4 Rekomendasi Kuliner di Samarinda, Cocok di Bulan Puasa

Soto Banjar
Sumber :
  • IG @makanterusss

VIVA – Bagi pecinta kuliner tentunya sudah tak asing lagi dengan istilah food blogger. Terkadang, food blogger juga jadi salah satu rekomendasi saat mencari tempat kuliner khas, menarik dan viral. Seperti Andre Sarwono, food blogger kelahiran kota Samarinda, 2 Januari 1997.

First Time Traveler Wajib Coba 5 Hal Ini Kalau ke Singapura!

Ia kerap berbagi rekomendasi kuliner menarik dan jadi favoritnya ketika mengunjungi kota Samarinda. Pemilik akun Instagram @makanterusss tersebut memiliki beberapa rekomendasi kuliner favoritnya di kota kelahirannya tersebut.

1. Nasi Kuning

Humas Polri Sebar Belasan Ribu Makanan ke 73 Tempat Ibadah se-Indonesia

Nasi Kuning di Samarinda merupakan menu nasi yang dimasak dengan kunyit dan santan. Kemudian disajikan dengan tambahan lauk-pauk seperti telur bumbu, ayam, ikan, atau daging. Berbeda dengan daerah lain di kota Samarinda menggunakan ikan haruan, telor atau daging sapi yang diberi bumbu merah atau bumbu bali.

5 Alasan Berat Badan Susah Turun Meski Sudah Diet

2. Lontong Sayur

Lontong sayur khas Samarinda yang didalamnya berisi lontong dengan kuah santan serta lodeh yang diberi tambahan topping ikan haruan atau daging dan bumbu bali diatasnya. Makanan ini sangat lezat dan cocok bagi anda yang suka makanan bersantan.

3. Soto Banjar

Soto Banjar merupakan makanan soto khas suku Banjar, Kalimantan Selatan dengan bahan utama ayam serta memiliki aroma harum rempah-rempah.Soto ini berisi daging ayam yang sudah disuwir-suwir, dengan tambahan perkedel, kentang rebus, rebusan telur, potongan wortel dan ketupat. Yang terasa nikmat adalah kuah segar dengan full kaldunya.

4. Buah Lai

Buah Lai adalah tumbuhan buah yang masih sekerabat dengan durian, mirip durian. Rasa buah Lai ini tidak teralu manis seperti buah durian namun manfaat buah Lai lebih banyak dari pada buah durian.

Selain makanan di atas, tentunya bagi wisatawan lokal atau luar bila ke Samarinda, jangan lupa juga untuk belanja oleh-oleh yang khas yaitu kuku macan. Makanan ini berupa kerupuk yang dibuat dari ikan pipih atau ikan tenggiri yang cocok dijadikan cemilan kapan aja, yang pasti rasanya renyah dan enak juga jadi teman lauk ketika makan.

Samarinda juga dikenal sebagai surganya seafood dengan harga terjangkau. Banyak jenis ikan laut yang dijajakan yang pastinya akan sangat saying jika tidak dicoba oleh wisatawan yang berkunjung di Samarinda, misalnya seperti ikan patin, ikan patin bakar sedap dan lainnya.

Menurut Andre, yang suka akan kuliner, dan sudah mengunjungi sebagian besar kota dan daerah di Indonesia, akan sangat berkesan jika kita selalu mencoba kuliner di kota yang kita singgahi. Dia bahkan sudah mengulik ragam kuliner di HongKong, Jepang, Korea, Australia dan masih beberapa negara lainnya.

"Beruntung tidak punya alergi makanan dan suka mencoba sesuatu yang unik dan menarik," kata Andre.

Selain hobi kulineran Andre juga gemar traveling sambil mengumpulkan barang-barang unik. Dirinya memiliki keinginan untuk juga memperkenalkan kuliner dalam negeri hingga semakin dikenal luas. Sosial media dapat dijadikan wadah untuk memberi inspirasi bagi banyak orang tanpa terbatas waktu dan tempat.

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya