Manfaat Akupuntur Mampu Atasi Masalah Menyusui, Turunkan Stres Hingga Capai BB Ideal

Ilustrasi menyusui/ASI.
Sumber :
  • Freepik/javi_indy

Jakarta, VIVA – Menyusui adalah masa-masa krusial yang dapat memengaruhi masa depan seorang anak. Terutama dalam periode golden age yakni 1000 hari pertama bayi lahir ke dunia, asupan nutrisi perlu dipenuhi yang salah satunya adalah lewat ASI sang ibu. Tetapi tak jarang ibu menyusui mengalami kendala dalam proses pemberian ASI pada sang anak, mulai dari produksi ASI yang sedikit hingga air susu yang tidak bisa keluar dengan lancar.

10 Manfaat ASI Ekslusif yang Harus Diketahui Para Ibu Muda

Hal ini dapat diatasi dengan cara akupuntur medis yang tujuannya bukan hanya memperbaiki produksi ASI dan proses sekresi, tetapi juga meningkatkan kualitas ASI. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Akupuntur cenderung aman dilakukan oleh ibu menyusui dari segala kalangan usia. Bahkan, efek sampingnya pun lebih minim karena ada segudang manfaat yang diterima.

Puting Mendelep Bikin Susah Menyusui, Bisakah Diatasi dengan Akupuntur?

"Efek sampingnya itu tidur jadi enak, rileks, bahkan di poli bisa ketiduran. Itu efek sampingnya yang bagus. Yang nggak bagus, hampir sangat minimal adanya terutama bagi ibu menyusui karena titiknya yang digunakan benar-benar sip dan dilakukan oleh dokter profesional," kata Dokter Spesialis Akupuntur Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), dr. Newanda Mochtar, Sp. Akp, dalam media briefing secara daring, Kamis 1 Agustus 2024.

Akupuntur.

Photo :
  • Pixabay
AIMI Keluhkan Promosi Pentingnya ASI Masih Rendah, Kalah dengan Susu Formula

Banyak orang membayangkan kengerian mendapatkan jarum akupuntur menusuk ke permukaan kulit. Padahal, cara pengobatan yang satu ini relatif aman namun efeknya akan berbeda pada masing-masing orang.

Setelah melakukan akupuntur, kebiruan dan rasa ngilu merupakan hal yang wajar. Ini bergantung pada sensitifitas kulit masing-masing orang dan ketahanan tubuhnya.

"Kalaupun ada, rasa ngilu dan kebiruan. Tapi itu individual sifatnya, tergantung sensitifitas dan keadaan pembuluh darahnya. Lain dari itu tidak ada side effect," kata Dokter Newanda.

Selebihnya, sejauh ini justru lebih banyak pasien yang datang ke Dokter Newanda memberikan kabar baik, seperti volume ASI yang bertambah banyak, proses sekresi yang berjalan lancar, hingga bayi yang bertambah berat badan karena kualitas ASI mengental dan kandungannya semakin baik.

Selain memberikan manfaat untuk melancarkan produksi dan sekresi ASI, akupuntur untuk ibu menyusui juga dapat mengatasi masalah kesehatan lainnya seperti menurunkan stres hingga mencapai berat badan ideal.

"Keuntungannya akupuntur selain produksi, sekresi, stressor dan tidurnya enak, ibu tersebut berat badannya ikut turun tanpa mempengaruhi kondisi gizi atau nutrisi dari ASi justru semakin kental," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya