Doyan Makanan Pedas? Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Ilustrasi makanan bercitarasa pedas.
Sumber :
  • Pixabay/27707

VIVA – Apakah Anda orang yang gemar menyantap makanan pedas? Jika iya, ada kabar baik untuk Anda. 

Daftar Harga Pangan 12 September 2024: Bawang hingga Gula Naik

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makan makanan pedas akan menurunkan keinginan untuk mengonsumsi makanan bergaram, dan juga menurunkan tekanan darah. Bahkan menurunkan risiko terkena serangan jantung dan stroke. 

"Sebelumnya, sebuah studi awal menemukan bahwa takaran tertentu capsaicin (dalam cabai), kimia yang membuat rasa pedas,  memengaruhi persepsi pada makanan asin,” ujar peneliti senior Zhiming Zhu, dari Third Military Medical University di Chongqing, China, seperti dilansir The Health Site, Kamis, 12 Juli 2018. 

Daftar Harga Pangan 9 September 2024: Beras hingga Telur Ayam Naik

"Kami ingin menguji apakah efek ini juga akan mengurangi konsumsi garam," ujar Zhiming Zhu.

Studi tersebut melibatkan lebih dari 600 orang dewasa di Tiongkok dan melihat hubungan pada rasa asin dan pedas. Kemudian, preferensi keduanya dikaitkan dengan tekanan darah. 

Daftar Harga Pangan 3 September 2024: Bawang Merah hingga Minyak Goreng Naik

Penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension tersebut menunjukkan, mereka yang tinggi asupan pedas memiliki tekanan darah yang lebih rendah, dan mengonsumsi lebih sedikit garam dibandingkan mereka yang tak senang makan pedas. 

Para ilmuwan itu juga menggunakan teknik gambar untuk melihat dua bagian otak partisipan, insula dan korteks orbitofrontal, yang dapat merasakan asin. Mereka menemukan bahwa pada kedua area tersebut yang terstimulasi asin dan pedas berlebih, rasa pedas lebih meningkatkan aktivitas otak pada daerah yang diaktifkan oleh garam. 

Peningkatan tersebut cenderung membuat orang lebih sensitif pada garam, sehingga tak masalah bila takaran bumbu tersebut dikurangi. "Jika Anda menambah rasa pedas pada masakan, akan (relatif) tetap terasa enak bila tidak menggunakan garam," ujar Zhu.

"Biar hanya sedikit, mengonsumsi makanan pedas itu memberi banyak manfaat pada tubuh,” kata Zhu menambahkan. 

Ilustrasi harga pangan.

Daftar Harga Pangan 13 September 2024: Bawang hingga Cabai Naik

Harga beberapa komoditas pangan terpantau mengalami kenaikan. Beberapa di antaranya adalah bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, hingga telur ayam.

img_title
VIVA.co.id
13 September 2024