Benarkah Vitamin D Bisa Cegah Tumbuhnya Uban? Begini Penjelasannya

Ilustrasi uban.
Sumber :
  • Freepik/freepik

Jakarta, VIVA – Rambut yang memutih, alias uban, merupakan tanda penuaan yang alami, seiring dengan bertambahnya usia. Biasanya, rambut mulai berubah warna saat memasuki usia 30-an atau 40-an. 

Bentuk Kaki X Taruna Akpol yang Cekik Perwira Disorot Warganet: Kok Bisa Lolos?

Namun, ada juga yang mengalami uban lebih cepat, bahkan saat masih berusia muda. Apa sebenarnya penyebab tumbuhnya uban, dan adakah cara untuk mencegahnya, misalnya dengan mengonsumsi vitamin D? Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Medical News Today, uban dapat muncul akibat berbagai faktor, mulai dari genetika, gaya hidup, hingga kondisi kesehatan. Selain faktor usia, faktor-faktor lain seperti stres, polusi, gaya hidup yang tidak sehat, hingga defisiensi nutrisi juga berkontribusi terhadap munculnya uban. 

Mengenal Manfaat Rosemary Oil untuk Kesehatan Rambut, Bisa Cegah Uban?

Ya, selain genetik dan gaya hidup, kekurangan vitamin dan mineral penting juga bisa menyebabkan uban di usia muda. Beberapa nutrisi seperti zat besi, vitamin B12, dan vitamin D memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. 

Defisiensi vitamin D, khususnya, dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan warna rambut. Nantinya, rambut yang kehilangan pigmen akan berubah menjadi abu-abu atau putih, atau yang kita kenal sebagai uban.

Nadya Hutagalung Bangga Pamer Uban Jelang Usia 50 Tahun: Ini Adalah Versi Autentik dari Diriku

Lantas, Apakah Benar Vitamin D Bisa Cegah Tumbuhnya Uban?

Ilustrasi vitamin D.

Photo :
  • Freepik

Sebuah ulasan penelitian menunjukkan bahwa suplementasi yang tepat dapat membantu mengatasi munculnya uban di usia muda, khususnya pada orang yang mengalami defisiensi nutrisi tertentu, seperti zat besi, vitamin D, dan vitamin B12. Meskipun ada suplemen yang diklaim dapat mencegah uban, hingga saat ini belum ada bukti kuat yang mendukung efektivitas suplemen tersebut secara khusus dalam mencegah uban.

Namun, vitamin D sendiri memiliki peran penting dalam menstimulasi folikel rambut baru dan yang sudah ada, sehingga membantu menjaga kesehatan rambut. Kekurangan vitamin D tidak hanya dikaitkan dengan uban, tetapi juga dengan kondisi seperti alopecia areata, yaitu kondisi autoimun yang menyebabkan kerontokan rambut.

Artinya, meskipun vitamin D dan nutrisi lainnya penting untuk kesehatan rambut, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah vitamin D benar-benar bisa mencegah tumbuhnya uban secara signifikan.

5 Tips Mencegah Tumbuhnya Uban di Usia Muda

ilustrasi rambut uban

Photo :
  • Pixabay/ julim6

Berikut ini beberapa tips untuk mencegah tumbuhnya uban di usia muda:

1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Langkah pertama yang sangat penting yakni pastikan tubuh mendapatkan cukup vitamin dan mineral seperti vitamin D, B12, dan zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut penting untuk kesehatan rambut.

2. Hindari Stres Berlebihan

Stres dapat mempercepat penuaan, termasuk munculnya uban. Latihan relaksasi seperti meditasi atau yoga bisa membantu mengurangi stres.

3. Lindungi Rambut dari Polusi dan Sinar UV

Paparan polusi dan sinar matahari yang berlebih juga bisa merusak pigmen rambut. Jadi, selalu gunakan pelindung kepala saat berada di luar ruangan.


4. Hindari Merokok

Kebiasaan merokok dapat mempercepat proses penuaan, termasuk membuat rambut lebih cepat beruban.

5. Rawat Kulit Kepala dengan Baik

Terakhir, jaga kebersihan kulit kepala dan gunakan produk perawatan rambut yang tepat agar folikel rambut tetap sehat dan terawat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya