Anak Rentan Alami Masalah Kesehatan, Ahli Ungkap Pentingnya Jaga Kebersihan Toilet Sekolah

Ilustrasi toilet.
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta, VIVA – Anak-anak usia sekolah dasar (SD) berada dalam fase pertumbuhan yang cepat dan perkembangan kognitif yang signifikan. Pada tahap ini, mereka sangat rentan terhadap berbagai masalah kesehatan seperti malnutrisi, penyakit menular, gangguan penglihatan, dan kesehatan mental. 

Ditinggal Sang Putri, Ibunda Puput Novel Histeris: Anak Paling Hebat, Ampuni Dosanya Ya Allah

Untuk itu, penting memberikan perhatian penuh pada masa ini, tidak hanya pada lingkungan rumah tapi juga pada lingkungan sekolah. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Pada lingkungan sekolah, selain tenaga pendidik, waktu belajar, metode belajar, satu hal yang perlu mendapatkan perhatian adalah toilet sekolah. Mengapa? 

Al, El, Dul Bakal Nikah Tahun Depan, Ahmad Dhani Berencana Bagikan Asetnya

Toilet yang bersih di sekolah dasar adalah salah satu elemen penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat demi mendukung kesejahteraan anak-anak. Toilet yang tidak terjaga kebersihannya dapat menjadi sumber berbagai masalah kesehatan dan sosial yang serius. 

Kisah Anak Tio Pakusadewo Mencari Ayahnya Selama 18 Tahun

Untuk itu, Yayasan Kesejahteraan Kesehatan Indonesia dengan ketua umum Dr. dr. Cashtry Meher., MKes., MKed(KK)., MH.Kes., Sp.DVE., FIHFAA.,FISqua., menyelenggarakan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih. 

Dr Cashtry mengatakan, penting mengintegrasikan pendidikan karakter yang kuat dan berkomitmen terhadap kebersihan lingkungan, termasuk toilet sekolah. Dengan demikian, kita dapat menciptakan generasi yang lebih sehat, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan. 

“Kebersihan toilet sekolah bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan, tetapi merupakan tanggung jawab bersama yang mencerminkan kualitas karakter dan kesehatan seluruh komunitas sekolah,” tegas dokter Cashtry dalam pembukaan roadshow Pendidikan Karakter dalam Toilet Bersih di halaman sekolah SDN 10 Pondok Pinang, Jakarta, dikutip dari keterangannya, Kamis 8 Agustus 2024.

Dalam kegiatan ini, khususnya kelas 4 mendapat pembekalan. Materi yang disampaikan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu: 

Senyum sehat

Disampaikan oleh Dr. dr. Cashtry Meher., MKes., MKed(KK)., MH.Kes., Sp.DVE., FIHFAA.,FISqua., yang membahas nilai kebersihan pribadi yang berdampak pada kebersihan umum.

Senyum pintar

Disampaikan oleh Yohana Elizabeth H. S.Pd. M.Pd., MBA, ketua umum Yayasan Bentang Merah Putih, akan membahas nilai-nilai kepemimpinan dalam berkelompok.

“Kepemimpinan adalah tentang bagaimana kita berperilaku setiap hari. Dengan belajar nilai-nilai kepemimpinan ini, kita tidak hanya menjadi anak yang lebih baik, tetapi juga teman yang baik dan siswa yang lebih baik. Nilai-nilai ini membantu kita membentuk karakter yang kuat dan positif,” jelasnya.

Senyum sehat senyum pintar

praktik kerja kelompok yang langsung dilakukan oleh para siswa dalam sebuah permainan saat membersihkan lingkungan sekolah, khususnya toilet sekolah. Pada kesempatan ini siswa diberikan tantangan untuk melakukan kegiatan dari materi Senyum Sehat dan Senyum Pintar. 

Para guru menjadi observer, bagaimana siswa dapat berkomunikasi dan bekerja berkelompok dengan baik. Siswa diminta memberikan cerita saat praktik ini dilakukan. Sesi ini ditutup oleh Christian Panggabean dengan memberikan pembekalan dalam seni bicara (public speaking). Bagaimana siswa saat memberikan paparan presentasi dengan tepat, persuasif dan menyenangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya