Dokter, Bagaimana Cara Punya Anak Kembar?

Ilustrasi bayi tengkurap.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id - Ada pasangan suami-istri yang amat mendambakan anak kembar, namun mereka tidak tahu bagaimana caranya. Dokter Deffy Leksani dari laman Meetdoctor menjelaskan cara memiliki anak kembar mungkin tidak semudah mendapatkan satu anak dalam sekali kelahiran.

Setidaknya, perlu cara khusus dan pemicu lain yang dapat meningkatkan kemungkinan sepasang suami istri, mendapatkan anak kembar. “Proses kelahiran kembar dapat terjadi karena adanya dua zigot atau dua sel telur yang berbeda, dan dibuahi dua sel sperma terpisah. Bayi yang dihasilkan bisa berjenis kelamin berbeda ataupun dengan jenis kelamin sama,” ujarnya.

Proses lahir kembar juga dapat terjadi karena adanya zigot yang membelah menjadi dua embrio. Dalam hal ini, anak yang lahir biasanya kembar identik. Namun, proses yang lebih sering terjadi, adalah proses kembar non identik.

Cara membuat anak kembar sampai saat ini masih dalam penelitian, karena masih belum ada cara yang dapat menjamin bahwa anak yang lahir adalah anak kembar. Setidaknya ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemungkinan mendapat anak kembar, salah satunya dengan melakukan proses bayi tabung.

Faktor kehamilan bayi kembar hingga kini belum ada cara yang benar-benar menjamin 100 persen dapat terjadi. Namun, beberapa hal di bawah ini dapat meningkatkan kemungkinan Anda memiliki anak kembar:

Usia

Mungkin tidak disangka-sangka bahwa usia seseorang bisa menjadi salah satu faktor seorang wanita melahirkan bayi kembar. Wanita berusia 35 tahun ke atas mengalami kesuburan yang menurun yang ditandai dengan hormon perangsang folikel (FSH) yang meningkat.

Aktivitas Asyik Bersama Pasangan Usai Bercinta

Tapi, meningkatnya FSH ini malah memungkinkan lepasnya lebih dari satu sel telur dalam setiap satu siklus menstruasi. Sehingga memungkinkan wanita tersebut untuk melahirkan anak kembar.

Riwayat memiliki anak kembar

Jangan kira setelah mengandung anak kembar, Anda tidak memiliki kemungkinan bisa mendapatkan anak kembar di kemudian harinya. Justru, jika pernah memiliki anak kembar, Anda memiliki kemungkinan dua kali lipat untuk memiliki anak kembar lagi di kemudian hari.

Riwayat keluarga

Jika di keluarga ada yang memiliki anak kembar atau bahkan Anda sendiri anak kembar, Anda mungkin akan memiliki anak kembar.

Bentuk tubuh

Seorang wanita dengan bentuk tubuh yang tinggi dan besar lebih mungkin memiliki anak kembar, dibanding wanita yang memiliki tubuh kecil.

Angka kehamilan

Semakin banyak anak yang dilahirkan, semakin meningkat kemungkinan Anda mendapatkan anak kembar.

“Jika sedang berusaha memiliki anak kembar, Anda dapat mengonsultasikan dengan dokter spesialis kandungan mengenai beberapa cara membuat anak kembar. Namun, perlu diingat, anak kembar atau tidak itu anugerah Tuhan. Hal yang terpenting adalah mereka tetap sehat dan terlahir dengan selamat,” kata Deffy.