Keluarga Anang Hermansyah Bikin Restoran Ayam Siap Saji Rasa Indonesia
- VIVA/Zahrul Darmawan
VIVA – Keluarga musisi Anang Hermansyah kembali melebarkan sayapnya di industri kuliner. Setelah sukses dengan Kue Asix dan Dapur Asix, kini keluarga artis itu menjajal makanan siap saji yang diberi nama Ayam Asix.
Berlokasi di kawasan Margonda Depok, Jawa Barat, restoran cepat saji yang didirikan oleh Anang itu nantinya bakal menjamur tidak hanya di Indonesia namun hingga ke Amerika.
Istri Anang, Ashanty Shiddik Hasnoputro mengatakan, konsep dari restoran Keluarga Asix (Anang, Ashanti Aurel, Azriel, Arsy dan Arsya) ini ialah restoran cepat saji dengan menu andalannya, yaitu ayam goreng dengan sambal yang bervariasi dan memiliki ciri khas sambal cocol.
“Ide awalnya karena ayam crispy ini adalah kesukaan keluarga. Kami biasa beli di luar, akhirnya kenapa enggak bikin sendiri yang khas dengan Indonesia, yang bumbunya macam-macam. Akhirnya kami putuskan buka restoran cepat saji. Ayam cocol Asix,” katanya saat meluncurkan usaha barunya tersebut, Sabtu 14 Juli 2018.
Pelantun lagu Kesakitanku itu mengungkapkan, untuk bahan dan sajian yang digunakan dirinya cukup selektif. Sebab, ini terkait dengan kualitas dan cita rasa.
“Kalau urusan rasa aku agak bawel, aku enggak mau pelanggan kecewa. Ayamnya juga bukan suntikan, kami selektif banget untuk bahan baku dan lain-lain,” ujar Ashanty.
Untuk varian rasa, ibu empat anak ini mengatakan, ada enam menu yang ditawarkan. Yakni, Anang Chick Thai Sauce, Ash Chick Sambal Matah, Loly Chick Cocol Original, Loly Remuk Chick Original, Jielly Chick Salted Egg, Achio Chick Chizmelt, dan Achabi Kids Meal.
“Kenapa kami sebut ada cinta di setiap rasa, karena kami bikinnya dengan cinta dan perasaan. Insya Allah kami juga akan buka di tempat-tempat lain dengan harga yang terjangkau,” tuturnya.
Di tempat yang sama, Anang mengatakan, Ayam Asix ini juga bekerja sama dengan BBB yakni Bersyukur Boga Bersaudara. Produk ini, kata Anang, adalah produksi yang terbaru dan adalah bentuk kecintaan dirinya dan keluarga terhadap kuliner Indonesia.
“Indonesia adalah salah satu negara produksi nabati terbesar di dunia. Inilah yang ingin kami tampilkan. Potensi kuliner masakan Indonesia tidak hanya jago kandang, tapi kami juga ingin mencoba ke luar negeri. Ada ketertarikan teman-teman di Amerika dengan kuliner Indonesia,” katanya.
Anang menilai, hampir sebagian besar masyarakat Indonesia menyukai ayam dan olahannya.
“Mudah-mudahan Ayam Asix bisa memberikan warna tersendiri bagi para pecinta kuliner di Indonesia seiring dengan program pemerintah agar kuliner Indonesia mendunia,” tuturnya.
“Kami juga sudah punya prestasi dunia yang tanpa kami perhitungkan, yakni ada Zohri, pemuda 20 tahun yang mengharumkan Indonesia. Ini yang kami coba bangkitkan. Itu yang jadi penting,” ucapnya.