Tips Diet Turun 5 Kg dalam Sebulan, Tapi Tetap Bisa Makan Pecel Ayam

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

Jakarta, VIVA – Memiliki berat badan yang ideal merupakan impian bagi banyak orang. Sayangnya, menurunkan berat badan tidak semudah membalikan telapak tangan. Apalagi kebanyakan orang tergiur untuk melakukan penurunan berat badan secara instan. 

Turun Berat Badan 91 Kg, Sudah 8 Tahun Dewi Hughes Hapus Nasi dari Daftar Menu Makan

Mulai dari menggunakan pil penurun berat badan atau bahkan tergiur dengan minuman yang disebut-sebut sebagai food placement dan dapat mengenyangkan. Padahal mengambil jalan pintas seperti itu bisa berakibat pada masalah kesehatan di kemudian hari. Scroll untuk tahu info lengkapnya, yuk!

Tak hanya itu, bahkan ada yang memilih diet ekstrem dengan memotong asupan karbohidrat secara total atau hanya makan satu kali sehari. Memang, diet jenis ini mampu membuat berat badan turun secara drastis dalam waktu singkat, namun akan berpotensi memunculkan efek yoyo, di mana berat badan juga akan lebih mudah naik. 

Gak Perlu Buru-buru Kurus, Inilah Panduan Diet Aman yang Tak Bahayakan Kesehatan

Ilustrasi diet/menurunkan berat badan.

Photo :
  • Pixabay

Terkait dengan penurunan berat badan, Spesialis penyakit dalam konsultan endokrinologi metabolik dan diabetes, dr. Hans Tandra, SpPD-KEMD, PhD FINASIM, FACE, FACP angkat bicara. Sang dokter memberikan tips menurunkan berat badan sebanyak 4-5 kg dalam sebulan. Bahkan dalam program diet ini, Anda masih bisa makan-makanan yang enak seperti pecel ayam.

YouTuber Nikocado Avocado Turunkan BB 113 Kg Selama 2 Tahun, Amankah Bagi Kesehatan?

Lantas bagaimana caranya? Melansir potongan video yang diunggah di akun TikTok @Herbalpremium.id rahasia untuk diet tersebut adalah dengan mengatur jam makan dan porsinya. Untuk porsi makan, dokter Hans menyarankan perbanyak di waktu sarapan. Sementara untuk malam hari, disarankan untuk tidak makan berat melainkan hanya konsumsi sayuran.

"Sarapan pagi, big breakfast makan banyak. 6 jam kemudian makan siang, jam 12 atau jam 1. Jadi pagi sarapan jam 6.00, jam 7.00. Malam enggak usah makan, makan sayur aja," kata beliau.

Untuk porsi makan pagi yang lebih besar, beliau menyebut kalori masuk harus lebih besar berasal dari sayur-sayuran. Serat yang terkandung dalam sayur-sayuran diketahui mampu membuat perut kenyang lebih lama.

"Siang kalori kecilkan. Pagi kalori agak besar tapi sayurnya banyak. Kasih protein, Anda perlu protein supaya kuat olahraga. Kasih ayam, kasih ikan. Makan pecel pakai ayam tapi jangan empal, jangan jeroan. Beres kan? enakkan?" ujarnya.

Untuk camilan, dr. Hans menjelaskan cukup konsumsi buah potong saja jangan yang lain.

"Nanti ngemilnya potong buah aja. Percayalah berat badan Anda akan turun satu bulan bisa 4-5 kg kok," ujar beliau.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya