Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Ilustrasi lari.
Sumber :
  • Freepik/master1305

Balikpapan, VIVA – Lari merupakan olahraga paling mudah dan murah yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan. Ada banyak manfaat yang didapat jika rutin melakukan olahraga ini, di antaranya mencegah osteoporosis, menjaga kesehatan lutut hingga membantu menurunkan berat badan

Jaz Hayat Temukan Hobi Baru di Bowling Setelah Cedera Kaki

Lebih dari itu, olahraga lari juga dapat membantu mencegah penyakit jantung, mengontrol tekanan darah, meningkatkan stamina, memperkuat daya tahan tubuh, membuat tidur lebih nyenyak hingga memperbaiki suana hati. Scroll untuk tahu info lengkapnya, yuk!

Tidak heran, jika kini banyak digelar ajang lomba lari yang memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Salah satunya lomba lari bertajuk IPEKA Arunika 5K Fun Run, yang digelar pada Sabtu 31 Agustus 2024 lalu.

Transformasi Dave Bautista Usai Turunkan Berat Badan 27 Kg Demi Peran di Film Baru, Beda Banget!

Nama Arunika sendiri berarti 'Adu Raga untuk Ika' atau ‘Bertanding untuk Bersatu,’ menekankan pentingnya kebersamaan dan persatuan dalam setiap langkah para peserta. 

PB Persani Matangkan Persiapan Kejuaraan Dunia Senam 2025

Ajang lari yang digelar sekolah Kristen IPEKA Balikpapan ini, mengambil rute on-road di seputaran Grand City Balikpapan. Acara ini diikuti oleh sekitar 1.000 peserta, baik dari kalangan internal IPEKA maupun masyarakat umum, dengan start dan finish di Sekolah Kristen IPEKA Balikpapan.

Kepala SMA Kristen IPEKA Balikpapan, Etti Hartiwi, menyampaikan bahwa IPEKA Arunika adalah wujud nyata komitmen sekolah untuk berkontribusi positif bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya. 

“Acara ini bukan hanya ajang olahraga, tetapi juga sarana untuk mempererat hubungan antara sekolah dan masyarakat luas, serta ungkapan syukur atas segala kebaikan yang telah diberikan Tuhan selama 45 tahun perjalanan IPEKA. Melalui IPEKA ARUNIKA, kami ingin menanamkan pentingnya kesadaran akan pola hidup sehat, kebahagiaan, dan persatuan,” ungkap Etti dalam keterangannya, dikutip Kamis 5 September 2024.

Acara ini juga mengundang Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur serta seluruh murid SMP dan SMA di Balikpapan untuk berpartisipasi. Menariknya, ajang lari ini juga mengundang peserta yang memiliki kebutuhan khusus.

“Anak kebutuhan khusus memiliki kesempatan yang sama dalam hal pendidikan maupun prestasi. Kami ingin IPEKA Arunika dapat juga menjadi ajang bagi anak berkebutuhan khusus untuk terus berkarya dan berprestasi khususnya di bidang olahraga,” harap Etti.

Selain Fun Run, acara juga dimeriahkan dengan berbagai performance murid IPEKA Balikpapan dari jenjang TK hingga SMA. Para murid menampilkan pertunjukan dance, band, dan permainan musik ukulele. 

Adapun acara Open House yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan IPEKA Arunika akan dilaksanakan pada 7 September 2024, sebagai ajang Penerimaan Murid Baru tahun pelajaran 2025/2026.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya