Laskar Pencerah: Upaya Yoga Andhika Bina Remaja untuk Hidup Sehat dan Jauhi Hal Negatif

Kegiatan Laskar Pencerah mengenai bahaya rokok bagi remaja
Sumber :
  • Instagram @laskar.pencerah

Pasuruan, VIVA – Remaja merupakan Laskar Pencerah bagi masa depan negeri ini. Jika dibina dengan baik, remaja memiliki masa depan yang panjang dan bisa meraih sukses di dunia dan akhirat.

Kolektif Advokat untuk Keadilan Gender, Sahabat Korban Kekerasan Seksual

Hal tersebut yang ada di benak Yoga Andhika saat membentuk komunitas Laskar Pencerah di Pasuruan. Yang menjadi perhatian dari komunitas ini adalah gaya hidup sehat bagi remaja dan menjauhi pengaruh negatif.

Yoga mendirikan Posyandu Remaja di Desa Tosari, Pasuruan, Jawa Timur. Sasaran program dari gerakan yang disebut Laskar Pencerah ini adalah remaja usia SMP hingga SMA.

Pemusnahan 6 Juta Rokok dan 300 Liter MMEA Ilegal di Malang

Materi penyuluhan meliputi pernikahan dini, bahaya seks pranikah, efek negatif miras dan nikotin serta budaya hidup sehat dan menjaga kebersihan lingkungan.

Hentikan Minibus, Bea Cukai Teluk Nibung Amankan Ratusan Ribu Batang Rokok Ilegal

“Edukasi adalah kunci untuk melindungi remaja, terutama mereka yang rentan terhadap pengaruh negatif seperti narkoba, pernikahan dini, dan seks bebas,” tegas Yoga dilansir dari Media Banyuwangi.

Laskar Pencerah memberikan lebih dari sekedar informasi, mereka membawa pencerahan bagi remaja di pelosok Tosari dengan menciptakan lingkungan yang mendukung pertumbuhan mental dan kesehatan remaja.

Dedikasi Yoga dalam memperjuangkan masa depan remaja Tosari pun tak luput dari perhatian. Pada tahun 2016, Laskar Pencerah menerima penghargaan Satu Indonesia Awards dari Astra di bidang kesehatan.

Penghargaan ini tak hanya menjadi pengakuan atas kerja kerasnya, tetapi juga membuka jalan bagi Laskar Pencerah untuk memperluas program Posyandu Remaja melalui dukungan dari Astra dan kolaborasi dengan Kementerian Kesehatan.

Berawal di satu desa yaitu Wonokotri, PosyanduRemaja telah menjangkau 6 desa dengan 8 pos untuk kegiatan Posyandu.

Tercatat 6 SMP dan 3 SMA yang siswa-siswanya rutin diberi penyuluhan hidup sehat. Mereka juga dikaderisasikan untuk dapat melakukan pemberdayaan kesehatan remaja. Yoga kini mengupayakan 100 persen remaja di Kecamatan Tosari dapatmengikuti kegiatan Posyandu Remaja.

Jauhi Rokok hingga Pencegahan COVID-19
Beragam kegiatan Laskar Pencerah terangkum di Instagram @laskar.pencerah. Terlihat ada kegiatan penyuluhan untuk menjauhi rokok hingga pencegahan COVID-19.

Untuk mengedukasi masyarakat akan bahanya asap rokok, Laskar Pencerah membuat mading tentang bahaya rokok. Karena hidup lebih sehat dengan asap rokok.

Ada juga penyuluhan kepada remaja agar berhenti merokok. Laskar Pencerah terus mengobarkan semangatnya untuk memberikan informasi kepada temen-temen sebayanya. Kini topiknya tentang rokok. Karena sangat tinggi sekali angka anak yang masih sekolah merokok.

Pada saat pandemi COVID-19, Laskar Pencerah juga memberikan penyuluhan agar bisa terbebas dari virus mematikan ini.

"Dalam pencegahan Covid-19 edukasi untuk kemasyarakat itu sangat diperlukan. Kita sebagai Pemuda harus ikut ambil bagian dalam pencegahaan virus corona ini," tulis Instagram @laskar.pencerah.

Posyandu Remaja menjadi program unggulan dari Laskar Pencerah. Posyandu remaja adalah wadah dimana para remaja di berikan pemahaman mengenai kesehatan dan tips dan trik untuk menjadi remaja yang sehat dan cerdas.

Posyandu Remaja bukan hanya memberikan motivasi serta solusi menjadi remaja yang sehat namun juga menjadi sarana pembentukan generasi yang unggul dengan dibekali nya para remaja dengan materi pengembangan diri serta life skills.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya