Suka Ikut Marathon? Dokter Sarankan Ini untuk Cegah Cedera Hingga Kram Otot

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/katemangostar

Jakarta, VIVA – Bagi event berstandar internasional seperti Jakarta Running Festival 2024, pemilihan air mineral yang tepat memiliki peran krusial dalam mendukung performa dan kebugaran para peserta marathon

Runners Wajib Ikut! Pospay Run 2024 Digelar 3 November, Berhadiah Total Rp150 Juta!

Saat berlari, tubuh melepaskan tidak hanya cairan melalui keringat, tetapi juga mineral penting seperti kalsium, magnesium, natrium, dan kalium. Scroll untuk info selengkapnya!

Kehilangan mineral-mineral tersebut dapat mengakibatkan penurunan performa, peningkatan risiko cedera, serta memperlambat pemulihan pasca lomba. 

Suka Lari di Senayan Jangan Heran Lihat Mobil Listrik Langka Ini Warawiri

Medical Director Jakarta Running Festival (JRF) 2024, Dokter Andi, menjelaskan, air mineral dengan kandungan mineral esensial yang berkualitas, tidak hanya membantu menggantikan cairan yang hilang, mineral di dalamnya bermanfaat juga untuk mendukung fungsi otot dan keseimbangan elektrolit.

“Ini krusial bagi pelari untuk memiliki strategi hidrasi yang baik. Tentu saja kita harus mengembalikan cairan tubuh, namun tak kalah penting, kita harus memenuhi kebutuhan mineral tubuh kita dengan air mineral, tapi harus air mineral yang berkualitas,” ujar Dokter Andi dalam keterangannya, dikutip Minggu 13 Oktober 2024.

Cara Runner Guide Bangun Chemistry dengan Pelari Tunanetra di Peparnas 2024

Lebih lanjut menurutnya, ciri-ciri air mineral yang baik adalah air mineral yang mengandung mineral esensial yang baik buat tubuh, bisa mencegah cedera, kram otot ataupun bisa menjaga optimal performance pelari sari garis start hingga finish.

“Pelaksanaan JRF 2024 ini memegang teguh menjaga standar keamanan yang baik sesuai dengan aturan internasional. Oleh karena itu, kami tidak main-main dalam pemilihan air mineral, kami melakukan verifikasi dengan detail dalam memilih air mineral yang tepat untuk merehidrasi sekaligus menjaga kebugaran pelari nanti. Air mineral yang paling tepat adalah yang terjamin memiliki kandungan mineral penting dan berkualitas,” bebernya.

Le Minerale, dipilih sebagai air mineral resmi Jakarta Running Festival 2024. Race Director, Donny Tjahyadikarta menjelaskan mengapa akhirnya memilih air mineral tersebut. 

“Kami memilih Le Minerale karena komitmen mereka terhadap kualitas dan kontribusi positifnya di banyak event marathon berstandar internasional. Kehadiran Le Minerale di setiap water station tidak hanya sebagai sumber hidrasi, tetapi juga sebagai penunjang kebugaran dan keseimbangan mineral bagi peserta lomba,” tuturnya.

Dokter Andi pun menyarankan peserta untuk memanfaatkan fasilitas water station dengan baik.

"Ini bukan hanya soal berlomba, tetapi juga tentang bagaimana memastikan tubuh tetap dalam kondisi optimal sepanjang perlombaan,” tutupnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya