Mandi Air Dingin Mampu Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Ilustrasi mandi.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Mandi dengan air dingin dikatakan dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan sirkulasi darah, menghilangkan stres, meningkatkan kewaspadaan dan menjernihkan pikiran.

Waktu Mandi yang Baik Menurut Rasulullah

Teori ini pun telah dibuktikan oleh sebuah penelitian di Belanda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa partisipan yang merasakan sensasi kedinginan setelah mandi akan lebih cepat pulih dari sakit, dan lebih sedikit absen dari pekerjaan karena sakit, dibandingkan mereka yang mandi biasa.

Yang lebih mengesankan lagi, dari 3.000 partisipan penelitian, dua pertiganya memilih untuk melanjutkan mandi air dingin dan melaporkan bahwa mandi air dingin itu meningkatkan energi mereka seperti meminum secangkir kopi yang kuat.

Beberapa Kesalahan yang Dilakukan Ketika Mandi

Dikutip laman Independent, terdapat bukti juga bahwa mencelupkan kaki ke dalam air dingin dapat membuat Anda lebih waspada secara mental. Hal ini disebabkan rasa kaget membuat Anda bernapas lebih dalam yang kemudian meningkatkan detak jantung, meningkatkan sirkulasi dan melepaskan endorfin.

Keajaiban medis mandi air dingin tidak berhenti sampai di situ. Dari tayangan BBC Documentary baru-baru ini berjudul The Doctor Who Gave Up Drugs, terlihat DrChris Van Tulleken mencoba mengobati seorang pasien yang menderita depresi dengan metode yang persis sama.

Alasan, Kenapa Mandi Menyehatkan dan Menyegarkan

Pasien bernama Sarah yang sudah delapan tahun mengonsumsi antidepresan itu diresepkan berenang di air dingin untuk menstabilkan moodnya.

 Ilustrasi mandi.

Teknik Mandi Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

Juga mampu hilangkan selulit membandel.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2018