Inilah yang Terjadi Pada Ibu dan Janin Saat Trimester Ketiga Kehamilan

Ilustrasi ibu hamil
Sumber :
  • pixabay

Jakarta, VIVA – Trimester ketiga adalah fase kehamilan ketika memasuki usia 28-42 minggu. Sebelum mencapai ke waktu trimester ketiga, ada juga trimester pertama dan kedua yang masing-masing punya perubahan cukup signifikan pada proses perkembangan janin di dalam kandungan.

Nyess, Kata-kata Terakhir Nikita Mirzani buat Lolly: Jalani Hidupmu Sebaik-baiknya

Pada kondisi trimester ketiga, biasanya organ janin sudah mulai terbentuk dengan sempurna sehingga tinggal menunggu waktu kelahiran. Biasanya, dalam masa ini akan terjadi optimalisasi pertumbuhan bayi terutama pada berat badannya. Sedangkan, proses pembentukan organ sudah terjadi selama masa trimester pertama dan kedua.

"Trimester 3 itu tinggal dioptimalisasikan saja tumbuh kembang dan berat badannya, persiapan kelahiran. Jadi sebenarnya kalau pembentukan organ itu kan terjadi di trimester 1, trimester 2 kira-kira optimalisasinya, trimester 3 tuh tinggal menunggu akhir. Jadi berat badannya aja yang dioptimalkan," kata Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Better Versi Paniroi, Sp. O.G, Subsp. K.Fm, saat ditemui di Jakarta, Selasa 27 Agustus 2024.

Vadel Badjideh Bantah Hamili Lolly, Netizen Tuntut Bukti Klinis dari Rumah Sakit

Pada fase ini, biasanya dokter kandungan akan fokus pada optimalisasi kondisi janin yang sudah siap untuk dilahirkan. Sementara soal penyakit maupun masalah pada tumbuh kembang janin sudah didiagnosis sejak trimester pertama dan kedua.

Meskipun dalam masa trimester ketiga ibu hamil hanya tinggal menunggu waktu lahiran, ada beberapa hal penting yang tidak boleh disepelekan begitu saja yakni soal nutrisi yang dikonsumsi setiap hari dan pantangan yang harus dihindari.

Selena Gomez Blak-blakan Tidak Bisa Mengandung Anak Akibat Masalah Kesehatan

Perihal nutrisi, sebenarnya dalam masa trimester ketiga tidak jauh beda dengan 2 trimester sebelumnya, seperti memenuhi kebutuhan vitamin, protein, mineral, lemak, dan lainnya. Hanya saja dalam masa trimester ketiga biasanya ada peningkatan jumlah untuk dikonsumsi agar mempermudah proses melahirkan.

"Komposisi sama, mungkin jumlah yang berbeda. Komposisi kembali lagi pada protein, lemak baik, vitamin, dan mineral, itu tetap. Mungkin jumlahnya yang akan disesuaikan. Jadi kalau dari segi komposisi dia nggak jauh berbeda tapi kuantitinya yang berbeda," jelas Dokter Better.

Di sisi lain, ada juga pantangan yang harus dihindari oleh ibu hamil dalam masa trimester ketiga ini, seperti tidak makan makanan yang tinggi gula, tepung, dan makanan olahan atau processed food.

"Batasi asupan gula dan tepung karena itu sebagai pencegah nutrisi terbaik apapun untuk mudah menyerap. Tingkatkan protein alami atau realfood yang kalau kita masak bentuknya masih seperti aslinya," kata Dokter Better.

Lolly dan Vadel Badjideh

Vadel Badjideh Terancam 15 Tahun Penjara atas Dugaan Pelanggaran UU Perlindungan Anak dan Aborsi

Nikita Mirzani melaporkan pacar anaknya, Vadel Alfajar Badjideh ke polisi, Vadel badjideh dilaporkan melanggar Pasal UU Perlindungan Anak dan aborsi, terancam 15 tahun

img_title
VIVA.co.id
15 September 2024