur Lombok Ijo

Masakan khas yang satu ini bisa kamu jumpai di setiap warung atau rumah makan yang menyajikan hidangan tradisional Kota Jogja. Salah satunya pendamping sego abang jirak juga menyediakan menu ini. rasanya yang gurih dan pedas ini akan semakin menggugah selera makan kamu.

17. Mie Des

Salah satu jajaran kuliner malam jogja khas pundong Bantul Yogyakarta ini sangat diminati penhunjung. Mie Pedes yang lebih sering disebut Miedes ini mempunyai cita rasa yang khas. Terbuat dari Pati, tekstur mienya mirip mie pentil. Hanya saja pembuatanya tidak digiling akan tetapi di iris.

Ada varian buah dan sayurnya seperti rasa buah naga, wortel dan selada. Penasaran seperti apa? datang saja kesini dan buktikan kelezatanya!

18. Kue Adrem atau Tholpit

Jajanan khas bantul jogja yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula jawa yang digoreng. Kamu bisa mendapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional yang ada di kota Jogja. Bentuknya yang unik, membuat jajanan ini mempunyai banyak nama.

Tholpit salah satu sebutan dari makanan khas jogja ini. Berasal dari kata “konthol terjepit” yang disingkat Tholpit. Ada juga yang menyebutnya “mana tahan” berasal dari ucapan pria kalau alat kelaminya terjepit.

19. Kipo

Jajanan yang berbahan dasar beras ketan dan berisi parutan kelapa dan gula jawa ini tersa lembut dan manis. Semuanya dibuat menggunakan bahan-bahan alami, mulai dari tepungnya hingga pewarna yang terbuat dari daun suji. Kue yang dipanggang diatas daun pisang ini memunculkan aroma khas yang susah ditemukan.

Taukah kamu kalau asal kata “kipo” ini dari pertanyaan orang jawa “iki opo?” akhirnya menjadi kipo. Kamu bisa menemukan makanan khas ini di sekitar kotagedhe.

20. Enthog Slenget

Bagi para pecinta pedas, masakan khas jogja yang ini sangatlah cocok. Daging enthog yang alot di tangan sang ahli akan menjadi lembut, berbalur kuah pekat yang mirip semur hanya saja slenget ini mempunyai cita rasa pedas sedangkan semur manis.

Saat tersaji bersama nasi hangat yang masih mengepul, lalapan kubis dan potongan mentimun membuat msakan ini menjadi lebih sempurna. Salah satu yang melegenda adalah enthog slenget kang tanir Berlokasi di Jl. Pakem – Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kamu bisa membuktikan sendiri kenikmatanya.

21. Brongkos

Jogja terkenal dengan beragam kulinernya, salah satu masakan khasnya adalah Brongkos. Makanan dengan kuah yang pekat ini banyak yang mengatakan mirip dengan rawon. Padahal keduanya adalah dua masakan yang berbeda, baik dari bumbu maupun isianya.

Meski sama-sama menggunakan kluwek tapi brongkos cenderung dengan cita rasa pedas gurih. tidak hanya potongan daging saja, tapi lengkap dengan kacang tolo, tempe tahu dan telur ayam. Kalau kamu pernah mencobanya, tentu sulit melupakan rasanya.

Salah satu yang terkenal adalah Brongkos handayani yang berada di sekitar alun-alun kidul Jogja.

Makanan sehat, daging, ikan dan sayur

Tiga Makanan yang Diperlukan Tubuh setelah Olahraga, Apa Saja?

Apabila selama berolahraga tubuh mengeluarkan banyak keringat, maka pilihlah makanan seperti buah yang mengandung air dan elektrolit, seperti semangka dan jambu.

img_title
VIVA.co.id
21 September 2024