Nasi Dihangatkan di Magic Jar Bisa Berbahaya?

Ilustrasi alat menanak nasi elektronik atau rice cooker.
Sumber :
  • Youtube

VIVA Lifestyle –Nasi adalah makanan pokok masyarakat Indonesia yang wajib hadir di setiap jamuan makan. Menariknya masyarakat lebih senang memilih untuk selalu konsumsi nasi hangat dengan alasan agar lebih nikmat.

Hati-hati! Residu Makanan yang Tak Kasat Mata Ancam Kesehatan Keluarga

Alhasil mereka akan selalu memastikan magic jar dalam keadaan menyala. Namun ada isu yang menyebut nasi dihangatkan di magic jar itu berbahaya.

Seharusnya, nasi diambil dari magic jar dan disimpan di suhu ruang. Lantas benarkah demikian? Yuk lanjut scroll artikel selengkapnya berikut ini.

Tantangan Diet Seminggu ala Zaidul Akbar: Turunkan Berat Badan Tanpa Nasi, Tepung, dan Gorengan!

Membersihkan masker bedah dengan rice cooker

Photo :
  • YouTube

Terkait hal itu, spesialis penyakit dalam konsultan endokronologi metabolik dan diabetes, dr. Hans Tandra, MD, Ph.D, Sp.PD-KEMD, FACE angkat bicara dijelaskannya bahwa hal tersebut mitos.

Gubernur Papua Barat Keluarkan Instruksi Dua Hari Tanpa Konsumsi Nasi

"Menurut saya tidak banyak perbedaan. Tidak ada perbedaan sama sekali sih. Nasi tetap nasi ya, semakin lama disimpan pasti semakin berkurang, karena berkurang nilai gizinya karena mungkin terkontaminasi, mungkin ada proses pembusukan," kata dia dikutip dari potongan video yang diunggah di akun TikTok.

Diungkap Hans Tandra, nasi dihangatkan di magic jar sendiri memiliki tujuan tersendiri.

Salah satunya adalah untuk menjaga hygine dari nasi itu sendiri.

Ilustrasi menanak nasi dengan rice cooker

Photo :
  • huffingtonpost

Sehingga menghindarkan terjadinya masalah kesehatan pada tubuh lantaran mengonsumsi makanan yang tidak bersih. 

"Tujuan diangeti bukan untuk memperbaiki 'oh nanti gulanya turun' tidak. 'Oh nanti nilai gizinya lebih baik' tidak juga. Cuman tujuannya supaya bersih, supaya steril, supaya tidak terkontamonasi kuman atau parasit atau segala virus," ujar Hans Tandra.

"Tujuan kita panasi supaya tidak ada masuk pertumbuhan yang tidak baik. Tetap fresh itu paling penting, diangeti supaya tidak ada kuman, supaya bersih, supaya kita tidak sakit," kata dia.

masakan rumahan Nasi Liwet Daun Jeruk Rice Cooker

Photo :
  • Cookpad @Clara Yolandika

Di sisi lain, Hans juga menekankan kunci utama agar konsumsi nasi menjadi lebih sehat adalah dengan mengatur piring makan yaitu dengan gizi seimbang.

Satu  porsi makan harus diimbangi dengan protein, serat, lemak baik dan karbohidrat.

"Tetap makan nasi tapi harus seimbang. Nasi ada karbo, ada protein, ada lemak, ada fiber lagi jadi campurkan sayur, ikan, atau telur, ayam, atau daging. Nanti ada buah untuk pencuci mulut atau snack jadi lebih sehat," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya