Dialami Keponakan Ayu Ting Ting, Wajarkah Buang Air dan Muntah Pasca Imunisasi?

Ilustrasi vaksin
Sumber :
  • VIVA/ David Rorimpandey

Jakarta, VIVA – Imunisasi adalah salah satu upaya meningkatkan kekebalan tubuh seseorang secara aktif terhadap suatu penyakit. Biasanya, imunisasi diberikan kepada bayi agar sistem kekebalan tubuhnya terjaga selama proses pertumbuhan. Salah satu bentuk imunisasi yang sangat direkomendasikan adalah vaksin polio.

Beri Pesan Menyentuh untuk Syifa, Iis Dahlia: Dede Zoltan Sudah di Surga

Berdasarkan situs CDC, vaksin polio adalah salah satu imunisasi wajib yang diberikan kepada anak-anak di seluruh dunia guna menghindari penyakit polio. Namun memang setiap kali pemberian vaksin pada tubuh anak tidak menutup kemungkinan adanya efek samping. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Seperti halnya yang dialami oleh keponakan Ayu Ting Ting belum lama ini. Bayi bernama Rayaz Zoltan itu meninggal dunia akibat dehidrasi yang terjadi akibat buang air besar dan muntah selama berhari-hari setelah mendapatkan vaksin polio.

Syifa Nuraini Adik Ayu Ting-ting Buka Suara Ungkap Kesedihan Usai Kehilangan Rayaz Zoltan

Isak tangis warnai pemakaman keponakan Ayu Ting Ting

Photo :
  • Instagram

Dokter Spesialis Anak mengungkapkan setiap vaksin yang diberikan saat imunisasi punya efek samping yang berbeda. Namun pada dasarnya, semua hal itu aman dan tidak membahayakan nyawa anak-anak.

Baby Zoltan Keponakan Ayu Ting Ting Meninggal Dunia, Keluarga Ungkap Rasa Rindu

"Tergantung jenis imunisasinya, setiap imunisasi punya efek samping tetapi sangat aman," kata Dokter Spesialis Anak Konsultan Gizi dan metabolik, dr. Yoga Devarea Sp.A(K), saat ditemui di Jakarta, Selasa 3 September 2024.

Jenis vaksin polio yang diberikan pada anak-anak ada dua macam yakni oral (OPV) dan suntik (IPV). Pada tahap imunisasi pertama kali, biasanya bayi baru lahir diberikan vaksin OPV sedangkan untuk berikutnya boleh diberikan OPV atau IPV. Kemungkinan terjadi efek samping sangat kecil, biasanya bersifat ringan dan bisa hilang dengan sendirinya.

Namun apabila terjadi kejadian ikutan pasca imunisasi (KIPI) seperti rasa tidak nyaman di tubuh, sebaiknya langsung periksakan ke dokter untuk diteliti lebih lanjut. Pasalnya, gangguan tersebut harus dilihat terlebih dahulu apakah memang terjadi karena vaksinnya atau bukan.

"Angka kejadiannya sangat kecil, kalau ada KIPI tentu laporin dulu, ini benar terkait sama vaksinnya atau cuma kebetulannya aja. Nggak semua berhubungan," katanya.

Terkait kondisi seperti keponakan Ayu Ting Ting yang disebut mengalami buang air dan muntah pasca imunisasi, Dokter Spesialis Anak itu menjelaskan kemungkinan adanya penyebab dari bakteri di saluran pencernaan yang kebetulan muncul di waktu bersamaan setelah mendapatkan vaksin polio. Belum tentu, buang air dan muntah itu adalah efek samping dari imunisasinya.

"Makanya kita laporkan. Kalau karena virus polionya, tentu kita akan mendapatkan virus polio di dalam penyebabnya. Tapi kalau ada bakteri, itu namanya kebetulan. Itulah gunanya kalau ada KIPI dilaporkan, maka departemen kesehatan akan mengambil sampel, ini penyebabnya apa. Berhubungan dengan vaksin atau kebetulan apa," terangnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya