6 Camilan Tradisional Dibungkus Daun Ini Cuma Ada di Kampung

lepet
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Ketika berkunjung ke kampung halaman, Anda akan menemui beberapa makanan tradisional yang kemasannya menggunakan daun. Membungkus makanan dengan daun bukan hanya soal kemasan, tapi juga bia menambah cita rasa makanan yang bungkusnya. 

Tergoda Kuliner Tradisional Bali Laklak, Kelepon hingga Bubur Ketan Beras Merah

Selama ini, mungkin yang banyak dikenal hanya daun pisang yang bisa digunakan sebagai pembungkus makanan. Mulai dari tape ketan, lontong, pepes, bothok, kue nagasari, tempe, dan masih banyak lainnya. 

Padahal, beberapa jenis daun di beberapa daerah juga digunakan untuk membungkus makanan. Untuk mengenalinya, dirangkum VIVA dari berbagai sumber, berikut ini enam jenis makanan dengan bungkusan daun, selain daun pisang. 

Bikin Ngiler, 5 Makanan Khas Gunungkidul Yogyakarta Ini Wajib Kamu Coba

1. Lepet

lepetMenggunakan daun janur (kelapa), makanan dari beras ketan yang dicampur kacang tolo dan dimasak dalam santan ini tetap lebih nikmat, jika dibungkus dengan daun janur dibanding bungkus lainnya.

4 Resep Es Selendang Mayang Khas Betawi Segar dan Nikmat

Ada beberapa jenis lepet lain yang dibungkus daun pisang, namun bahan dasarnya bukan ketan melainkan singkong atau ubi ungu. Biasanya, jenis lepet ini juga dicampur jagung manis di dalamnya.

2. Bakcang

Makanan tradisional lainnya yang lebih nikmati dibungkus dengan daun alami adalah Bakcang. Makanan masyarakat Tionghoa ini terbuat dari beras ketan yang diisi daging, sayuran, jamur. Biasanya bakcang dibungkus dengan daun bambu kering atau bisa juga diganti dengan daun anjuang (hanjuang/andong-Cordyline) yang berjenis tipis dan tidak berlilin tebal. Kemudian, daun daun ini akan dibentuk segitiga kemudian diikat.

3. Buntil

Buntil

Parutan kelapa dengan teri di dalamnya ini umumnya ditemui dibungkus dengan daun singkong muda hingga berbentuk kotak, cukup dilipat agar isi tak bercecer dan disajikan dengan kuah santan pedas. Ada juga yang mengikatnya dengan tali agar isi tak keluar saat direbus. Selain daun singkong muda, buntil juga kerap ditemui dibungkus dengan daun talas.

4. Ketupat

Ketupat lebaran.

Makanan yang biasa hadir saat Lebaran ini terbuat dari beras yang sudah dibersihkan, dimasukkan dalam daun janur yang telah dibentuk ketupat, kemudian direbus hingga masak. Ketupat biasa disajikan sebagai teman opor ayam saat Lebaran. 

5. Kue gambir Bali

Salah satu makanan khas Bali ini terbuat dari tepung ketan hitam atau putih dan air gula aren sebagai kulit. Untuk isi biasanya kacang hijau, gula merah dan gula pasir. Kemudian, dibungkus dalam selembar daun bambu. Letakkan di salah satu ujung daun bambu, kemudian gulung, lipat di bagian kanan dan kiri seperti kado. 

6. Nasi jamblang daun jati

Di beberapa daerah di Jawa seperti Cirebon, Solo, Blora, hingga Jepara, pedagang makanan masih menggunakan daun jati sebagai pembungkus. Salah satunya adalah nasi jamblang (cirebon) dan bubur sayur gedang (Solo, Blora). 

Makanan yang dibungkus dengan daun jati ini akan terasa nikmat, wangi, dan tahan lama. Daun jati yang digunakan sebagai pembungkus makanan adalah daun yang masih muda karena lebih ulet dan tidak mudah robek.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya