Merawat Kulit Penting, Usia Berapa Boleh ke Klinik Kecantikan?

Ilustrasi perawatan wajah.
Sumber :
  • Pexels/Arina Krasnikova

Jakarta, VIVA – Di zaman serba modern ini, dunia kecantikan pun mulai berinovasi melahirkan varian produk kecantikan yang kaya akan kandungan bahan aktif yang mampu mengatasi berbagai jenis kulit. Namun, perawatan kulit terutama wajah tidak cukup hanya menggunakan skincare. Perawatan wajah akan lebih maksimal apabila dilakukan di klinik kecantikan dengan bantuan profesional.

Detik-Detik Tawuran Berdarah di Sawah Besar, Remaja Tewas Dibacok Usai Terjatuh

Perawatan di klinik kecantikan bukan hanya menggunakan produk kecantikan unggulan yang dapat mengatasi masalah kulit, tetapi juga peralatan medis canggih yang dapat membuat produk bekerja lebih maksimal. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Misalnya, eksfoliasi yang diketahui sangat penting untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran mengendap di kulit akan lebih bersih ketika dilakukan dengan bantuan alat dan dokter kecantikan. Dibandingkan dengan produk eksfoliasi yang hanya digunakan sendiri di rumah, proses pembersihan wajah ini dapat mengangkat kotoran hingga bagian kulit terdalam.

Polisi Ringkus 5 Remaja yang Acungkan Senjata Tajam di Depan SMK Ma'arif NU Paguyangan 

Ilustrasi membersihkan wajah.

Photo :
  • Pixabay

"Skincare di luaran memang banyak yang mengandung bahan aktif dan berkualitas, tapi untuk mencapai hasil yang maksimal dan cepat, kita butuh presentase yang tinggi. Itu tidak bisa didapatkan dari skincare luaran," kata Dokter Kecantikan, dr. Monica Novianty, dalam acara Grand Opening MyJourney Clinic, Mangga Besar, Jakarta, baru-baru ini.

Sadar Telat dalam Merawat Kulit, Ini yang Dilakukan Yuni Shara

Perawatan wajah sangat dianjurkan untuk dilakukan sejak dini, sebab efeknya dan terasa dalam jangka panjang. Perbedaan itu akan terasa ketika kulit wajah mengalami penuaan. Orang yang rajin merawat wajahnya akan lebih meminimalisir efek penuaan dibandingkan dengan yang tidak pernah merawatnya.

Lantas, pertanyaan yang sering kali muncul adalah sejak kapan orang boleh melakukan perawatan di klinik kecantikan?

Menurut Dokter Monica, seseorang boleh melakukan perawatan di klinik kecantikan sejak usia remaja 14 tahun. Di masa itu, ketahanan kulit sudah lebih kuat dibandingkan dengan anak-anak. Selain itu, remaja juga mulai mengalami berbagai masalah kulit seperti warna kulit yang tidak merata, kusam, dan jerawat.

"14 tahun sudah boleh ke klinik kecantikan," katanya.

Di sisi lain, masalah kulit yang dialami oleh remaja berbeda dengan orang dewasa. Ini lah mengapa konsultasi ke dokter kecantikan sangat diperlukan. Perawatan di klinik dapat mendeteksi masalah apa yang dialami oleh pasien sehingga segera ditindak dengan tepat.

Jika masa remaja biasanya berkutat dengan masalah jerawat, orang di usia 20 tahunan akan mulai rajin melakukan peremajaan kulit supaya tidak mengalami penuaan dini. Selain itu, di usia 30 ke atas biasanya akan mulai dihadapkan dengan masalah penuaan seperti keriput dan kulit kering.

"Dari 14 tahun ke atas, tidak ada batasan maksimal. Tinggal targeting setiap kasus aja. Misalnya 20 tahun ke bawah, masalahnya lebih ke acne. Kalau 20-30 tahun lebih ke peremajaan kulit. Kalau lebih tua lagi, udah ada garis halus dan kerutan," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya