Pegiat Olahraga Penting Konsumsi Asam Amino, Ini Sederet Manfaatnya

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/freepik

Jakarta, VIVA – Asam amino merupakan senyawa organik penyusun zat gizi protein yang memiliki fungsi sangat penting bagi tubuh, terutama ketika berolahraga. Untuk para pegiat olahraga (sport enthusiast), asam amino diperlukan untuk membantu proses pemulihan otot dan mengurangi kelelahan setelah berolahraga.

Mendukung Atlet Indonesia dengan Pesan di Shuttlecock

Clinical Dietitian-Sport Nutritionist, Emilia E. Achmadi MS, menjelaskan, aktivitas olahraga dengan intensitas tinggi seperti berlari jarak jauh memerlukan energi yang berkelanjutan untuk membantu mereka melewati latihan yang panjang. Scroll untuk informasi selengkapnya, yuk!

“Salah satu kesalahan terbesar yang dibuat oleh para sport enthusiast adalah tidak melakukan proses pemulihan dengan benar dan tidak memberikan waktu cukup setelah sesi latihan maupun race,” ujar Emilia di acara Workshop ‘Training-Fueling-Recovery pada acara Road to Garmin Run Indonesia 2024, yang dibagikan Ajinomoto melalui Brand aminoVITAL, dikutip dari keterangannya, Senin 29 Juli 2024. 

Komitmen Bangun Ekosistem Olahraga di Indonesia

Efeknya, Emilia mengungkap, mereka berpotensi mengalami nyeri otot berkepanjangan, penurunan performa dalam aktivitas fisik dan cedera

Resep Chicken Cordon Bleu yang Lezat dan Creamy untuk Santapan Keluarga

“Hal yang saya sebutkan tadi bisa terjadi karena kita tidak memerhatikan energi sistem tubuh, namun kita mau lebih (dalam aktivitas running),” ungkapnya.

Oleh karena itu, penting bagi sport enthusiast mengetahui bagaimana energi sistem itu bekerja. Sebenarnya hal dasar yang perlu diperhatikan dalam energi sistem itu adalah asupan yang masuk ke tubuh kita, atau analogi mudahnya adalah bahan bakar apa yang tubuh perlukan untuk menghasilkan energi. 

“Untuk memberikan bahan bakar yang tepat, pola makan yang sesuai harus diformulasikan dan diterapkan selama masa persiapan menuju satu race dan tidak lupa hidrasi tubuh juga penting. Setelah kita mengaplikasikan asupan dan pola makan yang tepat, kemudian energi kita terpakai saat latihan ataupun race, jangan lupakan juga masa pemulihan,” jelasnya. 

“Di sinilah konsumsi makanan berprotein dan asam amino esensial memiliki peranan penting. Saya bertemu dengan aminoVITAL bertahun-tahun yang lalu dan saya mengetahui bahwa produk ini memiliki kandungan asam amino – BCAA (Branched-Chain Amino Acids) yang cukup banyak,” sambungnya.

Ilustrasi lari.

Photo :
  • Freepik/master1305

BCAA (Leusin, Isoleusin, Valin) adalah 3 dari 9 asam amino esensial yang tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh, sehingga harus diperoleh dari pangan lain. BCAA sangat penting untuk pembentukan masa otot, dan bermanfaat juga bagi proses pemulihan setelah berolahraga. 

Dalam kesempatan ini Firman Prastowo, Brand Manager aminoVITAL, juga menjelaskan terkait product knowledge-nya.

“AminoVITAL sudah ada di Jepang sejak tahun 90an dan dikembangkan untuk meningkatkan performa atlet melalui proses recovery. Dalam satu kemasan 100gr (2 sajian) mengandung hingga 3000 mg asam amino dengan 1500 mg BCAA, bersertifikasi halal dan teregistrasi di BPOM,” pungkasnya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya