Terapkan Mindful Living, Begini Langkah Ciptakan Suasana Tenang Sehari-hari

Ilustrasi yoga.
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Berbagai macam gaya hidup sehat kini diganduringi oleh anak-anak muda. Salah satu cara untuk mewujudkan gaya hidup yang jauh lebih tenang adalah dengan menerapkan mindful living atau hidup penuh dengan kesadaran.

Hasil Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2026: China Libas Timnas Indonesia

Gaya hidup ini menerapkan berbagai macam kebiasaan positif seperti lebih memperhatikan sekeliling, banyak mengapresiasi sesuatu, yoga dan meditasi, dan slow living yang mana seseorang tidak tergesa-gesa dalam menjalankan setiap aktivitas.

Gaya hidup seperti ini sangat efektif membantu merasakan ketenangan batin. Menciptakan ketenangan itu sendiri bisa dimulai dari mana saja, bahkan di dalam rumah maupun tempat olahraga.

Aliansi Nelayan Pesisir dan Kepulauan Seribu Dukung RIDO, Ini Alasannya

Salah satu yang mendukung terciptanya suasana menenangkan adalah dengan wewangian aromatik yang terinspirasi dari kekayaan alam Indonesia. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Misalnya, aroma dupa bakar aromatik yang terbuat dari campuran bunga jepun, bunga lotus, kayu cendana, hingga kayu gaharu yang tidak hanya dikenal mampu membantu menciptakan suasana dan meningkatkan konsentrasi dalam beribadah, tetapi juga meditasi serta relaksasi yang optimal.

Jokowi Sebut Jalan Rusak Bisa Bikin Harga Pokok Naik

Meskipun dupa bakar terkenal digunakan untuk ibadah umat Hindu, ternyata penggunaannya bisa lebih beragam. Berikut ini adalah tips memakai dupa dari Jembrana Incense.

Meditasi

Ciptakan suasana yang tenang dengan menyalakan dupa sebelum meditasi. Pilih dupa yang memiliki aroma intens namun lembut.

Menghirup aromanya sembari menenangkan tubuh akan membantu pikiran fokus dan mencapai relaksasi yang lebih dalam. Pilih dupa dengan waktu bakar yang sesuai dengan kebutuhan.

"Kami ingin mengajak masyarakat Indonesia secara luas untuk mengenal lebih dalam sekaligus menikmati kekayaan tradisi Indonesia dalam bentuk pengalaman aromatik dupa bakar sembari mengambil waktu sejenak untuk bersantai, dan menemukan kembali ketenangan dalam kesibukan sehari-hari," ujar Kartika, Brand Manager dari Bali Soap, dalam keterangannya, dikutip Jumat 11 Oktober 2024.

Yoga dan Pilates

Dua olahraga yang tengah menjadi tren ini butuh fokus yang tinggi. Salah satu cara menjaga fokus adalah dengan menghirup aroma kayu-kayuan dan rempah.

Aroma kayu cendana yang membumi dan rempah mampu membangkitkan energi positif dan membantu tubuh serta pikiran menyatu dalam setiap gerakan.

Relaksasi di rumah

Mencari ketenangan tidak melulu harus pergi jauh karena rumah adalah satu-satunya tepat ternyaman untuk segala hal. Hal lain yang bisa dilakukan agar bisa hidup berkesadaran adalah dengan memiliki rutinitas yang positif, seperti membaca buku atau me time di rumah.

Nikmati waktu bersantai dengan ditemani aroma alami dari bahan-bahan pilihan yang dapat membantu menciptakan suasana nyaman dan inspiratif sekaligus konsentrasi saat beraktivitas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya