Lari Marathon Lagi Tren, Ibnu Jamil Bocorin 3 Hal yang Harus Dipersiapkan

Ibnu Jamil
Sumber :
  • VIVA/Ichsan Suhendra

Jakarta, VIVA – Beberapa waktu belakangan ini, olahraga lari marathon tengah menjadi tren di kalangan anak-anak muda dan orang dewasa. Kegiatan ini kerap menjadi ajang kampanye kesehatan karena memang memberikan manfaat yang baik bagi tubuh. Namun, berbeda dari lari ringan seperti jogging, lari marathon perlu latihan dan persiapan yang matang sebab harus menempuh jarak hingga puluhan kilometer.

Belajar dari Thailand dan Uganda, Memanfaatkan Olahraga untuk Meredam Kekerasan

Tidak sedikit penelitian yang menunjukkan bahwa manfaat lari marathon sangat efektif untuk membakar kalori dalam tubuh. Misalnya, ketika seseorang berlari dalam jarak 1,5 kilometer saja ada 100 kalori yang terbakar. Apalagi jika jarak tempuhnya semakin besar seperti 20, 21, hingga 42 kilometer untuk marathon penuh. Scroll untuk info selengkapnya, yuk!

Lari marathon juga bermanfaat untuk menyehatkan jantung dan meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti halnya jogging, marathon juga bisa memicu aktivitas jantung sehingga melatihnya untuk bekerja lebih baik.

Gym Premium Berstandar Internasional Hadir, Jawaban atas Tuntutan Gaya Hidup Modern

Salah satu lari marathon yang baru-baru ini viral adalah acara Berlin Marathon yang puncaknya jatuh pada 29 September 2024. Ada banyak artis Tanah Air yang datang ke Berlin secara langsung untuk mengikuti kegiatan olahraga tersebut. Salah satunya adalah Ibnu Jamil.

Latihan Ini Jadi Rahasia Umur Panjang Orang Jepang, Cuma Butuh 3 Menit!

Ia merupakan salah satu artis yang kerap mengikuti acara kesehatan terutama lari marathon yang sejak lama memang menjadi hobinya. Ibnu Jamil pun melakukan berbagai persiapan sebelum bertolak ke Berlin untuk mengikuti lari marathon di sana.

Beberapa barang krusial yang selalu dibawa oleh Ibnu Jamil selama lari marathon di Berlin adalah deodorant, sabun cuci muka, hingga sunscreen yang berguna melindungi kulit dari teriknya matahari.

"Setiap peserta yang diberangkatkan juga diikutkan ke beberapa event marathon di Indonesia sebagai bagian dari persiapan untuk Berlin Marathon 2024, di mana Kahf juga mendukung para pelari untuk selalu menjaga kebersihan diri dengan menggunakan produk-produk, mulai dari deodorant, facewash, hingga sunscreen. Itu adalah pengalaman holistik yang luar biasa yang saya rasakan,” ujar Ibnu Jamil, selaku representatif konsumen Kahf, dalam keterangannya, dikutip Jumat 4 Oktober 2024. 

Selain mempersiapkan barang-barang yang harus dibawa, kondisi tubuh juga harus dipastikan dalam kondisi sehat sepenuhnya dan fit. Biasakan untuk lari jarak jauh terlebih dahulu sebelum bergabung dalam acara lari marathon.

Supogami, kegiatan olahraga sambil membersihkan sampah.

Supogami, Olahraga Asal Jepang Sambil Bersihkan Sampah

Negeri Sakura, Jepang, punya satu lagi budaya baik bernama Supogami. Ini merupakan jenis olahraga yang dilakukan sambil membersihkan sampah. 

img_title
VIVA.co.id
2 Oktober 2024