Produk Makanan Selandia Baru Makin Diminati Masyarakat Indonesia
- Tourism New Zealand (TNZ)
VIVA – Semakin hari, minat masyarakat Indonesia akan produk makanan dan minuman asal Selandia Baru semakin meningkat. Hal ini salah satunya dapat terlihat dengan makin banyaknya produk-produk dari Negeri Kiwi yang masuk ke Indonesia.
"Kalau sampai per 2016 itu nilai ekspor produk makanan dari New Zealand ke Indonesia mencapai NZ$500 juta (Rp4,8 triliun)," ucap Komisioner Perdagangan Selandia Baru untuk Indonesia, Diana Permana di acara bertajuk ‘Taste New Zealand’, di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat, 5 Oktober 2018.
Ia mengatakan, dari total keseluruhan makanan dan minuman, produk susu dan olahan susu adalah yang paling diminati oleh masyarakat Indonesia, dengan nilai ekspor NZ$300 juta (Rp2,9 triliun). Baru sisanya disusul oleh produk lainnya.
"Jadi nomor satu itu memang masih produk dairy, baru kemudian meat, beef, baru disusul fresh product, lebih spesifiknya seperti apel, kiwi, dan berries," ungkap Diana.
Menurutnya, salah satu alasan mengapa masyarakat Indonesia menyukai produk Selandia Baru ialah karena kualitas dan keamanan produknya. Hal ini pula yang menjadi fokus bagi para produsen makanan dari Selandia Baru,
"Memang konsumen saat ini menuntut lebih dalam hal kualitas, keamanan dan yang paling penting adalah rasa," kata dia.
Dalam acara ‘Taste Nee Zealand’ ni juga hadir beberapa merek makanan dan minuman dari New Zealand seperti misalnya Fonterra yang merupakan produk susu, Zespri yang memasarkan buah kiwi dan juga Airborne Honey.