Dokter Zaidul Akbar Ungkap Hal Sederhana Ini Dijamin Bikin Kolesterol Turun

dr. Zaidul Akbar.
Sumber :
  • Youtube dr. Zaidul Akbar Official.

Jakarta, VIVA – Kolesterol tinggi adalah kondisi ketika kadar kolesterol di dalam darah melebihi batas normal. Kolesterol tinggi merupakan kondisi yang tidak bergejala, sehingga sering kali tidak disadari oleh penderitanya.

5 Tips Zaidul Akbar Atasi Kolesterol dan Penuaan

Jika kolesterol tersebut tidak terkendali dapat berakibat buruk kesehatan tubuh. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Salah satunya adalah darah tinggi, ketika kolesterol mengendap dan menyebabkan terjadi penggumpalan dan menempel di dinding pembuluh darah.

Jantung Koroner Serang Usia di Bawah 35 Tahun, Skrining Tiga Penyakit Kronis Ini Disarankan

Yang mana jika semakin banyak menempel pembuluh darah akan menebal dan mengeras menjadi faktor risiko terjadinya darah tinggi. Karena pembuluh darah tidak elastis sehingga menyebabkan tekanan darah mudah tinggi.

Tidak hanya itu saja, resiko terjadinya stroke dan serangan jantung juga bisa terjadi jika kadar kolesterol tidak dikontrol.

Tak Melulu Sehat, 3 Herbal Ini Ternyata Bisa Memperburuk Diabetes

Zaidul Akbar.

Photo :
  • Youtube dr. Zaidul Akbar Official.

Lantas bagaimana pengobatan kolesterol? Terkait hal itu, pendakwah sekaligus praktisi herbal, dr. Zaidul Akbar angkat bicara. 

Dijelaskannya, bahwa obat terbaik untuk kolesterol adalah puasa. Puasa sendiri sangat efektif menurunkan kolesterol. 

"Obat untuk kolesterol puasa, paling gampang itu puasa. Puasa itu sangat efektif untuk menurunkan kolesterol, kemudian apalagi? Buanyak kalau Anda tanya kolesterol," ungkap dokter Zaidul Akbar dikutip dari tayangan channel YouTube pribadinya.

Namun di satu sisi, dirinya juga menaruh perhatian pada kebiasan pola makan di masyarakat.

Beliau menjelaskan bahwa jika pola makan masyarakat 'jorok' maka mau diberi obat herbal jenis apapun, kadar kolesterol akan tetap tinggi.

Zaidul Akbar

Photo :
  • Tangkapan layar

"Cuman masalahnya kalau sekarang minum herbal atau minum obat-obatan herbal kalau sumber kolesterolnya tidak distop ya gimana mau turun itu kolesterol enggak bisa juga,” lanjut dokter Zaidul Akbar.

“Kalau dikasih makan minyak-minyakan tinggi, tepung-tepungan tinggi, jarang (makan) sayur dan buah, jarang makan makanan sehat, jarang (minun) air putih ya tetap akan stabil kolesterolnya, jangan berharap banyak," jelasnya.

Beliau juga menjelaskan bahkan mereka yang rajin ke gym untuk membentuk body goals perlu konsumsi makanan yang tepat. Agar target mereka memiliki bentuk tubuh yang diinginkan tercapai. Hal serupa juga sama dengan penanganan kolesterol.

"Bahkan kalau Anda yang biasanya pernah ke gyn tanyalah ke personal trainer bagaimana cara mendapatkan badan yang bagus. Kalau ngegym setiap hari apakah badan bagus? enggak. Kenapa? karena 80 persen badan kita terbentuk dari makanan," imbuhnya.

Ilustrasi ramuan herbal

Photo :
  • Pexels/Nikolay Osmachko

Dokter Zaidul Akbar mengungkap ada beberapa rekomendasi penurun kolesterol mulai dari konsumsi habbatusauda, jahe, kunyit, konsumsi air mineral hingga berbekam.

Namun kembali lagi bahwa semua rekomendasi ramuan herbal tersebut bisa berdampak baik jika dipadukan dengan konsumsi makanan yang lebih sehat.

"Jadi kalau ditanya obat herbal apa untuk kolesterol? sebutlah saya katakan minumlah habatusauda 5 butir setiap pagi, 5 butir malam. Minumlah jahe dan kunyit katakanlah dua kali sehari, minumlah air putih katakanlah 2 sampai 3 liter sehari,” ujarnya.

“Kemudian berbekamlah rutin, misalkan begitu. Pertanyaannya apakah kolesterolnya turun? Wallahualam, kalau makannya masih begitu, pola makannya begitu menurut saya sih agak berat, agak susah didapatkan," tutur dokter Zaidul Akbar.

dr. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa bisa konsumsi lima butir habatusauda di pagi hari dan 5 butir di malam hari. Atau konsumsi rimpang rempah seperti jahe dan kunyit serta melakukan bekam.

Rekomendasi itu bisa digunakan sesuai dengan kemampuan masyarakat. 

"Bisa dipakai seperti itu minum habatusauda. Penelitiannya habatusauda ada zaitun ada, rimpang-rimpangan seperti jahe, kunyit juga baik untuk menurunkan kolesterol ditambah dengan bekam ya itu baik,” ucap Zaidul Akbar.

“Produk-produk seperti propolis, madu banyak sekali pilihan. Anda lebih mudah mengakses yang mana? tergantung anggaran. Kalau berdasarkan anggaran yang gampang rimpang aja, rimpang rempah modal Rp10 ribu, Rp20 ribu bisa banyak beli rempah rimpang," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya