Bukan Sekadar Tindakan Medis, Suasana Rumah Sakit Juga Berpengaruh pada Psikologis Pasien

Damansara Specialist Hospital 2 bak hotel mewah
Sumber :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Malaysia, VIVA – Kesehatan menjadi hal sangat penting untuk selalu dijaga. Namun meski begitu, ada kalanya manusia mengalami kondisi kesehatan yang menurun atau sakit. Jika hal itu terjadi, berobat dan menjalani perawatan di rumah sakit menjadi jalan keluar yang banyak dipilih agar kembali memperoleh kesembuhan.

Idap Peradangan Sinus, Ricky Harun Harus Masuk Rumah Sakit

Rumah sakit, menjadi tempat yang harus memprioritaskan kenyamanan pasien. Hal itu pula lah yang dipahami oleh KPJ Healthcare, salah satu jaringan rumah sakit terbesar di Malaysia. Damansara Specialist Hospital 2 menjadi salah satu rumah sakit yang berada di bawah naungan KPJ Healthcare, yang akan memberi pengalaman berkesan kepada para pasiennya perihal kenyamanan.

Pada saat ditemui, Adenin Hashim selaku Head of Business Development & Marketing Communications Damansara Specialist Hospital 2, menjelaskan bahwa suasana rumah sakit yang nyaman akan memberi efek menenangkan atau healing environment kepada pasien.

Obligor Marimutu Ditangkap Gegara Mau Kabur, Ketua Satgas BLBI: Utangnya Rp 31 Triliun

Damansara Specialist Hospital 2

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Buron BLBI Marimutu Sinivasan Ditangkap saat Hendak Kabur ke Malaysia
Diungkap Adenin, lobby di Damansara Specialist Hospital 2 dibuat indah layaknya lobby hotel dengan desain menawan serta ada akuarium berukuran besar. Hal itu ditujukan agar pasien yang datang merasakan ketenangan dan tidak gusar. Rasa tenang juga datang dari pelayanan dokter yang ramah dan customer service.

"Jadi kalau di KPJ itu ya menurut kita punya aspirasi itu adalah membawa healing, healing environment. Kita mau pastikan pasien-pasien yang datang itu aman sekali, pas dari mungkin khawatir gusar, dan sebagainya. Tapi setelah masuk di lobby rumah sakit KPJ ini terus rasanya aman," kata Adenin Hashim di Kuala Lumpur, Malyasia, Selasa, 6 Agustus 2024.

Damansara Specialist Hospital 2 dihiasi aquarium yang menenangkan

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Selain itu, aroma juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Adenin merasakan pentingnya ketika pasien datang untuk berobat, mencium aroma-aroma wangi sehingga memberi kesan tenang. 

"Kalau biasanya kita ke hotel aromanya enak, aman, semua orang datang dengan senyuman. Aroma ini kita ada essential oil yang kita masukan dalam AC. Aroma itu sangat enak dan aman sekali. Aroma ini enak dan aman, juga memberi kesenangan dan ketenangan bila pasien sudah masuk," kata Adenin. 

Damansara Specialist Hospital 2

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Tidak berhenti sampai di situ, selain penglihatan dan penciuman, Adenin mengungkap bahwa pendengaran juga harus dimanjakan agar merasa tenang saat berobat ke rumah sakit. Di lobby Damansara Specialist Hospital 2 disediakan piano yang dimainkan oleh pianis melantunkan musik menenangkan.

"Kemudian ada juga dari pendengaran seperti bunyi piano. Ketika masuk, tidak ada bunyi-bunyi yang tidak enak, ini bunyinya aman tenang, dan sebagainya. Tiap hari akan datang pianis untuk memainkan piano ini. Pasien juga bisa menggunakannya. Semuanya ini dibuat lengkap untuk pasien merasakan healing environment di dalam rumah sakit," kata Adenin.

Damansara Specialist Hospital 2

Photo :
  • VIVA/ Aiz Budhi

Selain itu, Adenin juga menjelaskan bahwa rumah sakit di bawah naungan KPJ menyediakan alat-alat atau teknologi canggih untuk pengobatan. "Seperti di KPJ ini banyak teknologi-teknologi baru yang sudah ada di sini. Teknologi robotik, yang kita lihat ada kapsul robotik, minimally invasive jadi enggak ada lagi pembedahan-pembedahan secara terbuka, jadi itu yang kita mau," katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya