Konsumsi Bawang Putih Sebelum Makan Siang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Bawang Putih
Sumber :
  • Pixabay/ Couleur

Jakarta, VIVA – Bawang putih memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Bumbu dapur ini kaya akan senyawa allicin yang memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat, sehingga mampu menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Daftar Harga Pangan 11 September 2024: Bawang Putih hingga Gula Naik

Sifat antibakteri dan antivirus alami yang terkandung dalam bawang putih dapat membantu melawan penyakit umum dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Terlebih jika dikonsumsi sebelum makan siang, dapat membawa banyak manfaat berikut ini. Apa saja? Berikut ulasan lengkapnya, dilansir TheHealthste, Kamis 12 September 2024. Yuk, scroll!

Membantu menjaga kesehatan pencernaan

Daftar Harga Pangan 10 September 2024: Bawang hingga Telur Ayam Naik

Konsumsi bawang putih sebelum makan siang dapat merangsang enzim pencernaan sehingga menyerap nutrisi dengan lebih baik. Hal ini memungkinkan tubuh Anda untuk mengurangi gas, kembung dan ketidaknyamanan serta memungkinkan sistem pencernaan untuk bekerja lebih efektif. 

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pexels/sora shimazaki
Alasan Puput Novel Sembunyikan Penyakit Kanker yang Diidapnya

Meningkatkan kekebalan tubuh

Konsumsi bawang putih sebelum makan siang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena kandungan allicinnya yang tinggi. Ini adalah senyawa alami dengan sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu menghindari infeksi dan memperkuat sistem pertahanan tubuh. 

Menurunkan kadar gula darah

Makan bawang putih tepat sebelum makan siang juga dapat membantu mengatur kadar gula darah dengan meningkatkan sensitivitas insulin. Bawang putih akan membantu tubuh menggunakan insulin secara lebih efektif untuk mengelola kadar glukosa darah dan melindungi dari lonjakan gula darah mendadak tepat setelah makan siang. Tentu saja, hal ini dapat mendukung pengaturan gula darah yang lebih baik dan mengontrol gula darah sepanjang hari. 

Membantu mengontrol berat badan

Bawang putih mengandung sifat penekan nafsu makan alami yang membantu mengendalikan rasa lapar. Mengonsumsinya sebelum makan siang dapat mengurangi mengidam makanan dan menghindari makan berlebihan, sehingga porsi makan tetap terkontrol yang berkontribusi pada terjaganya berat badan dan kebiasaan makan yang lebih sehat sepanjang hari. 

Menjaga kesehatan jantung

Bawang putih mampu menjaga kesehatan jantung karena mampu menurunkan kolesterol LDL dan tekanan darah tinggi. Senyawa aktif dalam bawang putih dapat meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. 

Konsumsi bawang putih secara rutin dapat menjaga kesehatan jantung dengan meningkatkan aliran darah yang mendukung kesehatan kardiovaskular dan menjaga kesehatan secara keseluruhan. 

Menurunkan kolesterol tinggi

Sementara itu, mengonsumsi bawang putih mentah dapat membantu Anda lebih rileks karena mampu menenangkan otot dan pembuluh darah serta melebarkannya. Hal ini menghasilkan penurunan tekanan darah, terutama jika dikonsumsi sebelum makan siang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya