Keponakan Ayu Ting Ting Sempat Imunisasi dan Dehidrasi sebelum Meninggal Dunia, Dokter Anak Angkat Bicara

Isak tangis warnai pemakaman keponakan Ayu Ting Ting
Sumber :
  • Instagram

Jakarta, VIVA – Keluarga pedangdut Ayu Ting Ting tengah berduka. Keponakan kedua Ayu Ting Ting yakni Rayaz Zoltan Fachrizal meninggal dunia pada Sabtu 31 Agustus 2024. Berdasarkan keterangan Ayu Ting Ting, keponakannya mengalami dehidrasi.

Beri Pesan Menyentuh untuk Syifa, Iis Dahlia: Dede Zoltan Sudah di Surga

"(Diagnosis terakhir) Bilangnya sih dehidrasi ya," kata dia dalam tayangan YouTube, dikutip Senin 2 September 2024. Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Menurut Ayu Ting Ting, sebelum meninggal keponakannya itu mengalami muntah-muntah dan buang air besar berkali-kali. Dia menyebut sang keponakan sempat mendapatkan vaksinasi polio.

Salah Kapral Soal DBD: Kalau Sudah Pernah Terinfeksi Berarti Sudah Kebal, Ini Faktanya!

"Awalnya muntah-muntah, buang air. Biasa ya cek ke dokter bilangnya enggak apa-apa, karena abis imunisasi pas banget (vaksin) polio itu," jelas dia.

Keponakan Ayu Ting Ting meninggal dunia

Photo :
  • instagram
Syifa Nuraini Adik Ayu Ting-ting Buka Suara Ungkap Kesedihan Usai Kehilangan Rayaz Zoltan

Terkait dengan hal ini, Sekertaris Unit Kerja Koordinasi Alergi Imunologi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), Dr. Endah Citraresmi, SpA (K) yang dimintai keterangan awak media mengaku tidak bisa berkomentar banyak lantaran dia tidak tahu persis insiden yang terjadi pada keponakan Ayu Ting Ting

"Kalau soal vaksin polio saya sebenarnya tidak dalam kapasitas untuk menanggapi karena saya juga enggak tau kasus tersebut," kata dia saat dimintai keterangan awak media dalam virtual meeting Autoimun pada Anak, Selasa 3 September 2024. 

Di sisi lain, Endah mengungkap bahwa kejadian pasca imunisasi sendiri bisa berhubungan dengan vaksin dan bisa juga tidak berhubungan dengan vaksin. Dia mencontohkan kasus kematian anak usai mendapatkan vaksinasi.

Setelah dilakukan autopsi terhadap anak tersebut diketahui anak tersebut meninggal dunia lantaran tersedak.

Isak tangis warnai pemakaman keponakan Ayu Ting Ting

Photo :
  • Instagram

"Cuman sedikit saja menyampaikan yang namanya kejadian pasca imunisasi bisa berhubungan dengan vaksin bisa juga tidak. Contoh sederhana ada anak abis divaksin meninggal, pada autopsi dia tersedak makanan. Jadi apakah karena vaksinya dia tersedak makanan? tentu tidak. Jadi ada yang namanya kejadian kebetulan co-insiden," sambungnya.

Endah juga menilai perlu adanya penelaahan terkait dengan insiden yang terjadi pada keluarga Ayu Ting Ting. 

"Saya tidak bisa menjawab dan bukan kapasitas saya, tapi itu harus ditelaah lebih lanjut dan mungkin bisa dibuatkan diskusi lanjut dengan satgas Imunsasi dari IDAI," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya