8 Cara Hilangkan Double Chin dengan Yoga Wajah, Bisa Bikin Tirus dan Awet Muda

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/wayhomestudio

VIVA Lifestyle – Ingin mengurangi double chin tanpa operasi atau prosedur kecantikan yang mahal? Yoga wajah bisa menjadi solusi alami yang efektif. Caranya, yakni dengan melakukan serangkaian latihan sederhana untuk mengencangkan otot-otot wajah dan leher.

Gegara Penampilannya yang Menantang Usia, Pemilik Kafe Berusia 52 Tahun Ini Mendadak Viral

Yoga wajah atau face yoga ini dapat mengurangi lemak di area dagu, sehingga membuat penampilan wajah lebih tirus. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Healthline, yoga wajah melibatkan pijatan dan latihan untuk merangsang otot, kulit, dan sistem limfatik. Teknik ini dirancang untuk melonggarkan dan merelaksasi otot-otot wajah dan untuk membantu mengurangi ketegangan, stres, serta kecemasan.

Masuki Usia 57 Tahun, Intip Perubahan Penampilan Donny Damara yang Tak Pernah Menua

8 Teknik Yoga Wajah untuk Menghilangkan Double Chin

Ilustrasi kulit wajah

Photo :
  • Freepik/benzolx
Mengatasi Penuaan Dini dengan Minuman Kolagen, Efektifkah?

Berikut ini teknik-teknik yoga wajah untuk menghilangkan double chin dan membuat kulit tampak awet muda:

1. The Chin Lift

Di urutan pertama, yakni The Chin Lift. Caranya, duduk tegak dengan bahu rileks.
 Lalu, angkat dagu ke atas sehingga leher terasa tertarik, tahan posisi ini selama 5-10 detik. Setelah itu, perlahan turunkan dagu kembali ke posisi awal dan ulangi latihan ini beberapa kali. Latihan ini membantu mengencangkan otot-otot leher dan rahang bagian bawah.

2. The Jaw Release

Selanjutnya, teknik The Jaw Release. Duduk atau berdiri dengan posisi tubuh yang rileks. Lalu, tutup mulut dan rahang dengan santai. Buka mulut lebar-lebar, dorong dagu ke depan, dan rahang ke bawah sejauh mungkin, tahan posisi ini selama beberapa detik. 
 

Setelah itu, perlahan kembali ke posisi awal dengan menutup mulut, ulangi gerakan ini beberapa kali. Latihan ini membantu mengencangkan otot-otot rahang dan mengurangi lemak di bawah dagu.

3. The Neck Roll

The Neck Roll dapat mengencangkan otot-otot leher dan mengurangi double chin. Caranya, duduk tegak atau berdiri dengan rileks. Lalu, perlahan putar kepala ke arah kanan sehingga dagu bergerak mendekati bahu kanan. Lanjutkan putaran ke belakang sehingga dagu bergerak mendekati bahu kiri, ulangi gerakan ini beberapa kali, baik searah maupun berlawanan arah jarum jam.

4. The Tongue Stretch

Sesuai namanya, yoga wajah satu ini melibatkan gerakan lidah. Caranya, duduk dengan posisi tubuh yang nyaman. Letakkan ujung lidah di langit-langit mulut dekat gigi depan. Dorong lidah ke atas sejauh mungkin dan tahan posisi ini selama beberapa detik, ulangi gerakan ini beberapa kali

5. The Fish Face

The Fish Face atau wajah ikan bisa otot-otot pipi terasa kencang. Duduk dengan tubuh rileks, tarik pipi ke dalam sejauh mungkin, dan tahan posisi ini selama beberapa detik, sambil menahan napas jika perlu. Ulangi gerakan ini beberapa kali.

6. The Platysma Exercise

Selanjutnya ada The Platysma Exercise. Duduk tegak dengan bahu rileks, tekuk kepala ke belakang sehingga wajah menghadap langit-langit, dan buka mulut lebar-lebar. Lalu, tekan lidah ke atas menyentuh langit-langit mulut, tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi gerakan ini beberapa kali. 

7. The Lion Face

Cara melakukan The Lion Face, duduk dengan posisi tubuh yang nyaman, tarik bibir ke dalam sejauh mungkin, sambil membuka mata lebar-lebar. Tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi gerakan ini beberapa kali. Latihan ini membantu mengencangkan otot-otot wajah, termasuk di bawah dagu.


8. The Cheek Lift

Di urutan terakhir ada The Cheek Lift. Duduk atau berdiri dengan rileks, tarik pipi ke dalam sejauh mungkin sehingga wajah terlihat seperti sedang mengisap. Lalu, tahan posisi ini selama beberapa detik dan ulangi gerakan ini beberapa kali. Latihan ini membantu mengencangkan otot-otot pipi dan rahang.

Tips, untuk hasil terbaik, lakukan latihan yoga wajah ini secara teratur, idealnya setiap hari atau beberapa kali dalam seminggu. Konsistensi dalam melakukan latihan dan kesadaran terhadap gerakan yang dilakukan sangat penting untuk mencapai tujuan mengurangi double chin dan mengencangkan area wajah secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya