Lagi Berjuang di Paris, Ini Nutrisi yang Perlu Diperhatikan Para Atlet

Eko Yuli Irawan mentas di Asian Games 2023 Hangzhou
Sumber :
  • Dok. Komite Olimpiade Indonesia

Paris, VIVA – Atlet membutuhkan asupan nutrisi yang tidak hanya lezat, tapi juga bergizi seimbang untuk mencapai performa tubuh yang maksimal. Terlebih, kini para atlet Indonesia tengah berjuang mengikuti kompetisi olahraga bertaraf internasional di Paris. 

Daftar Atlet Keturunan Indonesia, Ada yang Sempat Jadi Artis

Dokter Spesialis Gizi Klinik Sub Metabolisme Olahraga, dr. Pande Putu Agus Mahendra, M.Gizi, Sp.GK., menjelaskan, nutrisi yang didapat seorang atlet harus dibedakan dengan orang yang beraktivitas normal. Terutama, soal jumlah kalori dan cairan. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Karena begitu dia melakukan aktivitas fisik, kan dia atlet, bukan orang yang olahraga Sabtu-Minggu. Atlet latihannya hampir tiap hari dan energi bakal dipakai terus. Nah, itu berarti membutuhkan asupan yang sebenarnya akan ada penambahan asupan di atas orang-orang normal," ujarnya kepada VIVA.

BPKP Mulai Usut Dugaan Markup Harga Konsumsi Atlet PON di Aceh

Mengenai jumlah kalori dan cairan yang harus dikonsumsi, menurut Putu juga harus ada penyesuaian.  

"Dan penyesuainnya itu gak bisa kita sama ratakan. Misal si dia butuh 1000, berarti semuanya butuh 1000 kilo kalori. Gak. Dia ada penyesuaian, tiap orang itu beda-beda. Sesuai dengan kecepatan metabolismenya," kata dia. 

Penampakan Isi Nasi Kotak Atlet PON Aceh-Sumut, Warganet: Perih!

Atlet Para Bulutangkis Indonesia, Leani Ratri Oktila

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym

Begitu pun dengan peningkatan nutrisi, termasuk kalori dan cairan yang dibutuhkan. Semuanya harus ada perhitungannya.  

"Nah, peningkatannya itu sebenarnya ada perhitungannya dan itu harus disesuaikan dengan lama latihannya, jam latihannya, jenis intensitas latihannya. Nanti dari situ baru kita adaptasi," terang dia. 

Bicara nutrisi untuk atlet, Herbalife mengumumkan dukungannya kepada tiga atlet Indonesia yang bertanding di ajang olahraga internasional utama yang diselenggarakan di Paris, Prancis pada 26 Juli hingga 11 Agustus 2024. Antara lain Eko Yuli Irawan, atlet angkat besi; Muhammad Fadly Imammuddin, atlet Para-Sepeda; dan Leani Ratri Oktila, atlet Para-Badminton.

Ketiga atlet tersebut menggunakan produk-produk berbasis sains mulai dari sebelum, selama, dan setelah pelatihan hingga saat perlombaan untuk membantu menjaga tubuh agar lebih prima serta membantu ketahanan tubuh yang lebih baik. Produk yang diberikan antara lain Herbalife F1 Shake Mix, Herbalife Formula 3 Personalized Protein Powder, NRG Nature's Raw Guarana Instant Tea, Herbalife Mixed Fiber, Herbal Aloe Concentrate, Immunoturmeric, dan berbagai Vitamin. Sementara untuk Eko Yuli Irawan juga didukung oleh produk performa olahraga yaitu Herbalife24.

Director & General Manager Herbalife Indonesia, Oktrianto Wahyu Jatmiko, mengaku sangat bangga dapat mendukung dan kembali menjadi bagian dari persiapan dan perjalanan ketiga atlet ini. Mulai dari penyediaan asupan nutrisi secara rutin akan diberikan kepada para atlet selama persiapan dan pertandingan. 

Megabintang Timnas Portugal, Cristiano Ronaldo

Photo :
  • AP Photo/Hassan Ammar

“Hal ini tentu sejalan dengan komitmen perusahaan untuk terus mengkampanyekan gaya hidup sehat dengan asupan nutrisi seimbang dan olahraga yang teratur,” ujar Oktrianto Wahyu Jatmiko dalam keterangannya, dikutip Kamis 1 Agustus 2024. 

Pemberian nutrisi eksklusif diberikan pada lebih dari 150 atlet dan tim profesional di seluruh dunia, dengan meluncurkan kampanye Fueling the Best. Inisiatif global ini dirancang untuk menghormati para atlet yang didukung oleh Herbalife dalam upaya mereka untuk menjadi yang terbaik dalam berkompetisi dan menjalani kehidupan terbaik mereka. 

“Kampanye ini akan menyoroti semangat sportivitas dan upaya di balik layar yang mendorong keberhasilan atlet. Kampanye ini akan menampilkan pencapaian para atlet yang didukung oleh Herbalife, merinci rangkaian latihan mereka dan perjalanan menuju kompetisi yang akan datang,” tukasnya. 

Selain tiga atlet di atas, Herbalife mendukung berbagai atlet top dari seluruh dunia termasuk Cristiano Ronaldo (Sepakbola, Portugal), Virat Kohli (Kriket, India), Heather Jackson (Lari Ultra dan Balap Gravel; AS), dan Atletico de Madrid Femenino (tim sepakbola wanita Spanyol). Kampanye ini juga akan mencakup atlet dari lima Komite Olimpiade Nasional.

“Filosofi asupan nutrisi seimbang yang dipadukan dengan olahraga teratur selalu menjadi komitmen kami selama ini. Kami akan terus mengkampanyekan gaya hidup sehat melalui asupan nutrisi yang baik dan diimbangi dengan olahraga. Kami juga mengajak semua pihak untuk turut mendukung atlet kita yang akan bertanding di Paris, untuk dapat kembali berprestasi dan mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional,” tutup Tito.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya