Trik Jalan Kaki Cepat untuk Bakar Kalori, Perut Auto Langsing

Trik Jalan Kaki agar Bakar Kalori Lebih Banyak
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle - Jalan kaki jadi tren olahraga yang banyak digandrungi masyarakat Indonesia. Aktivitas fisik ini tak banyak mengocek kantong dan cenderung mudah dilakukan oleh siapa saja.

Pesan Positif Astrellita Wijaya, Dari Influencer Gaya Hidup ke Ahli Kesehatan Mental

Selain itu, jalan kaki efektif menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kontribusi jalan kaki berdampak pada menyehatkan jantung, membantu membakar kalori hingga menurunkan berat badan

Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk membakar kalori lebih banyak saat jalan kaki? Melansir dari Times of India, berikut trik jitu yang bisa Anda coba.

Dampak Buruk Perubahan Iklim bagi Lingkungan dan Manusia Makin Meningkat, Menurut WMO

6 Trik Bakar Kalori Lebih Banyak saat Lari

Ilustrasi Jalan Kaki

Photo :
  • Freepik
WMO Mengungkap Bahaya Polusi Udara dan Perubahan Iklim yang Saling Memperburuk

1. Intensitas saat Jalan Kaki

Kecepatan jalan kaki memengaruhi jumlah kalori yang dibakar. Jalan cepat relatif lebih banyak melibatkan banyak otot secara otomatis detak jantung lebih cepat daripada hanya jalan santai saja.

Intensitas yang lebih tinggi akan meningkatkan metabolisme sehingga membakar lebih banyak kalori secara berkelanjutan sepanjang hari. Triknya fokus mengayunkan lengan sambil melangkah lebih cepat sedikit demi sedikit. Gerakan ini tanpa disadari melibatkan otot inti (core) tubuh guna menopang postur. 
 
2. Kombinasikan Kecepatan

Jalan Cepat 50KM Putra

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Kalori akan semakin banyak terbuang dengan menyertakan latihan interval dalam jalan kaki. Latihan interval merupakan pergantian intensitas tinggi ke rendah. 

Misalnya berjalan dengan kecepatan sedang selama lima menit. Kemudian meningkatkan kecepatan di rute menanjak selama 1-2 menit lalu kembali ke kecepatan sedang lagi. Latihan interval saat jalan kaki akan melatih sistem kardiovaskular.

3. Pertahankan Postur Tubuh

Selanjutnya pertahankan postur tubuh selama jalan kaki. Berjalan dengan postur yang tepat dapat memaksimalkan pembakaran kalori. Lantaran membutuhkan koordinasi otot yang baik. 

Pertahankan posisi tubuh dengan kondisi tegak, dengan bahu rileks dan pandangan fokus ke depan. Jaga otot inti tubuh untuk menstabilkan tubuh bagian atas sekaligus menopang punggung.

4. Gunakan Teknik Jalan Kaki yang Benar

Ilustrasi Jalan Kaki

Photo :
  • Freepik

Ternyata jalan kaki mempunyai teknik perlu dikuasai agar dapat membakar lemak lebih banyak. Letakan tumit terlebih dahulu disusul bagian telapak kaki hingga ke ujung jari-jari menapak sempurna. Setelah itu, melangkah sambil dorong badan ke arah depan. 

Hindari membungkuk atau mencondongkan tubuh terlalu ke depan. Kondisi tubuh seperti itu dapat membuat otot tegang serta mengurangi efektifitas jalan kaki.

5. Variasikan Rute dan Medan Jalanan

Untuk bakar kalori lebih banyak Anda disarankan memilih rute yang beragam. Mulai dari jalan datar, menanjak, hingga turunan. Tujuannya untuk melatih otot-otot kaki, terutama betis, paha belakang, hingga bokong. Variasi medan juga diperlukan sehingga membuat latihan jalan kaki Anda menjadi lebih menantang dan efektif.

Saat memasuki jalur menanjak, Anda dapat mencondongkan tubuh sedikit ke depan sambil mengayunkan lengan untuk memberikan gaya dorong. Ambil langkah kecil untuk menstabilkan kecepatan dan mencegah ketegangan berlebih pada sendi. Rute tanjakan ini juga dinilai dapat lebih banyak bakar kalori. 

6. Gunakan Beban Tambahan

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambahkan beban tambahan saat berjalan kaki. Misalnya, dengan membawa tas ransel yang berisi beban ringan atau menggunakan gelang pemberat. Beban tambahan akan membuat otot bekerja lebih keras dan membakar lebih banyak kalori.

Jalan kaki adalah olahraga yang sederhana namun sangat bermanfaat bagi kesehatan. Dengan menerapkan trik di atas, Anda bisa membakar lebih banyak kalori dan mencapai tujuan kebugaran Anda. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, mulai biasakan diri untuk jalan kaki secara teratur!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya