5 Kebiasaan Pagi Hari Berguna untuk Detoks Ginjal dan Hati

Ilustrasi alarm dan bangun pagi.
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

Jakarta, VIVA – Ginjal dan hati merupakan dua organ vital yang berperan penting menyaring racun yang terbawa bersama darah. Zat berbahaya tersebut nantinya akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui cairan urin atau keringat. 

Terpopuler: Bahaya Dehidrasi pada Bayi hingga 5 Kebiasaan Pagi untuk Detoks Ginjal dan Hati

Di samping itu, fungsi lainnya adalah menjaga keseimbangan kadar elektrolit di badan. Kerusakan ginjal berimplikasi terhadap sejumlah penyakit, seperti   hipertensi. Kondisi ini ditandai dengan ditemukannya darah dalam urin. 

Ginjal gagal menyaring racun sehingga protein bocor dan ikut dalam tercampur dengan pembuangan urine. Sementara, hati yang rusak dapat menimbulkan masalah kesehatan serius lainnya, seperti hepatitis, penumpukan lemak di hati (fatty liver) hingga kanker hati.

Mengenal Kakeibo: Cara Mengatur Keuangan ala Jepang, Raih Financial Freedom di Masa Depan

Fungsi ginjal dan hati akan menurun seiring berjalannya waktu. Gaya hidup yang berantakan dengan rajin konsumsi makanan dan minuman manis serta jarang minum air putih kian memperberat kerja dua organ tersebut. 

Mau Kaya Raya? Tiru 5 Kebiasaan Hemat ala Mark Cuban

Penting bagi kita semua untuk menjaga kondisi kesehatan ginjal dan hati yang berkontribusi terhadap kesejahteraan raga. Anda dapat memulai dengan langkah sederhana berdampak besar terhadap kebugaran jasmani.

Dikutip dari Times of India, sederet kebiasaan pagi hari yang bisa membantu mendetoksifikasi ginjal dan hati sehingga mampu berfungsi optimal. Yuk scroll lebih lanjut untuk tahu informasinya.

5 Kebiasaan Pagi Bantu Detoks Ginjal dan Hati

1. Melakukan Peregangan

Matsyendrasana Pose dalam yoga

Photo :
  • YouTube VDVC

Peregangan dengan menggerakan tubuh seperti membungkuk ke depan, memutar tubuh, dan latihan pernapasan (tarik-buang napas) berkontribusi positif menjaga kesehatan ginjal dan hati.  Pose-pose yang termasuk gerakan yoga diketahui akan merangsang aliran darah, membantu pencernaan, dan mendorong pembuangan racun.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Alternative and Complementary Medicine, melakukan gerakan tersebut yoga dapat mengurangi stres dan meningkatkan sirkulasi darah. Alhasil, meringankan kerja ginjal dan hati untuk  mengeluarkan kotoran secara lebih efektif.

2. Minum Infused Water

Infused water atau minuman yang dibuat dengan cara merendam sayur atau buah selama beberapa jam menyimpan segudang manfaat. Salah satunya menunjang fungsi ginjal dan hati.

Anda dianjurkan mengonsumsi infused water dari air hangat dan irisan lemon di pagi hari. Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga baik mendukung pembuangan racun maupun fungsi hati.

Selain itu, Anda diminta menambahkan bawang putih, kunyit dan sayuran hijau pada menu sarapan. Sebuah riset menunjukkan bahan makanan tersebut  memiliki khasiat guna membantu proses detoksifikasi alami oleh hati.

3. Menggosok Kulit Sebelum Mandi

Ilustrasi Mandi

Photo :
  • Teen Vogue

Rutinitas pagi lainnya yang dapat membantu memaksimalkan pengeluaran racun dari dalam tubuh adalah membiasakan menggosok seluruh kulit tubuh sebelum mandi menggunakan sikat atau busa lembut. Kegiatan ini dikenal dengan sikat kering (dry brushing).

Menggosokkan kulit bertujuan menghilangkan sel kulit mati sekaligus merangsang saluran limfatik tubuh. Sehingga zat-zat sisa metabolisme yang tidak terpakai dapat keluar dari tubuh dengan maksimal. Baik melalui urin atau kelenjar keringat. Anda direkomendasikan mandi pagi menggunakan air hangat supaya kotoran hasil dry brushing terangkat sempurna.

4. Disiplin Berolahraga

Olahraga pagi secara teratur menjadi cara paling efektif menjaga kesehatan ginjal dan hati, khususnya dalam membuang racun keluar tubuh. Fakta ini dibuktikan dari hasil International Journal of Sport Medicine.

Aktivitas fisik yang Anda lakukan akan memperlancar aliran darah sehingga racun-racun yang ikut terbawa akan sampai ke 'tempat' yang semestinya. Beberapa olahraga pagi yang direkomendasikan, seperti jalan kaki, jogging, hingga aerobik.

5. Konsumsi Jus Sayuran dan Buah

Buah dan sayuran.

Photo :
  • Times of India

Segelas jus sayuran atau buah segar saat sebelum memulai hari baik untuk ginjal dan hati. Sudah menjadi rahasia umum bahwa sayur dan buah mengandung vitamin, mineral dan antioksidan yang baik dalam proses detoks tubuh. 

Bit, wortel dan bayam jadi pilihan terbaik guna mendukung fungsi hati dan membersihkan ginjal. Di mana ketiga ahan tersebut melindungi organ vital tersebut dari stres oksidatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya