Lebih dari Setengah Penduduk Indonesia Kurang Tidur, Padahal Bisa Sehatkan Jantung Hingga Jaga BB

Ilustrasi tidur.
Sumber :
  • Unsplash/Kinga Cichewicz

Jakarta, VIVA – Tidur nyenyak merupakan salah satu kebutuhan dasar manusia yang seringkali dianggap remeh. Bahkan, lembaga Survei Yougov pada 2023 mengungkap bahwa lebih dari setengah jumlah penduduk dewasa di Indonesia tidur kurang dari 7 jam dalam sehari. 

8 Manfaat Pijat Selain untuk Relaksasi, Perbaiki Kualitas Tidur Hingga Atasi Depresi

Padahal faktanya, kualitas tidur sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental setiap orang. Saat kita tidur, tubuh melakukan berbagai proses penting untuk memperbaiki jaringan, mengatur hormon, dan mengonsolidasi memori. Lalu, apa saja manfaat tidur berkualitas? Yuk, scroll untuk mengetahui penjelasan lengkapnya. 

Meningkatkan Kesehatan Jantung
Tidur yang cukup membantu mengatur tekanan darah dan detak jantung, mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, dan masalah kardiovaskular lainnya.

Kenapa Gen Z Lebih Sering Begadang? Ini 7 Penyebabnya yang Perlu Kamu Tahu

Ilustrasi jantung.

Photo :
  • Pixabay

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Saat tidur, tubuh memproduksi sel-sel kekebalan yang membantu melawan infeksi. Kurang tidur dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih rentan terhadap penyakit.

Bongkar Rahasia Tidur Nyenyak ala Atlet Profesional, Hidup bakal Berubah 180 Derajat

Meningkatkan Fungsi Otak
Tidur yang cukup sangat penting untuk konsentrasi, daya ingat, kemampuan belajar, dan kreativitas. Tidur juga membantu mengkonsolidasi memori dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Menjaga Berat Badan Ideal
Kurang tidur dapat mengganggu hormon yang mengatur nafsu makan, menyebabkan kita lebih sering merasa lapar dan cenderung mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Tidur yang cukup membantu menjaga berat badan yang sehat.

Meningkatkan Mood
Tidur yang berkualitas dapat mengurangi risiko depresi, kecemasan, dan gangguan mood lainnya. Tidur juga membantu meningkatkan perasaan bahagia dan kesejahteraan.

Jordan Chuang selaku Business Director Ocean Mattress & Sleep Solution mengatakan, Ocean Mattress & Sleep Solution senantiasa berinovasi untuk memberikan kenyamanan tidur bagi keluarga Indonesia dengan teknologi terbaru dan kualitas berstandar internasional. 

“Kami memperkenalkan lima series terbaru yaitu Daydream Series, Harmony Series, Arctic Series, Immortal Series, dan Genesis Series. Seluruh produk yang kami luncurkan memiliki keunggulannya masing-masing dan dibuat khusus untuk memahami kebutuhan seluruh anggota keluarga Indonesia, dari usia muda hingga tua,” ujar Jordan dalam keterangannya, dikutip Selasa 8 Oktober 2024. 

Salah satu produk unggulan dari kelima series yang diluncurkan adalah Daydream Series yang memiliki fitur Pentacore Encasement Coil dan Memotech Foam. 

“Fitur Pentacore Encasement Coil membagi kasur menjadi 5 zona, sehingga pengguna mendapatkan kenyamanan maksimal dengan adanya penyesuaian titik berat tubuh sehingga tulang belakang terdukung secara optimal pada saat berbaring. Adapun fitur lain yang diunggulkan yaitu Memotech Foam, di mana pengguna dapat merasakan sensasi sejuk yang membuat tidur menjadi lebih nyenyak sepanjang malam,” jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya