Ternyata Perbanyak Sujud dan Menghafal Alquran Bisa Cegah Alzheimer, Dokter: Itu Penting Sekali

ilustrasi sholat/salat/shalat
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Lifestyle – Alzheimer merupakan penyakit otak yang salah satunya menyebabkan penurunan daya ingat. Penyakit ini pada umumnya menyerang orang-orang dengan usia lanjut atau lansia. 

Cagub-Cawagub di Aceh Dites Uji Mampu Baca Alquran

Ahli Herbal dan Pengamat Thibbun Nabawi, Dr. dr. Agus Rahmadi, M. Biomed, M.A., PhD, mengatakan, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar terhindar dari alzheimer. Apa saja? Scroll untuk mengetahui jawabannya, yuk!

Dokter Agus Rahmadi menjelaskan bahwa stres dan kebiasaan begadang bisa memicu timbulnya alzheimer. Maka dari itu, dua hal tersebut harus dihindari.

Banyak Orang Indonesia Punya Penyakit Mental, Level Rendah Hingga Mengkhawatirkan

"Yang pertama untuk mencegah penyakit alzheimer, jangan stres. Karena stres itu memicu sekali gampang orang timbul alzheimer. Yang kedua begadang. Kebiasaan hidup yang cukup buruk. Intinya jangan begadang, jangan stres, selalu bahagia. Itu kuncinya," kata dokter Agus Rahmadi dalam tayangan Hidup Sehat tvOne. 

Ilustrasi Alzheimer

Photo :
  • pixabay/geralt
Mengapa Deteksi Dini dan Edukasi adalah Kunci untuk Mengurangi Beban Penyakit?

Kemudian, dokter Agus juga mengungkapkan bahwa penyakit alzheimer bisa dicegah dengan memperbanyak sujud, agar aliran darah ke otak menjadi lebih baik. Selain itu, perbanyak menghafal juga bisa menjadi cara jitu untuk mencegah alzheimer. 

"Terus perbanyak sujud. Itu penting sekali, karena orang yang perbanyak sujud, aliran darah ke otaknya menjadi lebih baik. Jadi perbanyak sujud, karena itu hal yang cukup membantu untuk mencegah timbulnya alzheimer," kata dokter Agus. 

"Lebih bagus lagi menghafal, menghafal Quran lebih keren lagi, untuk menjaga stimulasi dari si otak itu sendiri. Jadi menghafal, seringlah menghafal," tambahnya.

Kemudian, asupan makanan yang baik dan bergizi juga bisa mencegah penyakit alzheimer. Selain itu, tentu saja olahraga yang rutin serta menjaga pola hidup sehat.

"Kemudian makanan-makanan yang bergizi, yang halal yang baik. Jangan mengandung makanan-makanan yang merusak, makanan yang haram misalnya. Itu tolong dihindarkan karena itu akan memperburuk penyakit alzheimer," kata dokter Agus. 

"Dan rutin olahraga," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya