Bukan Tortilla, Nachos di Kafe Ini Dibuat Menggunakan Emping

Emping nachos.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Siapa tidak kenal nachos? Kuliner asal Meksiko ini cukup populer di berbagai belahan dunia. Makanan yang terbuat dari tortilla (keripik jagung) yang diberi keju leleh ini sudah ada sejak 1943. Awalnya, makanan ini berisi
tortilla, lelehan keju cheddar dan acar jalapeno.

Usai Jualan Emping hingga Cerai, Kurnia Meiga Kini Jadi Model Iklan

Namun, seiring berjalannya waktu, makanan ini pun mengalami inovasi. Kini bisa disajikan dengan berbagai macam topping, mulai dari black olives, chili con carne, sour cream, guacamole hingga salsa.

Nachos pun kini bisa ditemui di banyak restoran maupun kafe di Indonesia. Namun, apa jadinya jika bahan utama nachos, yakni tortilla diganti dengan emping? Aneh? Belum tentu.

Dulu Bikin Robin van Persie Mati Kutu, Kini Jualan Emping demi Menyambung Hidup

Jika umumnya emping melinjo dijadikan sebagai pengganti kerupuk, salah satu kafe asal Singapura, Joe & Dough yang baru buka di Plaza Indonesia, Jakarta, cukup berani membawa emping untuk dijadikan sebagai pengganti tortilla pada hidangan nachos.

Co-Founder dan Marketing Communication Director Joe & Dough, Dawn Wee mengutarakan bahwa pada dasarnya, pihaknya ingin menggabungkan menu lokal khas Indonesia yang familiar dengan masyarakat Indonesia untuk di-mix dengan menu internasional.

Kisah Pilu Mantan Kiper Timnas Indonesia Kurnia Meiga Kini Jualan Emping

"Siapa tidak kenal emping? Saya ingin kalau pengunjung tahu bagaimana sih rasa perpaduan di antara keduanya," kata dia kepada VIVA di Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Kamis, 25 Oktober 2018.

VIVA pun berkesempatan mencicipi makanan ini. Untuk penampilan, jujur saja, kami agak takut rasanya tidak bisa menyatu, karena sudah duluan membayangkan sedikit rasa pahit yang melekat pada emping.

Namun, ajaibnya, saat kami oertama kali mencobanya, rasa pahit itu benar-benar hilang. Bahkan, menurut kami, nachos terasa lebih enak menggunakan emping dibandingkan tortilla. Perpaduan antara salsa (saus khas Meksiko dari tomat) dengan lelehan keju dan saus tartar membuat cita rasa emping cocok disandingkan dengan mereka.

Rasa gurih dari keju pedas dan segar dari saus serta tekstur emping yang renyah bersatu sempurna di mulut. Belum lagi rasa dari red onion dan black olives yang semakin memperkaya rasa dari emping nachos ini. Anda dibuat ingin makan lagi dan lagi.

Nah, bagi Anda yang penasaran rasanya, cus datang ke kafe ini. Seporsi emping nachos dihargai sebesar Rp55 ribu. (je)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya