Amankah Minum Kopi Setiap Hari? Ini Dampaknya pada Kesehatan Jangka Panjang

Ilustrasi es kopi susu, kopi gula aren
Sumber :
  • Freepik/valeria_aksakova

Jakarta, VIVA – Kopi tidak hanya sebagai minuman yang populer di seluruh dunia, tetapi juga menjadi bagian dari rutinitas harian bagi banyak orang. Beberapa bahkan mengonsumsi kopi setiap hari untuk asupan energi.

Minum Kopi Tanpa Gula Terbukti Bisa Turunkan Berat Badan, Amankah untuk Lambung?

Minum kopi setiap hari, sebenarnya dapat memberikan manfaat, terutama dalam meningkatkan energi dan fokus berkat kandungan kafeinnya. Namun, amankah minum kopi setiap hari, terutama untuk jangka panjang?

Melansir dari WebMD, penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah moderat, sekitar empat cangkir sehari, dianggap aman bagi kebanyakan orang. Bahkan, kopi dapat memberikan manfaat kesehatan seperti meningkatkan konsentrasi, suasana hati, dan membantu dalam proses metabolisme. 

Revolusi Rasa! Sate dan Kopi Makin Nikmat Berkat Enzim dan Mikroba

Namun, konsumsi berlebihan, terutama lebih dari empat cangkir per hari, bisa menimbulkan risiko bagi kesehatan. Dampak jangka panjang dari minum kopi terlalu banyak ini biasanya terkait dengan kandungan kafein.

Kafein, meskipun aman dalam dosis moderat, bisa berbahaya jika dikonsumsi dalam jumlah besar. Mengonsumsi kafein lebih dari 400 mg sehari atau dalam waktu yang lama dapat menyebabkan efek samping yang serius. 
Lalu, apa saja dampak minum kopi setiap hari dalam jangka panjang?

Deg-degan Usai Minum Kopi, Apakah Normal?

Dampak Minum Kopi Setiap Hari

Ilustrasi kopi.

Photo :
  • Instagram kenanganheritage.id


1. Insomnia dan Gangguan Tidur

Kafein dalam kopi dapat menyebabkan insomnia jika dikonsumsi dalam jumlah besar atau terlalu dekat dengan waktu tidur. Hal ini karena kafein dapat mengganggu siklus tidur dan membuat tubuh tetap terjaga lebih lama.

2. Rasa Gelisah dan Cemas

Mengonsumsi kafein berlebihan dapat meningkatkan gejala kecemasan, membuat seseorang merasa gelisah, tegang, dan cenderung mudah gugup.

3. Masalah Pencernaan

Ilustrasi jerawat/kulit kering berjerawat.

Photo :
  • Freepik

Mengonsumsi kopi dapat merangsang produksi asam lambung, yang pada akhirnya bisa memicu gangguan pencernaan seperti mual, perut kembung, atau bahkan asam lambung naik.

4. Efek pada Kulit

Meskipun kopi memiliki antioksidan, minum kopi setiap hari, terutama dalam jumlah besar, dapat memperburuk kondisi kulit seperti jerawat atau membuat kulit lebih sensitif, terutama jika Anda sudah memiliki masalah kulit sebelumnya.


5. Peningkatan Detak Jantung

Konsumsi kopi berlebihan bisa memicu peningkatan detak jantung (palpitasi), yang membuat jantung terasa berdebar-debar, dan dalam beberapa kasus dapat menyebabkan nyeri dada.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya