Skrining Kesehatan Bisa Deteksi Diabetes Hingga Kolesterol Tinggi, Harus Cek Berapa Bulan Sekali?

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

Bandung, VIVA – Skrining kesehatan merupakan langkah awal yang sangat penting untuk mendeteksi adanya kelainan pada tubuh secara dini. Dengan melakukan skrining secara rutin, berbagai penyakit seperti diabetes, hipertensi, dan kolesterol tinggi dapat dideteksi sebelum menimbulkan gejala yang lebih serius.

Terpopuler: 5 Karya Fenomenal Giorgio Armani hingga 5 Tips Zaidul Akbar Atasi Kolesterol dan Penuaan

General Practitioner Mayapada Hospital Bandung, dr Cynthia Hanny Lestari, mengingatkan, masyarakat harus lebih aware dengan ancaman berbagai penyakit. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

“Namanya penyakit-penyakit metabolik, penyakit kronis seperti gula tinggi, hipertensi dan kolesterol itukan dia meningkatkan risiko juga untuk penyakit parah, contohnya stroke, serangan jantung," ujarnya saat berpartisipasi dalam acara Cek Segitiga di Bandung, dikutip dari keterangannya, Jumat 18 Oktober 2024.

Dokter Zaidul Akbar Ungkap Hal Sederhana Ini Dijamin Bikin Kolesterol Turun

Program Cek Segitiga sendiri menawarkan pemeriksaan kesehatan yang komprehensif, meliputi pemeriksaan gula darah untuk mendeteksi risiko diabetes melitus, pemeriksaan tekanan darah untuk mendeteksi risiko hipertensi, serta pemeriksaan kolesterol untuk mendeteksi risiko penyakit jantung

5 Tips Zaidul Akbar Atasi Kolesterol dan Penuaan

Selain ketiga pemeriksaan utama tersebut, peserta juga mendapatkan konsultasi kesehatan dengan tenaga medis profesional. Hal ini memungkinkan peserta untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut mengenai hasil pemeriksaannya serta tips menjaga kesehatan.

"Pertama adalah kita kenali dulu ya, kita memiliki faktor risiko atau keturunan gimana apa yang sudah ada. Dari keturunan nenek kakek atau orangtua sudah mengalami hipertensi, kolesterol, gula darah tinggi. Ketika sudah ada risiko ke arah sana, harus sudah lebih aware dengan kesehatan ya. Cek kesehatan secara berkala, satu sampai tiga bulan sekali," imbuh dr Cynthia.

Program skrining kesehatan Cek Segitiga ini diadakan di Taman Gasibu, Bandung, pada Minggu 13 Oktober 2024. Sebanyak 566 orang antusias mengikuti program yang juga menyuguhkan edukasi kesehatan ini. 

"Animo masyarakat Bandung terhadap skrining kesehatan baik sekali, sudah menyentuh angka lebih dari 500," kata Sales Director OGB Dexa, Jopie Johansyah. 

Presiden Direktur PT Dexa Medica, V Hery Sutanto, menjelaskan bahwa Bandung merupakan kota ke-4, selanjutnya kegiatan ini akan diadakan di Surabaya dan  Semarang. 

“Program ini merupakan salah satu pilar kesehatan, jadi kami Dexa Medica support dan mendukung dalam pencegahan penyakit-penyakit kronis," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya