5 Khasiat Minum Air Jahe Lemon di Malam Hari untuk Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi perut rata dari proses menurunkan berat badan.
Sumber :
  • Freepik: drobotdean

Jakarta, VIVA – Air jahe lemon telah lama dikenal sebagai minuman penyegar dengan banyak manfaat kesehatan. Namun, tidak hanya menyegarkan, minuman ini juga dapat menjadi pendukung efektif untuk penurunan berat badan.

Konsumsi Bawang Putih Sebelum Makan Siang Ternyata Bisa Turunkan Berat Badan Hingga Kolesterol

Air jahe lemon ini dapat dikonsumsi di malam hari untuk mendapatkan berbagai khasiat, mulai dari meningkatkan metabolisme hingga membantu detoksifikasi tubuh. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Medicine Net, jahe dapat meningkatkan rasa kenyang dan mengurangi rasa lapar. Sedangkan lemon membantu meningkatkan resistensi insulin dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh. 

Tata Cara Lakukan Intermitten Fasting, Diet ala Marshanda yang Berhasil Pangkas BB 17 Kg

Khasiat Air Jahe Lemon untuk Menurunkan Berat Badan 

Ilustrasi jahe.

Photo :
  • Pixabay/ Couleur
Sosok Nikocado Avocado yang Berhasil Turunkan Berat Badan 113 kg dalam 7 Bulan

Berikut ini khasiat minum air jahe lemon di malam hari untuk menurunkan berat badan:

1. Meningkatkan Metabolisme

Jahe mengandung senyawa aktif seperti gingerol yang dapat meningkatkan termogenesis, yaitu proses di mana tubuh membakar kalori untuk menghasilkan panas. Ini dapat membantu mempercepat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak. Kemudian, lemon mengandung asam sitrat yang bisa meningkatkan fungsi metabolisme, membantu tubuh dalam pemecahan lemak lebih efisien.

2. Detoksifikasi

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan yang mendukung fungsi hati, organ utama dalam proses detoksifikasi tubuh. Detoksifikasi yang efektif membantu membersihkan tubuh dari racun dan limbah, yang dapat mengoptimalkan proses penurunan berat badan. Campuran jahe juga memiliki sifat detoksifikasi yang mendukung proses pembersihan tubuh, mengurangi peradangan, dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

3. Mengurangi Nafsu Makan

Jahe memiliki efek termogenik dan dapat meningkatkan rasa kenyang. Dengan mengonsumsi jahe, kamu mungkin merasa kenyang lebih lama, yang membantu mengurangi konsumsi kalori secara keseluruhan. Sementara itu, lemon dapat membantu mengontrol nafsu makan dan mengurangi keinginan untuk makan camilan di malam hari.

4. Mengatur Pencernaan

Sebagaimana disebutkan tadi bahwa jahe memfasilitasi proses pencernaan dengan merangsang produksi enzim pencernaan dan mengurangi gangguan pencernaan, seperti kembung dan gas. Pencernaan yang lancar membantu tubuh memproses makanan dengan lebih efisien. Begitu juga dengan lemon yang membantu meningkatkan sekresi asam lambung, yang dapat memfasilitasi pencernaan dan penyerapan nutrisi.

5. Meningkatkan Kualitas Tidur

Jarang ada yang tahu bahwa jahe dapat membantu meredakan ketegangan dan stres, yang bisa berkontribusi pada tidur yang lebih nyenyak. Tidur yang baik penting untuk metabolisme dan proses pemulihan tubuh, yang mempengaruhi berat badan. Selain itu, campuran lemon juga memberikan efek relaksasi dari aromanya yang segar.

Konsumsi air jahe lemon ini secara teratur di malam hari sebagai bagian dari rutinitas diet dan gaya hidup sehat dapat mendukung usaha penurunan berat badan. Namun, efektivitasnya akan lebih optimal bila diimbangi dengan pola makan seimbang dan olahraga rutin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya