Menguak Manfaat Buah Lontar untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Bantu Menurunkan Berat Badan

Buah lontar.
Sumber :
  • YouTube

VIVABuah lontar, si unik berwarna putih dengan tekstur daging buah yang kenyal, ternyata menyimpan segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Buah yang identik dengan Nusa Tenggara Timur ini tak hanya lezat dinikmati langsung, tetapi juga diolah menjadi berbagai hidangan dan minuman menyegarkan.

Manfaat Niacinamide pada Body Lotion, Turunan Vitamin B3 Bisa Jaga Kesehatan Kulit

Di balik kelezatannya, buah lontar menyimpan kandungan nutrisi yang tak kalah istimewa. Buah ini kaya akan serat, vitamin B1, vitamin C, kalium, dan berbagai mineral penting lainnya. Tak heran, jika buah lontar dipercaya memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat buah lontar untuk kesehatan tubuh:

Presiden Sebut Program Bayi Tabung Tak Usah ke Luar Negeri, Bisa di RSHS

Buah Lontar

Photo :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

1. Mencegah Dehidrasi

Jalani Cek Kesehatan, Bacagub Jateng Ahmad Luthfi: Nggak Ada Persiapan Wong Kita Sehat Terus

Buah lontar memiliki kandungan air yang tinggi, yaitu sekitar 77 gram per 100 gram buah. Hal ini menjadikan lontar sebagai sumber hidrasi yang baik untuk tubuh, membantu mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan elektrolit.

2. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Buah lontar kaya akan serat, baik serat larut maupun serat tidak larut. Serat ini membantu melancarkan pencernaan, mencegah sembelit, dan menjaga kesehatan usus.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Buah lontar mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi. Vitamin C berperan penting dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

Buah Lontar

Photo :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

4. Menurunkan Berat Badan

Serat dalam buah lontar dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama, sehingga membantu mengendalikan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Buah lontar mengandung kalsium dan magnesium yang penting untuk kesehatan tulang. Kalsium membantu menjaga kepadatan tulang, sedangkan magnesium membantu penyerapan kalsium.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Buah lontar mengandung kalium yang tinggi. Kalium membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

7. Mencegah Diabetes

Serat dalam buah lontar dapat membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam darah, sehingga membantu mengontrol kadar gula darah dan mencegah diabetes.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Vitamin C dan antioksidan dalam buah lontar membantu menjaga kesehatan kulit, mencegah kerusakan akibat radikal bebas, dan membuat kulit tampak lebih cerah dan awet muda.

9. Meningkatkan Kesehatan Mata

Buah lontar mengandung vitamin A yang penting untuk kesehatan mata. Vitamin A membantu menjaga fungsi penglihatan dan mencegah penyakit mata seperti rabun senja.

10. Meredakan Nyeri Sendi

Buah lontar memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu meredakan nyeri sendi dan peradangan.

Buah lontar dapat dikonsumsi secara langsung, dijus, atau diolah menjadi berbagai macam hidangan. Pilihlah buah lontar yang berwarna kuning kecoklatan dan terasa keras saat ditekan. Hindari buah lontar yang berwarna hijau atau terlalu lunak, karena kemungkinan besar buah tersebut masih belum matang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya