8 Manfaat Minyak Kelapa Murni yang Jadi Kunci Awet Muda Mami Ipel

Jennifer Jill
Sumber :
  • Instagram Jennifer Jill Armand

Jakarta, VIVA – Dalam sesi podcast bersama Boris Bokir, Jennifer Jill atau yang sering disapa Mami Ipel akui hanya menggunakan minyak kelapa sebagai perawatan kulit. Wajah istri Ajun Perwira ini pun awet muda meski usianya sudah lebih dari setengah abad. 

Transformasi Dave Bautista Usai Turunkan Berat Badan 27 Kg Demi Peran di Film Baru, Beda Banget!

Kebiasaan menggunakan minyak kelapa (virgin coconut oil) diturunkan oleh ibunya, Rae Sita Supit. Perempuan yang sudah mempunyai empat cucu ini mengatakan bahwa dirinya belum pernah menjalani operasi plastik maupun tanam benang.

Cara tersebut umum dilakukan guna mengencangkan kembali kulit wajah yang mulai kendur akibat penuaan. Sayangnya, Mami Ipel belum berminat karena terhalang kebiasaan mengonsumsi alkohol yang sulit untuk dihentikan sebelum melakukan perawatan kecantikan tersebut. 

Selain Prilly Latuconsina, Beyonce Akui Manfaat Luar Biasa Diet Clean Eating

"Belum diapa-apain muka gue," ucap Mami Ipel dan bersumpah atas nama Tuhan yang dikutip pada Minggu, 8 September 2024.

Jennifer Jill Armand atau Jennifer Jill Supit alias Jennifer Ipel

Photo :
  • Instagram
Tata Cara Lakukan Intermitten Fasting, Diet ala Marshanda yang Berhasil Pangkas BB 17 Kg

Dikutip dari berita VIVA (6/9/2024), ibunda Philo Paz menjelaskan penggunaan minyak kelapa sebagai perawatan kulitnya. Caranya dioleskan langsung ke wajah sebagai pelembab dan penghapus riasan wajah sebelum tidur malam serta diminum untuk merawat dari dalam.

Dikutip dari Netmeds dan VOGUE, berikut ulasan manfaat terkait penggunaan minyak kelapa secara rutin. Tak hanya merawat kulit tetapi juga berkontribusi terhadap kesehatan lainnya lho.

Manfaat Minyak Kelapa Murni

1. Menghidrasi dan Melembutkan Kulit

Penggunaan minyak kelapa sebagai moisturizer yang dilakukan Mami Ipel sudah tepat. Hadley King , MD, seorang dokter kulit bersertifikat yang berbasis di New York City, mengatakan minyak kelapa merupakan pelembab yang sangat baik karena kaya akan asam lemak yang disebut trigliserida.

Selain itu, virgin coconut oil ini memiliki sifat emolien yang menenangkan kulit kering dan mengunci kelembaban. Minyak kelapa juga kaya akan asam lemak sehingga membantu menghidrasi dan melembutkan kulit.

2. Mencegah Timbul Jerawat

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Joshua Zeichner, MD (profesor madya dan direktur penelitian kosmetik dan klinis dermatologi di Rumah Sakit Mount Sinai) menuturkan kandungan asam laurat dalam minyak kelapa bersifat antijamur dan antibakteri. Sehingga berkontribusi menurunkan kadar bakteri penyebab jerawat pada kulit dan membantu mengurangi peradangan.

3. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sifat antioksidan pada minyak kelapa dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Baik dari sinar UV maupun polusi.

4. Membuat Awet Muda

Awet muda

Photo :
  • eatthis.com

Lebih lanjut, minyak kelapa juga terbukti membantu kulit melawan munculnya garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Tak heran jika Mami Ipel tetap terlihat awet muda meskipun sudah berusia 53 tahun. 

5. Mengobati Eksim dan Psoriasis

Tak hanya dijadikan sebagai produk perawatan rutin kulit (skincare), minyak kelapa juga dapat berfungsi sebagai obat. Mengoleskan minyak kelapa murni dapat mengurangi eksim dan psoriasis secara perlahan hingga sembuh total. 

6. Menurunkan Berat Badan 

Studi yang dipublikasikan Journal Lipids menunjukkan minyak kelapa berperan dalam membakar lemak membandel di perut. Penelitian yang dilakukan di Universitas

Sains Malaysia menunjukkan bahwa minyak kelapa dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dengan menghilangkan stres pada pankreas dengan membakar energi dan membantu orang gemuk menurunkan berat badan.

7. Rambut Sehat dan Berkilau

Ilustrasi rambut/wanita.

Photo :
  • Freepik/svetlanasokolova

Minyak kelapa mempercepat pertumbuhan rambut sekaligus membuat setiap helainya jadi lebih kuat. Tak hanya itu, minyak kelapa juga memberikan efek rambut menjadi berkilau.

Dalam Journal of Cosmetic Science, minyak kelapa sangat ampuh dalam mencegah rambut kehilangan protein yang dapat menyebabkan kualitas rambut menurun. Minyak kelapa akan meresap jauh ke dalam batang rambut dan mencegah kerusakan rambut.

Oleskan minyak kelapa ke kepala sambil melakukan pijatan juga berguna mencegah ketombe. Tak hanya itu, kondisi rambut jadi lebih sehat dan terhindar dari serangan kutu.

8. Meningkatkan Kesehatan Tulang 

Minyak kelapa meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap mineral penting termasuk kalsium dan magnesium yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang. Oleh karena itu, minyak kelapa sangat bermanfaat bagi wanita yang lebih rentan terhadap osteoporosis setelah usia 40 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya