Kenali Bahaya dari Gejala Penyakit Kista Ovarium

logo medis / kesehatan
Sumber :
  • istock

VIVA.co.id - Banyak yang bertanya, apakah perut sering keram adalah salah satu gejala kista ovarium? Sebelum menjawab pertanyaan itu, ada baiknya kita ketahui dulu apa itu kista ovarium.

Bamsoet: Setiap Lima Tahun Hati Kita Deg-degan, Pecah Enggak Bangsa Ini?

Kista ovarium adalah akumulasi cairan atau bahan setengah padat yang berada dalam kantung rahim.

Dokter Ari Wibowo dari laman Meetdoctor mengatakan gejala kista biasanya ditandai nyeri panggul. Di mana rasa nyeri bisa menyebar ke punggung bawah hingga paha. Biasanya saat menstruasi atau berhubungan badan.

Gejala lainnya, nyeri saat buang air besar, atau adanya tekanan pada perut, mual, muntah, dan nyeri payudara seperti yang dialami saat kehamilan. “Jadi perut merasa penuh atau begah, nah tekanan pada kandung kemih ini yang menyebabkan sering buang air kecil,” ujar Aria.

Ia menambahkan, proses penyakit ini muncul karena terjadinya akumulasi cairan, atau bahan setengah padat yang berada dalam kantung rahim. Kebanyakan penyakit kista ovarium berkembang akibat gangguan fungsi normal, dan siklus bulanan menstruasi. Walaupun sebab pastinya belum diketahui pasti.

Jangan lupa ikuti program #dokterVIVA setiap hari Rabu pukul 10.00 WIB di Twitter @VIVAlife


Harris dan Trump Bakal Jalani debat Pertama di Pennsylvania, Siapa Unggul?
Muncul sosok aneh saat foto.

Viral Penampakan Sosok Meyeramkan Muncul saat Wanita Ini Sedang Foto di Toilet

Namun, tak sedikit yang menduga sosok menyeramkan dan mengerikan itu memang kerap ada di dalam sebuah toilet. Mengingat, toilet merupakan tempat yang kotor dan rumah.

img_title
VIVA.co.id
10 September 2024