Hindari Kulit Terbakar! Ini Tips Pakai Sunscreen yang Tepat

Lingdungi kulit dengan sunscreen atau tabir surya
Sumber :
  • Amaterasun

Jakarta, VIVA –  Banyak orang mungkin sudah tahu, bahwa sunscreen atau tabir surya bisa membantu mengurangi risiko kanker kulit dan mencegah kerutan yang mengganggu, bintik hitam, dan tanda-tanda penuaan dini lainnya. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan banyak dokter kulit mengatakan bahwa mengoleskan tabir surya sebelum menghabiskan waktu di luar ruangan adalah suatu keharusan.

Kenapa Wajib Pakai Sunscreen Minimal SPF 30? Ini 5 Alasannya

"Tabir surya adalah salah satu komponen utama perlindungan matahari," kata Noelani González, MD, dokter kulit bersertifikat di Mount Sinai West di New York, dikutip laman Health, Sabtu 24 Agustus 2024.

Meski banyak yang menggunakannya secara teratur, mungkin masih ada juga yang tidak mengetahui cara terbaik untuk menggunakan tabir surya atau sunscreen ini. Berikut simak tipsnya, agar kulit benar-benar terlindungi dari sinar UV.

Kulit Anak Sensitif Jika Terkena Sinar Matahari, Usia Berapa Si Kecil Boleh Pakai Sunscreen?

Gunakan Tabir Surya Sebelum Beraktivitas di Luar

Jangan menunggu hingga Anda tiba di tempat tujuan untuk menggunakan tabir surya. Sebaliknya, gunakan di rumah agar produk tersebut bekerja sepenuhnya sebelum keluar di bawah sinar matahari. "Anda sebaiknya menggunakan tabir surya 30 menit sebelum terpapar sinar matahari," jelas Jeannette Graf, MD, asisten profesor klinis dermatologi di Mount Sinai Medical Center di New York. Dengan begitu, tabir surya punya waktu untuk terserap dan mulai bekerja—sehingga Anda tidak terpapar sinar UV saat kulit Anda masih rentan.

Tarra Budiman Lebih Suka Pakai Sunscreen Spray Buat Olahraga Lari, Efektif Gak Sih?

Gunakan Tabir Surya Sebelum Berpakaian

Sebaiknya gunakan tabir surya saat Anda benar-benar tidak berpakaian dan dapat mengaplikasikannya secara menyeluruh. Jika tidak, "Jika Anda sudah mengenakan baju renang atau pakaian, Anda mungkin akan mengaplikasikannya dengan hati-hati, sehingga tidak mengenai pakaian Anda, yang membuat Anda mungkin melewatkan satu titik atau tidak mengaplikasikannya dengan cukup banyak," kata Noelle Sherber, MD, seorang dokter kulit dan profesor klinis dermatologi di Universitas George Washington.

Gunakan tabir surya di depan cermin besar, kata Dr. Sherber, "Ini membantu memastikan Anda menutupi seluruh bagian yang sulit seperti bagian tengah punggung dan bagian belakang kaki."

Lindungi Bibir

Dr. Graf mengatakan bahwa seperti bagian kulit lainnya, bibir rentan terhadap sinar UV, jadi penting untuk menggunakan tabir surya di bibir juga. Namun, jangan gunakan tabir surya yang sama dengan yang Anda gunakan di bagian tubuh lainnya—rasanya akan aneh dan tidak akan bertahan lama di bibir. Cobalah lip balm dengan SPF, yang lebih tebal, sehingga lebih tahan lama. "Kemudian oleskan ulang lebih sering daripada tabir surya tubuh karena berbicara, makan, dan minum menghilangkan tabir surya di bibir lebih cepat," jelas Dr. Graf.

Oleskan Tabir Surya di Tempat Tersembunyi

Ada banyak area yang kurang terlihat yang cenderung lupa ditutupi tabir surya—dan area tersebut sama pentingnya untuk dilindungi. Dr. Graf mengatakan Anda harus mengingat, Jari-jari kaki, Kaki, termasuk bagian bawah lengan atas bagian dalam ketiak, bagian belakang leher di bawah garis rambut. Lalu, telinga, terutama bagian atas dan belakang telinga. Termasuk juga kelopak mata. Pastikan semua bagian tubuh tertutup dengan olesan tabir surya.

Pilih Tabir Surya Berdasarkan Aktivitas

Tulisan kecil pada label tabir surya sangat penting, jadi pastikan pilih tabir surya yang tepat untuk aktivitas Anda, terutama jika aktivitas tersebut menghasilkan keringat, dilakukan di kolam renang, atau laut. "Pastikan Anda menggunakan formula yang tahan air untuk berenang atau aktivitas yang membuat Anda berkeringat karena formula yang tidak tahan air dapat langsung luntur," kata Dr. Sherber. "Selain itu, formula tersebut cenderung berpindah ke mata dan perih, sedangkan yang tahan air tidak."

Gunakan Tabir Surya yang Tepat untuk Wajah

Ada perbedaan antara sunscreen atau tabir surya khusus wajah dan tubuh. "Kulit wajah umumnya lebih sensitif terhadap iritasi daripada kulit tubuh, jadi formula wajah telah diuji untuk menyebabkan lebih sedikit iritasi dan tidak memicu jerawat," kata Dr. Sherber. "Jika Anda rentan berjerawat atau sensitif, hindari sunscreen tubuh untuk wajah, terutama semprotan yang mengandung banyak alkohol, yang sangat mengeringkan dan mengiritasi kulit wajah."

Dr. Graf juga mengingatkan, tetap oleskan tabir surya pada hari yang mendung atau gerimis. Meski cuaca mendung, Anda juga bisa mendapatkan paparan UV walaupun tak melihat matahari di langit. Karena, 80 persen sinar UV masih bisa menembus pada hari berawan, jadi jangan biarkan cuaca menentukan penggunaan tabir surya, tetap oleskan setiap hari.

Cuaca Tropis

Hidup di negara beriklim tropis dengan sinar matahari yang bersinar sepanjang tahun membuat sebagian besar masyarakat Indonesia menyadari betapa pentingnya penggunaan sunscreen. Namun, tak jarang muncul keraguan untuk menggunakan sunscreen, jika akan dibarengi dengan penggunaan makeup. Banyak yang takut ketika sunscreen diaplikasikan sebelum foundation akan menjadikan makeup mudah luntur atau menghasilkan makeup yang tampak cakey akibat tekstur yang tidak sesuai. Dua langkah ini juga dianggap kurang praktis bagi banyak orang, terutama mereka yang menginginkan tampilan makeup yang mulus dan efisien. 

Permasalahan inilah yang mendorong brand kecantikan lokal Amaterasun yang dikenal sebagai SPF Specialist dengan Intelligent DNA Guardian berinovasi dengan produk terbarunya, UV Skin Tint SPF 35 PA++++ yang resmi diluncurkan pekan ini. Produk yang dirancang untuk masyarakat Indonesia yang aktif, memudahkan dalam
mengaplikasikan perlindungan matahari dan produk complexion seperti foundation dalam satu langkah praktis bisa didapatkan secara eksklusif di Shopee Amaterasun Official Store mulai hari ini dan selanjutnya tersedia pula di amaterasunofficial.com dan toko-toko kecantikan lainnya.

Ditemui dalam kesempatan wawancara beberapa waktu lalu, Irene Ursula, Founder Amaterasun mengungkapkan, Amaterasun UV Skin Tint hadir untuk menjawab permintaan konsumen yang menginginkan makeup dengan skincare infused. “UV Skin Tint SPF 35 PA++++ mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari hingga level DNA dengan hasil sheer glow finish. UV Skin Tint SPF 35 PA++++ merupakan pilihan tepat untuk proteksi kulit dari sinar UV sekaligus mempersingkat langkah makeup yang lebih praktis dan ringan,” ujar Irene Ursula.

Karena aktivitas luar dan dalam ruangan, kulit butuh proteksi agar terhindar dari terbakar sinar matahari, kulit wajah tampak kusam, penuaan dini, hingga kanker kulit yang disebabkan sinar ultraviolet dan blue light. UV Skin Tint SPF 35 PA++++ merupakan produk yang menggabungkan sunscreen dengan makeup, mengandung antioksidan yang dapat mendukung kesehatan kulit, serta melindunginya dari dampak buruk sinar UV. Proteksi optimal yang diberikan membantu mencegah kerusakan kulit hingga ke level DNA, dengan fitur 7-in-1 protection yang melindungi dari UVA, UVB, blue light, polusi, radikal bebas,penuaan dini, dan kerusakan DNA. Produk ini telah teruji in vitro dan in vivo. Dengan tekstur seringan air, UV Skin Tint 35 PA++++ dilengkapi dengan Breathable Technology yang memungkinkan pori-pori kulit wajah tetap bernapas. Produk ini tidak hanya efektif menyamarkan pori-pori tanpa menyumbatnya, tetapi juga mengurangi risiko jerawat dan komedo.

Irene Ursula menjelaskan tentang tiga shade dari produk ini yang dapat disesuaikan dengan berbagai warna kulit. “Amaterasun UV Skin Tint SPF 35 PA++++ hadir dalam 3 pilihan shade yang sesuai dengan warna kulit masyarakat Asia yaitu, Light untuk neutral - cool undertone, Medium untuk neutral - warm undertone, dan Sand untuk warm undertone. Ketiga shade ini memastikan UV Skin Tint SPF 35 PA++++ dapat menyatu sempurna dengan kulit wajah,” ujar Irene.

Dengan penggunaan metode dua jari, UV Skin Tint 35 PA++++ terasa nyaman, ringan, dan tidak patchy. Selain itu, Produk ini akan mudah diratakan ke seluruh area wajah dengan hasil akhir yang sehat bercahaya, membuat penggunanya tampak lebih glowing sepanjang hari. UV Skin tint ini juga cocok untuk semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif dan berjerawat karena bebas pewangi, vegan, dan telah diuji secara dermatologi. “UV Skin Tint SPF 35 PA++++ akan membuat ritual makeup semakin ringkas, tapi tetap optimal dalam melindungi kulit wajah dari paparan sinar ultraviolet. Produk ini sudah tersedia secara eksklusif di Shopee Amaterasun Official Store mulai 22 - 28 Agustus 2024, kemudian selanjutnya tersedia pula di amaterasunofficial.com dan toko-toko kecantikan lainnya,” pungkas Irene.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya