6 Cara Memasak Nasi Agar Lebih Sehat, Rendah Kalori, dan Kaya Nutrisi

Ilustrasi beras/nasi.
Sumber :
  • Pixabay/lightluna94

Jakarta, VIVA –  Banyak komunitas kesehatan memandang nasi putih sebagai pilihan yang tidak sehat. Nasi putih mungkin berada di urutan teratas daftar makanan yang memiliki reputasi buruk. Nasi putih tidak hanya dipandang sebelah mata karena komposisi tepungnya, tetapi juga sering kali kurang diminati karena warnanya yang putih. 

Heboh Colokan di Kereta Buat Masak Nasi hingga Catokan, KAI: Bahayakan Keselamatan

Bahkan praktisi kesehatan cenderung mengabaikan nasi putih saat memberikan rekomendasi kepada pasien mereka tanpa mempertimbangkan preferensi budaya atau akses makanan. Namun, Anda akan menemukan bahwa di sebagian besar negara di seluruh dunia, nasi putih dikonsumsi jauh lebih banyak daripada nasi merah.

Jadi, apakah nasi putih sehat? Mari kita luruskan fakta—putih tidak berarti tidak mengandung nutrisi. Dikutip laman Eathingwell, nasi putih tetap dianggap sehat dan bergizi. Dan meskipun nasi putih memang lebih rendah nutrisinya daripada beras merah, manfaat nasi putih harus dilihat dengan lebih saksama. 

Gara-gara Penumpang Masak Nasi, Listrik Kereta Api Mati dan Bikin Gelap Total

Berikut ini perbandingan nasi merah dan nasi putih. Secangkir nasi merah yang dimasak sedikit lebih tinggi kalorinya, begitu pula protein, lemak, dan seratnya. Ada juga beberapa perbedaan vitamin dan mineral, dengan nasi merah mengungguli nasi putih dalam hal vitamin B dan fosfor. Angka yang sedikit lebih tinggi ini dapat dikaitkan dengan kandungan kulit ari dan lembaga pada beras merah.

Geger Masak Nasi 7 Jam Tak Kunjung Matang, Pak Kyai Sampai Datang

Pedoman Diet untuk Orang Amerika tahun 2020 merekomendasikan agar setengah dari biji-bijian yang kita konsumsi berasal dari biji-bijian utuh. Hal ini meningkatkan nutrisi yang bermanfaat sekaligus mengurangi risiko kondisi kronis seperti diabetes dan penyakit jantung. Namun, kita tidak harus sepenuhnya mengecualikan makanan seperti beras putih. Ditambah lagi, tidak sering kita hanya makan nasi putih saja. Ketika nasi putih dipadukan dengan makanan bergizi lainnya — seperti sumber protein yang sehat, sayuran, dan lemak sehat — perbedaan antara nasi putih dan beras merah dapat diabaikan.

Lagi-lagi, meski nasi putih sering dipandang buruk, Anda perlu tahu, jika beras putih atau nasi putih diproses dengan cara yang sehat, tentu akan tetap bermanfaat untuk tubuh. Berikut 6 cara memasak nasi agar lebih sehat dijamin enak dan rendah kalori. 

1. Pilih Beras yang Sehat

Ilustrasi beras

Photo :
  • Pixabay

Anda bisa memilih nasi dari beras merah atau hitam. Beras merah mengandung lebih banyak serat, vitamin, dan mineral dibandingkan dengan beras putih. Beras hitam kaya akan antioksidan dan memiliki kandungan serat yang tinggi. Jika memilih beras coklat, ini juga merupakan pilihan yang lebih sehat daripada beras putih karena mengandung lapisan dedak dan germ yang lebih banyak.

2. Cuci Beras

Bilas beras di bawah air mengalir beberapa kali hingga air bilasan hampir jernih. Ini membantu menghilangkan kotoran dan kelebihan pati, yang bisa membuat nasi lebih lengket. Kemudian, rendam beras. Jika Anda menggunakan beras merah atau coklat, rendam beras selama 30 menit hingga 1 jam sebelum dimasak. Ini membantu beras lebih mudah matang dan memiliki tekstur yang lebih baik.

3. Perbandingan Air dan Beras

Gunakan perbandingan air yang tepat untuk jenis beras yang Anda masak. Umumnya, untuk beras putih, perbandingannya adalah 1 bagian beras dengan 1,5-2 bagian air. Untuk beras merah atau coklat, Anda mungkin memerlukan lebih banyak air (sekitar 2-2,5 bagian air untuk 1 bagian beras).

4. Tambahkan Bahan Sehat (Opsional)

Jika ingin berkreasi, Anda bisa menambahkan sayuran. Sayuran bisa dicincang kecil seperti wortel, kacang polong, atau jagung ke dalam rice cooker bersama beras. Ini akan memberikan tambahan gizi dan rasa. Anda juga bisa menambahkan rempah dan bumbu. Tambahkan rempah seperti daun salam, serai, atau bawang putih untuk memberi rasa tanpa menambah kalori. Kaldu juga bisa ditambahkan. Ganti sebagian atau seluruh air dengan kaldu sayuran rendah sodium untuk menambah rasa.

5. Masak Nasi dengan Rice Cooker

Ilustrasi memasak dengan Rice Cooker dan Air Fryer

Photo :
  • Toshiba

Anda bisa memasak dengan rice cooker. Manfaatkan fitur canggih yang ada di alat masak nasi di rumah. Ikuti petunjuk rice cooker Anda untuk memastikan nasi dimasak dengan sempurna. Kemudian, aduk nasi dengan lembut setelah dimasak. Ini akan membantu menghindari nasi menjadi terlalu lengket. Namun, jangan mengaduk dengan benda tajam atau bahan dari besi sebab akan merusak panci rice cooker. 

Edgar Ong, Product Manager Toshiba Cooking Appliance mengatakan, segera cuci panci rice cooker dan jangan gunakan benda tajam.

Edgar Ong mengatakan, lapisan antilengket mengandung zat kimia berbahaya bagi kesehatan. "Jadi harus hati-hati menggunakan dan perawatannya. Gunakan bahan yang aman saat mencuci tempat yang biasa digunakan untuk memasak beras. Berasnya aman bagi kesehatan, selain itu rasanya nasinya juga enak," katanya.

Dia menambahkan, banyak pilihan rice cooker dengan fitur-fitur unggulan. Salah satunya rice cooker toshiba yang dapat menghasilkan nasi yang lebih sehat. Sugar Removal, dapat menurunkan kadar gula dalam nasi hingga 41 persen, menjadikannya pilihan tepat untuk pencegahan diabetes. Hasil ini telah diuji dan diverifikasi oleh World's Leading SGS Verification. Kemudian ada micro-pressure valve, yang mampu menciptakan tekanan hingga 300 PA, berfungsi untuk melindungi nutrisi terbaik dari beras, memastikan setiap butir nasi yang dimasak tetap mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Selain, rice cooker ada pula air fryer jika Anda ingin memasak sehat tanpa minyak berlebih. Memasak makanan yang lezat dan sehat kini semakin mudah dengan air fryer toshiba. Adapun fiture yang bisa digunakan ada heat Q, untuk memastikan pengaturan panas yang presisi, sehingga memungkinkan makanan matang merata dari semua sisi, tanpa perlu menggunakan minyak berlebih melalui cara menggoreng. Kemudian ada fat removal, teknologi udara panas berbentuk tornado yang mampu melelehkan lemak dari daging, menjaga kelembutan serta kandungan gizi makanan yang diolah.

6. Simpan Nasi dengan Benar

Kemudian, simpan nasi dengan benar. Jika ada sisa nasi, simpan dalam wadah kedap udara dan letakkan di kulkas. Nasi yang dimasak dapat disimpan hingga 3-4 hari di kulkas.

Dengan mengikuti langkah ini, Anda dapat memastikan nasi yang dimasak menggunakan rice cooker tidak hanya lezat tetapi juga sehat. Menambahkan bahan-bahan sehat dan menggunakan jenis beras yang lebih bergizi akan meningkatkan nilai gizi nasi yang Anda konsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya