Kenapa Banyak Logo Fast Food Berwarna Kuning?

McDonald's.
Sumber :
  • McDonald's

VIVA – Makanan cepat saji menjadi salah satu produk makanan yang mampu menggugah para pembelinya. Rasa garam yang begitu kuat pada makanan tersebut serta penyajian yang begitu cepat membuat makanan ini sangat digemari.

Mengubah Gaya Hidup dengan Nutrisi, Inovasi Terkini di Industri Makanan

Namun, pernahkah Anda menyadari ketika mengunjungi beberapa gerai makanan cepat saji, warna logo gerai mereka selalu sama, yakni kuning? Sebut saja lekukan simbol M pada McDonald’s, simbol roti berwarna kuning yang mengapit tulisan Burger King hingga garis kuning pada tanda di Pizza Hut?

Berdasarkan penelitian, seseorang memutuskan akan membeli sesuatu hanya dalam 90 detik. Nah, setidaknya, antara 62-90 persen orang secara tidak sadar membuat pilihan ini hanya berdasarkan warna.

5 Alasan Makanan Cepat Saji Bisa Tingkatkan Risiko Diabetes

Warna merupakan faktor penting yang tak dapat disangkal ketika menyangkut pemasaran. Jadi masuk akal jika perusahaan menarik pelanggan untuk membeli produk mereka dengan menggunakan permainan warna.

Namun mengapa banyak gerai makanan cepat saji memilih warna kuning untuk logo mereka? Dilansir dari laman Metro.co.uk, Selasa, 21 Agustus 2018, warna memberikan kesan nyaman dan bisa diandalkan. Tentu saja, makanan cepat saji itu epat, nyaman dan dapat diprediksi.

Hati-hati, Gaya Hidup Kekinian Bisa Jadi Pemicu Penyakit Autoimun

Warna kuning juga paling sering dikaitkan dengan kepuasan dan kehangatan. Jadi melihatnya bisa membangkitkan perasaan bahagia dan sejahtera. Selain itu, warna ini juga paling mencolok di kerumunan.

Penasihat pemasaran dan pendiri sebuah akademi bisnis, Nikki Hesford menjelaskan bahwa warna memainkan peran utama dalam hal pemasaran, karena cara orang-orang tanpa sadar memprosesnya. Apakah kita menyadarinya atau tidak, warna memiliki konotasi dan kita membuat penilaian langsung berdasarkan hal itu.

“Jika Anda memilih warna yang tidak konsisten dengan pesan Anda, Anda berisiko membingungkan pelanggan dan melemahkan produk Anda sendiri,” katanya.

"Misalnya, jika Anda memiliki bisnis makanan kesehatan, Anda sebaiknya memilih pilihan yang memperkuat pesan Anda, seperti warna hijau dan warna-warna bersahaja," kata dia.

Dia menambahkan penggunaan warna merah dan kuning juga diidentikkan dengan saus tomat dan mustard. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya