Kapan Waktu Terbaik untuk Minum Secangkir Kopi?

Ilustrasi secangkir kopi.
Sumber :
  • Freepik

Jakarta, VIVA – Kopi merupakan salah satu minuman paling populer di dunia. Banyak orang menjadikan kopi sebagai ritual wajib untuk memulai hari dan pengisi energi. 

Minum Kopi Tanpa Gula Terbukti Bisa Turunkan Berat Badan, Amankah untuk Lambung?

Namun, apakah Anda tahu kapan waktu terbaik untuk menikmati secangkir kopi? Dan apakah itu di pagi hari? Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari The Kitchn, Michael Grandner, direktur program penelitian tidur dan kesehatan di University of Arizona, menyarankan agar menunda minum secangkir kopi pertama di pagi hari. Dalam wawancara dengan The New York Times, dia mengungkapkan bahwa menikmati kopi sekitar 30 menit hingga satu jam setelah bangun tidur bisa lebih bermanfaat. 

Revolusi Rasa! Sate dan Kopi Makin Nikmat Berkat Enzim dan Mikroba

Menurut Grandner, dibutuhkan setidaknya 20 hingga 30 menit bagi tubuh untuk merasakan efek kafein setelah terserap dalam aliran darah. Dia menjelaskan, ini berkaitan dengan tingkat kortisol, hormon stres yang secara alami diproduksi tubuh di pagi hari. 

Kortisol mencapai puncaknya saat Anda baru bangun tidur, lalu menurun ke tingkat normal antara pukul 8 hingga 10 pagi. Mengonsumsi kopi secara langsung setelah bangun tidur, dapat meningkatkan kadar kortisol yang sudah tinggi, dan dapat mengurangi efektivitas kafein. 

Terpopuler: Ramalan Zodiak hingga Dampak Minum Kopi Tiap untuk Kesehatan Jangka Panjang

"Dengan menunda konsumsi kopi, Anda bisa memaksimalkan lonjakan energi alami di pagi hari dan menikmati manfaat kafein saat kadar kortisol mulai menurun," ujarnya, seperti dikutip pada Sabtu, 31 Agustus 2024.

Di sisi lain, banyak ahli gizi seperti Michaela Clauss yang berpendapat bahwa minum kopi setelah sarapan adalah pilihan terbaik. Clauss mengungkapkan, mengakhiri sarapan dengan secangkir kopi segar adalah cara ideal untuk memanfaatkan kafein pada kopi. 

"Kopi adalah stimulan metabolisme yang kuat, tetapi paling baik dikonsumsi setelah perut terisi agar kadar gula darah dan hormon stres tetap stabil," kata Clauss seperti dikutip dari Real Simple. Dia juga menyarankan untuk menambahkan susu yang mengandung protein agar kopi lebih bernutrisi.

Sementara itu, sambung dia, minum kopi saat perut kosong bisa menjadi pilihan terburuk. "Minum kopi saat perut kosong akan meningkatkan hormon stres tubuh—kortisol dan adrenalin—yang dapat membuat Anda merasa lelah kemudian, serta memperlambat metabolisme dalam jangka panjang," ujarnya. 

Artinya, waktu terbaik untuk minum kopi adalah setelah sarapan atau setidaknya setelah perut terisi. Hal ini tidak hanya membantu menjaga energi dan hormon tetap seimbang, tetapi juga memungkinkan Anda menikmati manfaat kopi secara maksimal tanpa efek samping yang negatif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya